Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

8 Tools yang Bisa Membantu Anda Memulai Bisnis


Terutama bagi Anda yang ingin berbisnis teknologi, 8 tools yang kami sajikan ini akan sangat berguna!

Membuat bisnis baru tidak seperti membalikkan telapak tangan, ada beberapa langkah yang harus Anda lewati. Mulai dari langkah yang sederhana sampai langkah yang rumit. Tetapi, dimana-mana jaman sekarang berbeda dengan jaman dahulu. Jika jaman dahulu membuat bisnis benar-benar rumit dan semuanya dikerjakan sendiri. Sekarang semuanya bisa serba instan dan praktis.

Para pebisnis sekarang bisa melihat dan membaca bagaimana cara membuat bisnis yang baik. Bahkan ada seminar-seminar yang menjelaskan secara detail bagaimana membuat bisnis dari 0 sampai tahap akhir. Tentu Anda yang hidup di generasi sekarang sangat diuntungkan bukan?

Kami juga tidak akan meninggalkan Anda sendirian. Di Studentpreneur sudah banyak tips-tips bagaimana mengawali bisnis, mengeksekusi bisnis sampai bagaimana mengembangkan bisnis. Sekarang sudah jamannya teknologi, dan kami akan membahas bagaimana 8 tools yang akan membantu Anda dalam membuat bisnis.

Setidaknya kami akan membahas 8 tools yang ada di Internet yang bisa membantu dalam memulai bisnis. Tools tersebut diharapkan bisa membantu Anda untuk memulai bisnis dengan lebih baik. Beberapa diantaranya gratis, tetapi jika Anda ingin menikmati  fitur-fitur yang lebih Anda bisa membayar dengan harga yang tidak seberapa mahal.

 

Startup Stash

Ini adalah website yang sangat baik dan perhatian, sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat bisnis tetapi malas ribet. Startup Stash adalah website yang berisi direktori secara lengkap bagaimana membuat startup dari 0. Benar-benar dari 0, jika Anda yang tidak memiliki ide di website tersebut sudah tersedia berartus-ratus ide.

Kurang baik apa coba website dari Startup Stash ini. Selain ide, disana juga tersedia direktori website untuk pencarian nama, domain dan hosting. Jika kurang lengkap, di Startup Stash juga tersedia desain, development sampai social tools. Tidak selesai sampai disitu, Startup Stash juga menyediakan website yang menyediakan project management, SDM, finansial sampai urusan marketing. Anda bisa masuk di http://startupstash.com/

 

MailChimp

Ini adalah tools untuk email marketing. Apa itu email marketing? Email marketing adalah email yang dikirimkan untuk menarik perhatian calon pelanggan, biasanya berbentuk newsletter. Jika Anda sering menerima email penawaran seperti dari Lazada, Olx dan sebagainya itu adalah termasuk email marketing.

MailChimp adalah salah satu contoh tools email marketing yang bisa Anda gunakan. Di MailChimp jika website Anda mempunyai 2000 subsricber, maka Anda akan mendapatkan fitur secara gratis. Jika subsricber Anda diatas 2000, Anda bisa membayar mulai dari 100 dolar perbulan. Walaupun mahal, strategi email marketing sekarang sangat jitu. Setidaknya 1 dolar yang dikeluarkan setiap email marketing Anda mendapatkan pembelian 44 dolar. Anda bisa mengunjungi situs Mailchim dihttp://mailchimp.com/ atau alternative lain Aweber https://www.aweber.com.

 

Basecamp

Ini adalah website yang menyediakan tempat untuk manajemen proyek Anda. Misalnya Anda ingin membuat bisnis kuliner, Anda bisa membuat akun disana dan menginvite para partner Anda di Basecamp. Kemudian Anda bisa berdiskusi disana, membuat jadwal sampai sharing document. Ini tentu sangat membantu jika Anda dan partner Anda jarang bertemu.

Basecamp menawarkan free trial selama 2 bulan dan bulan berikutnya Anda bisa membayar sekitar 20 dolar perbulan. Dan ada beberapa pilihan untuk file sharing, semakin besar file sharing semakin mahal. Anda bisa mengunjungi situs Basecamp disini https://basecamp.com atau alternative lain Asana di https://asana.com/

 

Google Analytics

Ketika Anda mempunyai website dan menjalankan strategi marketing, tetapi Anda tidak mengetahui berapa statistik website Anda, itu sama saja bohong. Jadi, Anda website Anda harus terpasang tracking yang optimal. Dan tracking itu adalah Google Analytics. Sekarang masih belum ada website lain yang melebihi fitur dari Google Analytics, selain free kemampuan Google Analytics sangat mumpuni. Mulai dari melacak setiap halaman website sampai halaman loading website Anda.

 

Seth Godin’s Startup School

seth godin

Ini bukan sekolah seperti yang Anda bayangkan, ini adalah komunitas bisnis yang didirkan oleh Seth Godin. Lalu apa saja isinya? Seth Godin’s Startup School adalah podcast yang disediakan secara gratis dan bisa didowload melalui iTunes. Podcast ini berisi tentang bagaimana tips marketing dan bersosial media yang baik. Tips dari Seth Godin’s ini sudah sangat terkenal, dan akan sangat membantu Anda ketika Anda membuat startup atau bisnis baru. Anda bisa mendengarkan podcastnya disini https://itunes.apple.com/us/podcast/seth-godins-startup-school/id566985370

 

Moz Learn

Sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan jika marketing yang Anda jalankan satu arah, yaitu outbond marketing. Anda terus-terusan beriklan di televisi, radio atau telemarketing tetapi tidak ada pelanggan yang benar-benar murni datang untuk bisnis Anda. Itulah kenapa Anda harus mempunyai inbound marketing, yaitu marketing yang mengajak para pelanggan untuk datang ke bisnis Anda sendiri.

Untuk mempelajari secara lengkap apa itu inbound marketing, Anda bisa menggunakan Moz Learn, disana Anda bisa belajar SEO, blogging, sosial media sampai link building. Moz Learn dapat Anda kunjungi di link berikut https://moz.com

 

F6s

Ketika Anda sudah mempelajari semuanya, yang Anda perlukan sekarang adalah mencari investor atau pemodal. Jika Anda tidak memiliki koneksi ke para investor, website F6s       akan membawa Anda ke link para investor. Walaupun investor ini kebanyakan dari luar negeri, tidak perlu risau karena disana ada investor dari seluruh dunia. Anda bisa bergabung dengan F6s di link berikut http://www.f6s.com/

 

AngelList

Ini sama seperti F6s, tetapi AngelList lebih terkenal. Diwebsite AngelList tersebut Anda bisa menawarkan diri kepada para investor yang ada. Ketika Anda mendaftarkan startup atau bisnis Anda disana, beberapa startup lain akan bisa mereview startup Anda, dan tentu akan menaikkan reputasi startup Anda. Di AngelList tersebut ada list para investor dari Indonesia, dan Anda bisa melihatnya di sini https://angel.co/indonesia/investors

Bagaimana, Anda siap menjalankan bisnis dan mencari para investor? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Steve]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tips Membangun Bisnis Keluarga Ala Raja Pizza Kanada

Bermodal 10 Juta Rupiah, Pria Ini Jadi Milliarder di Tiongkok

Cara Membangun Koneksi Untuk Bisnis Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
8 Tools yang Bisa Membantu Anda Memulai Bisnis
Author
Description
Terutama bagi Anda yang ingin berbisnis teknologi, 8 tools yang kami sajikan ini akan sangat berguna!