Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

10 Bisnis Paling Aneh yang Mengantarkan Mereka Jadi Kaya Luar Biasa


Jika Anda menganalisa daftar orang terkaya di dunia, Anda akan melihat banyak bankir, taipan minyak, real estate, dan membacanya cukup membosankan. Akan tetapi, rupanya di luar itu semua ada pula beberapa dari mereka yang mencapai kekayaan dari jalur entrepreneur yang tidak lazim dan bahkan aneh. Seperti apa?

 

# 1: Bergabung dengan sirkus.

Mulailah berlatih berjalan di atas tali, makan api, akrobat dan juggling karena Anda dapat membuat banyak uang jika Anda bergabung dengan sirkus. Sebenarnya, tidak bisa jika cuma bergabung saja. Anda perlu membuatnya sendiri. Guy Laliberte adalah pemain jalanan dan tunawisma dari Kanada yang menciptakan Cirque du Soleil untuk perayaan ulang tahun ke-450 Kanada. Kini, Cirque du Soleil adalah sensasi internasional dengan lebih dari 4000 performer di 40 negara dan pendapatan tahunan sebesar $800 juta. Atas kerja keras dan kecerdikannya, Guy Laliberte dihargai dengan net worth sebesar $2,6 miliar.

Red-Bull

# 2: Memproduksi Energy Drink.

Selama beberapa dekade terakhir, minuman berenergi telah tumbuh menjadi sebuah industri tahunan senilai lebih dari $10 miliar. Jika Anda kebetulan memiliki salah satu merek top, Anda tidak diragukan lagi adalah orang yang sangat kaya. Pada pertengahan 1980-an, pebisnis asal Austria, Dietrich Mateschitz, membeli hak untuk sebuah perusahaan minuman Thailand yang dikenal dengan nama Krating Daeng. Mateschitz menghabiskan 20 tahun berikutnya mengubah minuman itu ke Red Bull, dan dalam prosesnya, menciptakan kekayaan $5,3 miliar untuk dirinya sendiri. Mateschitz juga memiliki tim balap F1, dua klub sepak bola dan sebuah pulau surga pribadi di Fiji.

Atau, Anda pasti sering melihat iklan komersial untuk 5-Hour Energy. Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui bahwa pendirinya, Manoj Bhargava adalah mantan biksu India. 5-Hour Energy menjual lebih dari 10 juta botol seminggu dan Manoj Bhargava memiliki net worth sebesar $1,3 miliar.

 

# 3: Membuat Salsa.

Christopher Goldsbury membuat banyak langkah cerdas dalam hidupnya. Pertama, ia menikah dengan seorang wanita yang ayahnya memiliki pabrik Pace Salsa pada tahun 1967. Selama periode 20 tahun, ia bangkit dari pemotong sayur hingga jadi presiden perusahaan. Sepanjang perjalanan, Goldsbury dan istrinya membeli saham keluarga dan menjalankan perusahaan sendiri sampai perceraian mereka pada tahun 1987. Christopher membayar istrinya $95 juta untuk setengah dari bisnisnya yang kemudian ia tumbuhkan besar-besaran selama dekade berikutnya. Pada tahun 1996, Goldsbury menjual Pace ke Campbell Soup, membuatnya memiliki net worth senilai $1,3 miliar.

 

# 4: Menjadi Profesor di Stanford.

Siapa bilang seorang guru, dosen, atau tenaga pengajar lainnya tidak bisa menghasilkan banyak uang? Seorang profesor di Stanford, David Cheriton, berhasil menemukan cara kreatif untuk menambah gaji mengajarnya yang kecil. Selama bertahun-tahun, Cheriton membuat investasi kecil-kecilan dalam ide-ide muridnya yang kini jadi sukses besar. Hit pertamanya adalah proyek seorang mahasiswa pascasarjana dan pendiri Sun Microsystems, Andy Bechtolsheim. Namun hit terbesar Cheriton tidak datang sampai ia menulis sebuah cek senilai $100.000 kepada dua mahasiswa pascasarjana muda bernama Larry Page dan Sergey Brin yang ingin merevolusi mesin pencari. Pasangan ini menggunakan uang itu untuk mendirikan Google. Hari ini, investasi $100,000 David Cheriton bernilai $1,3 milyar!

 

# 5: Membantu Orang Lain untuk Kurus.

Ada banyak orang kelebihan berat badan yang bersedia untuk menghabiskan banyak uang demi menurunkan berat badan. S. Daniel Abraham adalah salah satu orang pertama yang mencoba memanfaatkan peluang ini. Dia merilis serangkaian produk gagal, termasuk permen penurun berat badan. Sampai ia memukul jackpot dengan Slim-Fast shake rendah karbohidrat. Selama 20 tahun berikutnya, Slim-Fast tumbuh menjadi raksasa minuman kemasan sampai perusahaan itu diakuisisi oleh Unilever seharga $2,3 miliar pada tahun 2000. Ketika kesepakatan itu dilakukan, net worth S. Daniel Abraham mencapai $1,7 juta! Hari ini, Abraham menggunakan kekayaannya untuk mempromosikan perdamaian di timur tengah dan meningkatkan gizi di Amerika.

 

# 6: Membantu Orang Lain Tampak Lebih Kurus.

Jika Anda tidak bisa menurunkan berat badan, setidaknya Anda dapat membuat orang lain tampak kurus melalui pakaian “pembentuk tubuh”. Itulah yang dilakukan Sara Blakely ketika ia menemukan Spanx pada tahun 2000. Blakely memulai Spanx di ruang tamunya. Penjualan Spanx lambat pada awalnya, akan tetapi setelah Oprah mendukung pantyhose pelangsing ini di acaranya, penjualannya meledak. Sampai sekarang Sara Blakely masih memiliki 100% dari Spanx dan memiliki net worth sebesar $1 miliar.

 

# 7: Membuat Orang Tampak Lebih Keren Ketika Mereka Latihan.

Belum lama ini, hampir mustahil untuk tampak keren saat latihan. Pilihan pakaian yang ada sangat tidak nyaman. Kain yang ada, berat dan tidak bernapas. Maka, celana hitam ketat revolusioner Lululemon meningkatkan fleksibilitas dan kenyamanan perempuan saat melakukan olahraga seperti yoga. Hal ini juga membuat mereka terlihat sangat seksi saat melakukan tugas sehari-hari. Saking larisnya, hari ini, pendiri Lululemon, Chip Wilson memiliki net worth senilai $2,9 miliar!

Di sisi lain, Kevin Plank mendirikan Under Armour Inc. Under Armour menggunakan bahan sintetis yang 100 kali lebih bisa bernapas daripada kapas. Seperti Spanx, penjualan mereka macet pada awalnya, akan tetapi setelah Plank menempatkan iklan senilai $25.000 di ESPN Magazine, perusahaan menciptakan momentum dan menghasilkan lebih dari $1 juta. Kini, Under Armour adalah perusahaan publik dimana Plank masih memiliki mayoritas saham. Net worth Plank senilai $1,1 miliar.

 

# 8: Bermain dengan Boneka.

Setelah karir akting yang gagal dan 20 tahun bekerja di sebuah perusahaan mainan, Ty Warner berhenti dan pindah ke Italia untuk berlibur. Saat berlibur inilah ia mendapat pencerahan. Warner segera kembali ke Michigan di mana ia menggadaikan rumahnya dan meluncurkan Ty Inc, cikal bakal, Beanie Babies. Warner ternyata merupakan pemasar yang brilian. Dia menggunakan produksi terbatas dan rilis rahasia untuk membangun antisipasi dan menciptakan hype pada setiap peluncuran boneka. Rumus Ty bekerja sangat baik. Pada tahun 1995, permintaan terhadap Beanie Babies menggila. Ty Inc memiliki keuntungan lebih dari $700 juta. Hari ini, net worth Ty Warner senilai $2,4 miliar, dan itu semua dimulai dengan boneka.

 

# 9: Mengumpulkan Buku Komik.

Isaac Perlmutter datang ke Amerika dari Israel di awal 20-an dengan uang kurang dari $250 di kantongnya. Pekerjaan pertamanya adalah nongkrong di pemakaman Yahudi di mana ia menerjemahkan layanan pemakaman untuk sekedar uang tips. Selama 20 tahun berikutnya, Perlmutter menjajaki pasar jalanan sampai dunia perdagangan grosir. Dia membentuk sebuah bisnis yang mengkhususkan diri menjual barang dagangan yang tidak terjual. Dia akan membayar sejumlah sen dolar untuk item yang tidak diinginkan, kemudian menjual barang tersebut dengan keuntungan yang kecil. Pada tahun 90-an, Isaac mampu membeli Marvel Enterprises yang sedang bangkrut seharga nyaris tidak banyak. Sebagai CEO Marvel Comics, Perlmutter benar-benar merevitalisasi merek ini dengan serangkaian film blockbuster, mainan dan komik yang sukses. Pada tahun 2005, Marvel diakuisisi oleh Disney dalam sebuah kesepakatan senilai $800 juta tunai dan $600 juta saham Disney. Hari ini net worth Isaac Perlmutter senilai $1,9 miliar.

 

# 10: Ide Acak Lainnya.

– Lonnie Johnson memiliki net worth senilai $360 juta berkat penemua pistol air super basah.

– John Paul Jones DeJoria memiliki net worth senilai $4 miliar berkat shampoo Paul Mitchell.

– Michael Flatley bernilai $650 juta berkat Riverdance, gaya berdansa ala Irlandia yang pernah sukses di tahun 90-an.

– Gabe Newell bernilai $1,5 miliar berkat perusahaan video game miliknya Valve Corporation yang menciptakan ground breaking game seperti Half-Life, Counter-Strike dan Portal.

 

Nah Sobat Studentpreneur, bukan berarti ide aneh akan menganntarkan Anda jadi kaya begitu saja. Jutawan-jutawan ini, jika Anda baca dengan seksama, nyatanya juga harus berjuang mewujudkan ide mereka, mati-matian. Mudah-mudahan cerita ini menginspirasi Anda untuk jadi miliarder berikutnya. Bagaimana menurut Anda?

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur. [Photo Credit: First Stop]

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+ 




  • https://www.youtube.com/channel/UC28fGIqdC7B1y5BRVhmI8Eg Fakta Unik

    Info yg sangat menarik dan super kreative…. Salam kunjungan balik ya mas… https://youtu.be/QxolTMS9gyk