Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Studentpreneur Indonesia

Tokopedia Siap Beri Gaji Puluhan Juta Rupiah Per Bulan


Setelah Mendapat Pendanaan 1,2 Trilliun Rupiah, Inilah yang Akan Dilakukan Oleh Tokopedia.

Perhatian semua orang langsung tertuju kepada Tokopedia ketika perusahaan tersebut berhasil mendapat investasi sebesar Rp 1,2 triliun. Betapa tidak, nilai investasi yang sangat besar tersebut memungkinkan Tokopedia untuk mengembangkan bisnisnya menjadi yang terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Simak penuturan COO Tokopedia, Leontinus Alpha Edison kepada studenpreneur seusai acara Start Surabaya di Spazio, Kamis (27/11/2014).

 

Bagaimana pendapat Anda terkait perkembangan bisnis online di Indonesia saat ini?

Ya, saya mengawali dengan jawaban bahwa bisnis online dan offline memiliki pangsa pasar masing-masing di Indonesia. Oleh karena itu, bisnis online pun juga tidak bisa meninggalkan proses penjualan secara offline. Dalam hal ini, bisnis online menggunakan teknologi dimana secara lambat laun tentunya akan membantu kekurangan dari sebuah bisnis offline. Seperti maknanya, teknologi adalah sebuah alat bantu untuk memudahkan manusia dalam segala hal. Jadi, dalam bisnis online, tentunya teknologi internet pun akan memudahkan penjual dan pembeli untuk bertemu secara langsung tanpa harus bertatap muka. Dan sekarang, bisnis online di Indonesia sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Kondisi inilah yang dianggap oleh Tokopedia sebagai sebuah peluang dalam mengembangkan bisnis.

Leontinus-tokopedia

Nah, sekarang terkait nilai investasi yang sangat besar, satu triliun bukanlah jumlah yang sedikit. Apa rencana Tokopedia?

Ada tiga hal utama yang akan dilakukan oleh Tokopedia dengan nilai ivestasi yang tidak sedikit tersebut. Pertama, kita tentunya ingin mengembangkan Tokopedia menjadi sebuah perusahaan berkelas dunia. Oleh karena itu, kami juga akan segera mencari karyawan-karyawan dengan potensi yang cukup besar agar dapat mengembangkan Tokopedia menjadi sebuah perusahaan yang besar. Kedua, kami juga akan segera mendirikan beberapa kompleks perkantoran dimana didalamnya nanti akan memiliki fasilitas yang tidak seperti kantor pada umumnya. Ketiga, sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, Tokopedia dalam waktu dekat juga akan memberikan saham kepada beberapa karyawan agar dapat ikut memiliki perusahaan. Dengan ikut memiliki perusahaan, maka setiap karyawan yang mendapat saham akan bertanggung jawab untuk keberlangsungan Tokopedia yang lebih baik kedepan nanti.

 

Bisa Anda ceritakan kompleks perkantoran yang akan dibangun oleh Tokopedia?

Dengan nilai investasi yang tidak sedikit tersebut, perusahaan tentunya akan mencari tempat yang ideal untuk mengembangkan bisnis. Seperti halnya Googleplex yang berada di Silicon Valley, maka Tokopedia pun berusaha untuk mendirikan sebuah kompleks perkantoran yang sama untuk mengembangkan bisnis internet. Kami masih berupaya untuk mencari tempat yang sesuai dengan mimpi Tokopedia, kemungkinan nanti akan semacam Kampus Tokopedia. Ditempat ini, karyawan akan diberikan banyak sekali fasilitas yang dapat menunjuang pekerjaannya sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. Bahkan, ditempat ini rencananya juga akan dapat menampung ribuan karyawan.

 

Karyawan seperti apa yang diharapkan untuk dapat bekerja di Tokopedia?

Saat ini kita sudah menjelma menjadi salah satu perusahaan terbesar di bidang teknologi. Tentu saja, karyawan yang akan di-hire oleh Tokopedia harus yang memiliki kemapuan diatas rata-rata. Saya tidak akan pernah mempermasalahkan Anda lulus dari kampus manapun dari Sabang-Merauke asal memiliki kualifikasi seperti yang diinginkan oleh Tokopedia. Bagi saya, nilai akademik hanyalah sebuah gambaran kecil tentang seseorang. Sebelum bekerja, calon karyawan Tokopedia akan diberi sebuah tes untuk dapat memecahkan sebuah permasalahan, contohnya di bidang coding, marketing ataupun yang lainnya. Jadi, jangan berharap dapat bekerja di Tokopedia hanya dengan bermodalkan nilai akademik tinggi tapi tidak mampu menjadi seorang problem solver.

 

Benarkah gaji yang ditawarkan oleh Tokopedia nantinya hingga puluhan juta rupiah?

Saya rasa, bukan hanya Tokopedia saja yang bisa memberikan gaji sebesar itu. Jika memang ada seseorang yang pantas untuk diberi gaji dengan nilai tersebut tentu saja karyawan itu memang pantas untuk mendapatkannya. Sekali lagi, sebagai perusahaan besar, kedepan nanti Tokopedia tentu akan menghadapi tantangan yang lebih besar lagi. Oleh karena itu, jika memang ada yang pantas untuk digaji hingga puluhan juta rupiah per bulan maka kami tentu saja akan memberikan hak tersebut.

 

Bagaimana Anda menggambarkan sebuah Tokopedia saat ini?

Sebagai perusahaan besar, maka Tokopedia akan selalu menjaga kualitas produknya secara konsisten. Hal inilah yang menjadi kunci utama kesuksesan Tokopedia saat ini. tokopedia juga tidak hanya berfokus pada pendapatan saja, melainkan menciptakan produk yang akan membuat kehidupan masyarakat lebih mudah dalam bertransaksi. Tokopedia membuat banyak pedagang yang menjadi member dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang lebih banyak dan memiliki kehidupan yang lebih nyaman. Tokopedia juga memiliki perhatian khusus terhadap para pebisnis dengan skala kecil dan menengah. Tidak sedikit para pelaku usaha di sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang memasarkan produknya melalui Tokopedia. Jadi, Tokopedia kedepan nanti tentunya akan lebih banyak bekerja sama dengan semua pihak. Bukan hanya perusahaan berskala besar tetapi juga dengan mereka yang berskala kecil dan menengah.

 

Terakhir, apa saran dari Anda bagi mereka yang akan memulai bisnis?

Seseorang yang akan terjuan di dunia entrepreneurship, apapun bidangnya, harus memiliki mimpi besar. Dengan begitu, mereka akan termotivasi untuk dapat mewujudkan mimpinya tersebut. Seorang entrepreneur juga harus memiliki komitmen yang dalam mengembangkan skala bisnisnya. Jangan mudah cepat puas dengan setiap capaian yang berhasil didapatkannya. Selain itu, tidak ada bisnis yang instan sehingga seorang pelaku bisnis juga harus dapat bersabar dalam setiap langkahnya. Apa yang dicapai oleh Tokopedia saat ini adalah contohnya. Betapa tidak, kami juga mengalami banyak penolakan saat mengajukan penawaran bisnis kepada investor. Tapi kami membuktikan kepada para investor yang menolak bahwa Tokopedia memang layak untuk mendapat investasi besar dan tentunya menjadi sebuah perusahaan besar. Terakhir, menjadi seorang pebisnis tentu harus dapat menjalin sebuah kolaborasi dengan banyak pihak. Jangan sampai berpikiran egois dan merasa paling mampu atas segala hal. Dengan menjalin kerja sama dengan banyak pihak tentu akan lebih memberikan keuntungan bagi perusahaan kita kedepan nantinya.

 

Nah Sobat Studentpreneur, Tokopedia sekarang sudah menjelma perusahaan besar di Indonesia dan mampu mendapatkan investasi yang sangat besar. Dan Tokopedia siap untuk membuka lowongan pekerjaan bagi ribuan orang kedepan nantinya. Bagaimana pendapat Anda? Silakan tulis komentar Anda melalui kolom dibawah ini. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Pebisnis Ganteng Raup Milliaran Rupiah Dari Bisnisnya

Cara Berbisnis Ala Rasulullah yang Penuh Berkah

Bisnis Makanan Jepang Datangkan Rezeki Besar Bagi Pemuda 25 Tahun Ini

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Tokopedia Siap Beri Gaji Puluhan Juta Rupiah Per Bulan
Author
Description
Setelah Mendapat Pendanaan 1,2 Trilliun Rupiah, Inilah yang Akan Dilakukan Oleh Tokopedia.