Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Tak Pernah Promosi, Perusahaan Ini Jadi Perusahaan Delivery Terbaik Tiongkok


Kata siapa bisnis harus berpromosi? Wang Wei berhasil membawa SF Express menjadi perusahaan delivery terbaik di Tiongkok tanpa pernah promosi!

Ketika banyaknya toko online atau e-commerce bertebaran di Tiongkok, Wang Wei datang dengan SF Express. Apa itu SF Express? Sebuah delivery service yang sekarang menjadi nomor satu di Tiongkok. Wang Wei dengan SF Express-nya berhasil menduduki peringkat ke 26 orang terkaya di Tiongkok, kekayaan Wang Wei ada 42 triliun rupiah. Wang Wei mempunyai pribadi yang unik, dia tidak pernah tampil di media sampai tahun 2010!

 

Keturunan Russia –Tiongkok

Wang Wei merupakan keturunan Russia – Tiongkok, kehidupan Wang Wei pun tidak banyak diketahui oleh dunia. Bahkan media-media di Tiongkok juga tidak memperhitungkan SF Express atau sang pemilik Wang Wei sendiri bisa berkembang sampai sejauh ini. Ibunya adalah warga Tiongkok asli. Sedangkan ayahnya merupakan mantan pilot penerbangan militer Rusia.

TIdak diketahui latar belakang dari Wang Wei, mulai dari masa kecil Wang Wei sampai dimana Wang Wei berkuliah. Bahkan, ketika membuat SF Express, tidak diketahui bagaimana kerja dari Wang Wei yang kemudian bisa membuat SF Express bisa sampai sekarang. Baru di tahun 2010 Wang Wei mengatakan semuanya.

 

Meminjam uang orang tua

Ketika sudah lulus kuliah – ya, masih tidak tahu dia kuliah dimana – Wang Wei memutuskan untuk membuat delivery express. Seperti disebutkan diatas, Wang Wei melihat potensi di Tiongkok yang sangat besar terhadap e-commerce. Dia kemudian pada tahun 1993 memutuskan untuk membuat perusahaan delivery express. Dia meminjam uang  dari orang tua sebesar 13 ribu dolar. Dengan uang sebesar itu, jangan harap Wang Wei untuk mendapatkan kantor yang besar dan sumber daya yang banyak pula. Ternyata Wang Wei hanya mempunyai 6 karyawan dan 1 mobil van untuk jasa pengantar. Jadi Wang Wei pun juga turut untuk mengantar pesanannya. Setelah bekerja sama dengan beberapa e-commerce di Tiongkok, baru pada tahun 2005 Wang Wei berani untuk meminjam uang di Bank sebesar 550 ribu dolar.

Dengan uang tersebut, Wang Wei membesarkan daya jangkau delivery expressnya menjadi mencakup hampir seluruh kawasan Tiongkok. Kemudian, secara mengejutkan pada tahun 2009, Wang Wei membeli 2 pesawat Boeing-757. Disitulah SF Express langsung diperhitungkan menjadi delivery service berpengaruh di Tiongkok.

wang-wei

Tidak pernah promosi

Dengan budget yang memadai, ternyata Wang Wei punya cara unik dalam mengembangkan bisnisnya. Yaitu ternyata Wang Wei tidak pernah promosi sekalipun tentang SF Express. Promosi satu-satunya adalah dari mulut ke mulut. Wang Wei juga mengedepankan jasa produk yang baik. Sekarang, dengan perjuangan dari Wang Wei, SF Express dapat disebut sebagai FedEx-nya Tiongkok. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: QSB]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Padukan Bisnis dan Budaya, Mahasiswa Surabaya Raup Jutaan Rupiah

Inspiratifnya Mantan Tukang Besi yang Jadi Milliuner

Inilah 3 Model Bisnis yang Tak Pernah Sepi Pembeli

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Tak Pernah Promosi, Perusahaan Ini Jadi Perusahaan Delivery Terbaik Tiongkok
Author
Description
Kata siapa bisnis harus berpromosi? Wang Wei berhasil membawa SF Express menjadi perusahaan delivery terbaik di Tiongkok tanpa pernah promosi!