Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Raja Online Games Tiongkok Pernah Bangkrut Namun Berhasil Bangkit


Raja online games Tiongkok ini dulu pernah bangkrut total. Namun berhasil bangkit dan menjadi sukses.

Mungkin nama Shi Yuzhu tidak seterkenal Jack Ma, pemilik dari e-commerce terbesar di Tiongkok, Alibaba. Tetapi Shi Yuzhu ternyata juga menjadi salah satu pemilik dari game online terbesar di Tiongkok, yaitu Giant Interactive. Giant Interactive adalah publisher dari ZT Online, ZT Online adalah game online yang paling laris di Tiongkok sekarang. Gamers yang main di ZT Online 2 pada tahun 2013 ada sekitar 540 ribu, sekarang sudah berlipat-lipat penggunanya.

Shi Yuzhu masuk kedalam salah satu orang terkaya di Tiongkok, kekayaan Shi sangat banyak, yaitu sekitar 32 triliun rupiah. Shi sekarang berumur 52 tahun, ternyata tidak hanya memiliki usaha game online, dia juga berinvestasi di salah satu bank di Tiongkok.

 

Lulusan matematika yang gemar programming

Lahir di Huaiyuan, provinsi Anhui pada tahun 1962. Provinsi Anhui pada tahun tersebut dikenal dengan provinsi yang sangat mendukung gerakan komunis, jadi seperti diketahui, warganya akan menderita dan pemerintah akan berjaya. Itu juga yang terjadi dengan keluarga Shi. Shi hanya bergantung pendidikan. Tetapi Shi tidak menyianyiakan hal tersebut, dia berhasil masuk Zheijang University jurusan matematika. Ketika itu dia sangat menggilai programming, saking gilanya, dia sampai kuliah lagi di Shenzhen University mengambil jurusan software engineering.

Setelah lulus kuliah, dia membuat program yang bisa menerjemahkan situs-situs bahasa Tiongkok kedalam bahasa Inggris. Karena cara pemasarannya belum paham, program tersebut tidak laku. Tidak ambil pusing, Shi langsung berusaha beriklan, dia melihat ada kolom iklan di koran lokal. Tidak tanggung-tanggung, dia mengiklan sekitar setengah halaman dari koran tersebut. Uang yang didapat pun dari hutang teman-temannya. Lalu apa yang terjadi setelah beriklan? Tetap tidak ada pelanggan.

Shi hampir putus asa, hampir semua uangnya telah habis dan belum berpikir untuk mengembalikan hutang. Tetapi disaat-saat terakhir ternyata ada pelangga yang menghubungi Shi yang akhirnya memesan. Siapa sangka pemesan pertama tersebut ternyata membuka pemesan lain. Produknya sangat laris, bukan karena iklan di koran, tetapi promosi dari mulut ke mulut.

 

Bangkrut kemudian bangkit lagi

Karena terlena mendapatkan keuntungan yang cukup banyak, dia memperlebar bisnisnya. Dia merambah ke alat-alat kedokteran sampai real estate. Tetapi sayang, karena tidak siap, real estate buatan Shi bangkrut karena krisis moneter yang menimpa Tiongkok pada tahun 90an, asetnya pun harus dijual. Shi bangkrut.

profil-shi-yuzhu

Pertama, usahanya yang sukses setelah bangkit dari kebangkrutan adalah menjual melatonim, sebuah obat untuk lansia. Usahanya tersebut sangat sukses dan bahkan bisa membebaskan utang berjuta-juta akibat kebangkrutan. Tetapi itu didapat setelah 5 tahun berjuang. Setelah sukses dengan melatonim, Shi mulai merambah ke online games yang ternyata juga dapat mengeruk keuntungan. Awalnya Shi adalah penggemar game online, tapi dia ingin menjadi publisher sendiri. Akhirnya dia membuat Giant Interactive, dan membuat game online sendiri. Sekarang Giant Interactive berhasil masuk kedalam salah satu publisher game online terbesar di Tiongkok. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Ejin]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Padukan Bisnis dan Budaya, Mahasiswa Surabaya Raup Jutaan Rupiah

Inspiratifnya Mantan Tukang Besi yang Jadi Milliuner

Inilah 3 Model Bisnis yang Tak Pernah Sepi Pembeli

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Raja Online Games Tiongkok Pernah Bangkrut Namun Berhasil Bangkit
Author
Description
Raja online games Tiongkok ini dulu pernah bangkrut total. Namun berhasil bangkit dan menjadi sukses.