Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Percaya Diri Belum Tentu Berhasil


Banyak pemimpin dunia dan bisnis yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Namun, benarkah mereka memang percaya diri? Bagaimana kalau ternyata kepercayaan diri itu dinilai terlalu tinggi? Inilah yang dipercayai oleh Professor Tomas Chamorro-Premuzic, seorang ahli psikologi bisnis di University College London. Kepercayaan diri hanya memberi kita perasaan “feel good”, bukan memberikan kesuksesan. Justru, orang yang tidak percaya diri akan memiliki semangat bersaing yang jauh lebih tinggi, asal kadarnya tepat.

Dr.-Tomas-Chamorro-Premuzic1

 

Professor Tomas

Penelitian yang dilakukan Professor Tomas ini sangat menakutkan. Ternyata, 90% orang yang percaya diri percaya bahwa mereka menyetir lebih baik dari orang lain. Parahnya lagi, di dunia pendidikan, hampir 100% professor merasa mereka mengajar lebih baik dari professor lainnya. Hal ini tentu akan menciptakan perasaan cepat puas yang tidak bagus dalam bisnis. Orang yang tidak terlalu percaya diri justru akan menciptakan rasa motivasi untuk berkembang, dan akhirnya justru akan lebih baik daripada yang percaya diri.

Penelitian Professor Tomas ini mengingatkan Saya pada kisah Bill Gates. Ketika awal merintis Microsoft, dan momen-momen ketika baru saja Microsoft berkembang, Bill Gates hampir tidak pernah tidur. Sekalinya tidur, ketika bangun pikiran dia hanya satu, bagaimana cara membuat Microsoft tidak dikalahkan oleh pesaingnya. Bill Gates mempunyai rasa ketidakpercayaan diri yang sangat tinggi, bahkan sampai dalam tahap ketakutan mendalam bahwa dia bisa kapan saja kalah. Keberhasilan Bill memimpin Microsoft dari nol sampai besar dengan mengalahkan berbagai pesaing raksasa membuatnya sadar bahwa kapan saja ada anak muda entah dari bagian dunia mana yang akan mengalahkan Microsoft. Itu yang membuat Bill ketika bangun tidur langsung berpikiran untuk berkembang lagi, memastikan bahwa hari itu bukanlah hari kekalahan Microsoft.

Kisah lainnya yang menunjukkan bahwa meskipun seorang entrepreneur di depan publik mereka sangat percaya diri, kenyataannya mereka sangat ketakutan dan tidak pede yang Saya pernah dengar adalah Alexis Ohanian, pendiri Reddit. Meskipun Alexis terkenal sebagai “presidennya dunia internet” dan salah satu pebisnis internet terbesar di dunia, ternyata dia sangat tidak percaya diri. Tiap kali sebelum berbicara di depan umum, Alexis selalu berlatih di depan cermin dan memastikan dia telah meringkas semua yang ingin disampaikannya, sehingga penonton tidak ada yang bosan. Alexis sering berkata bahwa ini proses yang menyebalkan, selalu membuatnya nervous. Tapi ketika sudah di panggung, dia terlihat “sempurna” dan sangat percaya diri. Kenyataannya, Alexis Ohanian juga seperti kita semua, ketidakpercayaan diri yang membawa ke kesempurnaan.

Namun Sobat Studentpreneur, bukan berarti kita harus 100% tidak percaya diri. Itu juga tidak akan membawa karir kita ke arah yang benar. Kadar tidak percaya harus tepat, di arah yang membangun sehingga kita bisa berkembang. Kalau terlalu tidak percaya diri, yang ada kita akan menyerah sebelum berjuang. Tetaplah percaya diri, namun tambahkan sedikit ketidakpercayaan diri, tantang diri Anda untuk berkembang lebih baik lagi. Bagaimana menurut Anda Sobat Studentpreneur?

[Photo Credit: Dr Thomas]

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter 




  • http://andreasyonathan.my.id/ Andreas Yonathan

    Saya Setuju!

    Percaya diri tidak membuat kita sukses, namun yang pasti hal ini dapat membuat presentasi kita terlihat sempurna, meskipun isi presentasi kita berantakan.

    Tapi tidak percaya diri juga tidak berarti akan membuat kita lebih mudah sukses. Jika kita sudah tidak percaya diri, malas lagi, justru malahan yang ada kita malah makin terpuruk. Sebaliknya, jika kita tidak percaya diri dan menyadari keadaan diri kita sesungguhnya namun punya niat dan kemauan besar untuk berubah menjadi lebih baik, maka dengan sendirinya pasti kita akan berusaha hingga akhirnya berbuah kesuksesan.

    Inti sebenarnya dari kesuksesan adalah bukan pada masalah percaya diri atau tidak, melainkan pada niat dan kemauan.

    Ingat kan kalau ada pepatah “Where there is a will, there is a way” yang artinya “Dimana ada kemauan, disana ada jalan”.

    Salam Sukses!! 😀