Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Kunci Presentasi Steve Jobs Untuk Anda Pelajari


Steve Jobs adalah seorang presenter terbaik di dunia. Apa saja kunci presentasi Steve Jobs yang dapat kita pelajari?

Selain menjadi pendiri dan CEO dari Apple, Steve Jobs dikenal keynote speaker yang sangat handal. Banyak orang yang memuji bagaimana Steve Jobs memperkenalkan setiap produk Apple buatannya. Beberapa orang pun dibuat takjub bukan dari segi fitur yang dikeluarkan produk Apple, tetapi bagaimana Steve Jobs “mempengaruhi” para calon pembeli produk Apple.

Pada setiap presentasi peluncuran produk, orang-orang akan mengingat 2 hal. Pertama adalah produk yang diluncurkan oleh Apple dan yang kedua adalah bagaimana cara Steve Jobs meluncurkan produk. Jobs membuat presentasi menjadi seni yang tidak mudah dilupakan orang dan membuat orang akan berbondong-bondong membeli produk Apple.

Gara-gara Steve Jobs, setiap presentasi akan diperhitungkan. Tidak hanya sekedar materi, tetapi pembawaan sampai dandanan. Lalu apa yang bisa Anda dapatkan dari setiap presentasi Steve Jobs?

Dibawah ini akan ada 5 presentasi Steve Jobs yang bisa Anda ambil kuncinya.

 

Saat peluncuran Mac

Pada saat Steve Jobs melakukan presentasi, dapat dipastikan semua headline media akan membahas bagaimana Steve Jobs berbicara diatas panggung. Jika Anda adalah penggemar Steve Jobs, pasti Anda akan tidak asing dengan gambar slide yang sangat besar di panggung. Setelah itu gambar akan berganti pelan-pelan disaat Jobs berpresentasi.

Pada tahun 1984, tepatnya 24 Januari, Steve Jobs meluncurkan Macintosh untuk pertama kalinya. Lalu apa spsesialnya? Steve Jobs berlagak seperti pesulap dalam berakting peluncuran Mac ini. Ketika pertama naik panggung, gambar slide show muncul satu persatu. Jobs berjalan ketengah panggung, ditengah panggung sudah ada meja dengan tas kulit.

“Semuanya yang kalian lihat ada di dalam tas itu” terang Jobs

Kemudian Jobs mengeluarkan Mac dari tas tersebut, dan mulai memasukkan floopy disk. Ketika Mac mulai menyala, Jobs meninggalkan panggung dengan lagu Chariots of Fire.

Lalu pelajaran apa yang bisa didapat? Tidak semua presentasi harus bisa diisi dengan slide show gambar yang bagus.

 

Peluncuran iPhone

Steve Jobs percaya dengan kekuatan angka 3. Mulai dari tiga konsep dari menulis, lalu manusia hanya bisa mengingat tiga dari empat informasi yang didapat. Jobs pun membuat 3 pokok kesimpulan dalam peluncuran iPhone, dan itu ternyata bekerja dengan baik.

Pada tanggal 16 Februari 2007, Jobs membuat para penontonya menebak-nebak apa yang akan dikeluarkan oleh Apple. Apakah iPod baru? Sebuah smartphone? Atau bahkan alat komunikasi internet? Jobs dalam presentasinya selalu menyinggung ketiga produk tersebut. Dan yang ditunggu akhirnya muncul, Steve Jobs ternyata menggabungkan ketiga produk tersebut dengan nama iPhone.

Apa yang bisa Anda dapat? Anda tidak perlu memperlihatkan 25 keuntungan, hanya cukup 3.

 

MacBook Air

Pertama kali meluncurkan laptop tertipis di dunia, MacBook Air. Steve Jobs dengan gagah berjalan ke tengah panggung. Lalu mengeluarkan amplop dan kemudian di mengeluarkan isi amplop tersebut yang ternyata berisi MacBook Air.

“Ini sangat tipis sehingga muat didalam amplop. Amplop ini bisa dengan mudah ditemukan di kantor”

Kebanyakan presenter lain akan memperlihatkan produk kepada para penonton. Tetapi Steve Jobs tidak, dia yakin para penonton dan fotografer akan mengabadikan gambar ketika dirinya mengeluarkan MacBook Air dari amplop. Dan besoknya, Steve Jobs sukses. Jangan melulu berbicara mengenai produk, tetapi tunjukkan produk Anda.

 

Saat peluncuran iTunes Store

Diluncurkan pada tahun 2003, Steve Jobs berhasil menjadi pahlawan dan penjahat. Maksudnya? Steve Jobs meluncurkan iTunes Store dengan harga per lagu hanya 99 cent – pahlawan. Sebelum itu, Steve Jobs berlagak seperti penjahat karena menyinggung Napster sebagai tempat download musik yang illegal. Bahkan Jobs menyindir semua kekurangan Napster.

Jobs mengetakan bahwa Napster itu download tidak jelas, kualitas tidak jelas, tidak ada preview lagu, tidak ada cover art dan itu termasuk illegal. Disini tentu Jobs menjadi seorang  penjahat.

Lalu datang iTunes Store – pahlawan – diatas segalanya. Dengan akses download yang terpercaya, kualitas baik, preview lagu, cover art dan yang terpenting adalah Anda tidak mencuri. Disini Anda bisa menjadi penjahat dan tiba-tiba menjadi pahlawan dengan mengeluarkan produk Anda.

 

Presentasi saat hiatus 12 tahun

Steve Jobs keluar dari Apple dan 12 tahun kemudian kembali tepatnya tahun 1997. Pada saat itu Apple sedang mengadakan Macworld. Steve Jobs pun tampil sebagai keynote seperti biasanya dulu. Lalu dia berbicara seperti ini:

“Saya selalu berpikir bahwa kalian semua adalah orang yang berani berbeda karena membeli komputer Apple. Kalian yang membeli adalah orang yang sangat kreatif di dunia. Kalian tidak hanya sekedar ingin mengerjakan sesuatu, tetapi ingin merubah dunia. Kami ada karena orang macam itu. Orang-orang yang gila, tetapi kami menganggap mereka jenius. Dan kami akan terus membuat produk untuk mereka”

presentasi-steve-jobs

Kata-kata Steve Jobs ini tentu sangat bermakna bagi pengguna Apple dan tim Apple sendiri. Ini yang harus Anda butuhkan, ketika presentasi Anda bisa menggugah semangat dan mengapresiasi tim Anda sendiri. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Paul]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Howard Schultz, Dari Karyawan Jadi CEO Starbucks

Lezatnya Kue Mochi Malang Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Inilah 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pebisnis Muda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Kunci Presentasi Steve Jobs Untuk Anda Pelajari
Author
Description
Steve Jobs adalah seorang presenter terbaik di dunia. Apa saja kunci presentasi Steve Jobs yang dapat kita pelajari?