Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Karyawan Pabrik Tiongkok yang Kini Jadi Milliarder


Perjuangan Zhang Jindong berhasil membuahkan hasil dengan berkembangnya Suning menjadi perusahaan elektronik sukses.

Jika Anda di Korea Selatan mendengar nama elektronik yang terkenal seperti LG atau Samsung, di Tiongkok Anda akan mendengar nama mungkin cukup aneh di telinga Anda yaitu Suning. Suning adalah salah satu perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga terbesar di Tiongkok. Pemiliknya adalah Zhang Jindong, walaupun lulusan universitas terkenal di Tiongkok, dia tetap memilih untuk berbisnis dan sekarang mendulang keuntungan sampai 32 triliun rupiah, menjadikan dia berada di posisi ke 36 daftar orang terkaya di Tiongkok.

Zhang Jindong merupakan lulusan dari Nanjing Normal University jurusan sastra Tiongkok. Setelah lulus kuliah, dia memang tidak berbisnis tetapi memutuskan untuk bekerja. Zhang bekerja di pabrik kaos sebagai pekerja biasa, dia bekerja selama 4 tahun sampai tahun 1989. Baru setelah berkerja selama 4 tahun tersebut, Zhang mengerti ternyata bekerja di perusahaan banyak kelemahannya. Setelah memutuskan keluar tersebut, dia bersama kakaknya memutuskan untuk berbisnis.

 

Membuat toko kecil yang menjual AC

Pada tahun 1990, Zhang bersama kakaknya yaitu Zhang Guiping membuka toko AC di daerah Ninghai. Toko tersebut termasuk kecil karena memang modal dari keduanya juga tidak begitu besar. Zhang bersaudara ini akhirnya merasakan bagaimana susahnya membangun bisnis sendiri. Zhang bersaudara sangat kesulitan dalam memperolah keuntungan, bahkan menjual satu produk pun sangat sulit.

Tetapi Zhang bersaudara tidak pernah menyerah, dia berusaha promosi walaupun tidak punya budget untuk itu, dia pertama promosi kepada keluarga lalu teman-teman dekatnya. Penjualanpun mulai terlihat pada saat itu. Akhirnya Zhang mulai berani memesan beberapa AC dan aksesoris lebih banyak. Karena ingin para pembeli tidak perlu menunggu lama dalam memesan, trik membuat stok lebih banyak ternyata berguna, pemesanan pun lebih banyak.

 

Ditengah-tengah bisnis, sang kakak pun pergi

Ketika Suning, nama perusahaan dari Zhang bersaudara sudah mulai tumbuh, ada masalah yang timbul lagi. Sang kakak, Zhang Guiping ternyata pergi karena merasa bisnisnya tidak berkembang dan tidak mempunyai prospek. Ketika Guiping sang kakak pergi, Zhang sempat berpikir untuk pergi juga. Tetapi karena merasa sudah tanggung dan sudah mendapatkan passion dibidang perdagangan, akhirnya Zhang tetap melanjutkan. Lalu sang kaka Guiping lebih memilih menjadi pebisnis real estate.

Ketika Zhang sudah merasa bahwa penjualannya begitu baik, dia berspekulasi untuk membuat merk sendiri. Ketika itu dilakukan, berarti Zhang harus memperluas tokonya atau minimal membuat cabang. Akhirnya pada tahun 90an, Zhang berhasil membuat pabrik sendiri dan memperluas beberapa tokonya. Hanya butuh waktu 15 tahun, Suning Group berhasil menjadi salah satu perusahaan elektronik dan alat-alat rumah tangga yang terbesar di Tiongkok.

zhang-jindong

Sekarang, Suning mempunyai 1500 cabang diseluruh Tiongkok dan belum lama ini Suning juga mulai merambah pasar dunia. Pada tahun 2010 kemarin ketika perayaan ke 20, Suning juga merambah ke e-commerce atau penjualan online. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: China]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Howard Schultz, Dari Karyawan Jadi CEO Starbucks

Lezatnya Kue Mochi Malang Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Inilah 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pebisnis Muda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Karyawan Pabrik Tiongkok yang Kini Jadi Milliarder
Author
Description
Perjuangan Zhang Jindong berhasil membuahkan hasil dengan berkembangnya Suning menjadi perusahaan elektronik sukses.