Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Juragan Listrik Tiongkok Ternyata Berasal Dari Keluarga Miskin


Sekalipun dari keluarga miskin, pria asal Tiongkok ini membuktikan bahwa kerja kerasnya menjadikan seorang miliarder.

Dari 10 besar orang terkaya di Tiongkok, Wang Wenyin adalah satu-satunya orang terkaya yang mempunyai usaha perdagangan besi. Bukan sekedar besi, Amer International, nama perusahaan dari Wang Wenyin juga bergerak di bidang pertambangan, khususnya tembaga. Dalam 10 tahun terakhir, Amer International bukan perusahaan besi yang diperhitungkan. Bahkan sudah sangat banyak perusahaan tambang tembaga atau besi lain di Tiongkok yang lebih besar. Tetapi setelah melebarkan sayap hampir ke seluruh Asia, sekarang Wang Wenyin memiliki perusahaan tembaga dan besi terbesar di dunia.

Wang Wenyin, atau banyak disebut sebagai “the copper prince” atau pangeran tembaga oleh media-media di Tiongkok maupun dunia ini ternyata memiliki masa kecil yang kurang menyenangkan. Dia lahir dan besar di provinsi Anhui, Tiongkok. Tidak banyak yang diketahui bagaimana masa kecil dari Wang Wenyin, tetapi yang pasti dia dibesarkan oleh keluarga yang biasa saja bahkan tergolong miskin. Ketika remaja, Wang Wenyin juga bekerja sebagai pegawai biasa, dia bekerja di gudang. Di gudang tersebut, Wang Wenyin melihat banyaknya potensi di sektor bisnis di Tiongkok. Kebetulan dia bekerja di gudang sewaan, jadi banyak sekali macam-macam barang yang disimpan di Tiongkok.

 

Membuat distributor kabel listrik sendiri

Dasar otak dari Wang Wenyin sudah sering terpaku pada bisnis dan dia ingin merubah nasib dari keluarganya. Dia melihat bahwa permintaan kabel listrik di gudangnya sangat banyak tetapi jumlah kabel listrik tidak berimbang. Karena tidak punya modal, dia menunda keinginan untuk menjadi distributor kabel listrik. Tetapi keinginan Wang Wenyin untuk mempunyai pabrik kabel listrik sendiri tidak lama. Setelah dia diangkat menjadi manajer dari gudang tempat dia bekerja, akhirnya dia mempunyai modal. Dia membuat pabrik kabel listrik kecil-kecilan setelah itu.

 

Melihat potensi lain

Seperti yang dikatakan diawal tadi, bahwa otak bisnis dari Wang Wenyin sudah menyala dari awal. Ketika mempunyai pabrik kabel listrik pertamanya dan sudah berjalan. Dia akhirnya melihat potensi lain, yaitu tembaga. Karena kabel listrik membutuhkan tembaga, dan distributor tembaga pada masa itu masih belum banyak, akhirnya dia membuat pabrik tembaga sendiri. Kemudian dia membuat Amer International, dan tidak lama perusahaannya tersebut meningkat secara pesat. Bahkan Amer International tidak hanya sekedar mendistribusikan kabel listrik dan tembaga, tetapi menjadi supplier. Bahkan setelah 5 tahun bergerak dibidang kabel listrik dan tembaga, Amer International sudah mempunyai tambang tembaga sendiri.

profil-wang-wenyin

Seperti orang terkaya di Tiongkok lainnya, karena penduduk di Tiongkok sendiri sudah sangat banyak, ketika produknya sudah banyak digunakan di dalam negeri, keuntungan juga didapat sangat banyak. Sekitar 40% dari penggunanya adalah warga Tiongkok, selebihnya adalah penduduk luar negeri. Sekarang kekayaan Wang Wenyin adalah 10 miliar dolar atau setara 100 triliun rupiah. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: FeGroup]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tips Membangun Bisnis Keluarga Ala Raja Pizza Kanada

Bermodal 10 Juta Rupiah, Pria Ini Jadi Milliarder di Tiongkok

Cara Membangun Koneksi Untuk Bisnis Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Juragan Listrik Tiongkok Ternyata Berasal Dari Keluarga Miskin
Author
Description
Sekalipun dari keluarga miskin, pria asal Tiongkok ini membuktikan bahwa kerja kerasnya menjadikan seorang miliarder.