Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Uncategorized

Inilah 5 Situs Crowdfunding Terkenal di Indonesia


Kicktstarter dibuat pada tahun 2009. Ketika banyak yang menyebut itu adalah website yang sangat aneh dan mungkin tidak akan bertahan lama. Banyak yang masih ragu akan bagaimana sistem dari crowdfunding atau investasi secara bersama-sama ini.

Tetapi Kickstarter mendapatkan perhatian yang cukup baik, bahkan lebih dari cukup. Pada tahun 2009 majalah Time menobatkan Kickstarter sebagai “Best Invention 2010” dan kemudian “Best Website 2011” setahun berikutnya. Setelah itu Kickstarter sangat berjasa dalam mengorbitkan Pebble Smartwatch, game Star Citizen, permainan kartu Exploding Kittens, game Ouya dan Pono media player.

Sebenarnya jika dilihat, sistem crowdfunding adalah sistem yang sangat umum diterapkan di Indonesia. Jika Anda bingung dengan istilah crowdfunding, kami akan mengganti kata-kata crowdfunding dengan gotong royong. Sistem gotong royong tentu akrab di telinga Anda.

Sistem crowdfunding ini akan membantu Anda yang mempunyai bisnis untuk dibantu agar mendapatkan dana. Entah itu bisnis Anda baru ataupun bisnis lama. Sekarang kami akan sedikit bahas 5 situs “gotong royong” yang paling terkenal di Indonesia.

 

KitaBisa.com

Ini adalah salah satu website crowdfunding pertama yang ada di Indonesia. Didirikan pada tahun 2013, KitaBisa mengijinkan Anda untuk memasukkan proyek di bidang teknologi, kreatifitas dan bisnis UKM. KitaBisa juga akan mengirimkan laporan menyeluruh mulai dari financial sampai perkembangan proyek yang telah didanai.

Proyek paling berpengaruh dari KitaBisa adalah Momentum Pergerakan SaveMaster. Proyek tersebut digunakan untuk membangun masjid di sekolah di Depok. Proyek ini mendapatkan pendanaan sampai 130 juta rupiah.

 

Wujudkan.com

Ini adalah salah satu crowdfunding yang tertua bersama KitaBisa.com. Wujudkan adalah perusahaan crowdfunding yang dibuat oleh perusahaan telekomunikasi XL. Pembayaran dari Wujudkan.com ada bermacam-macam, seperti ATM Transfer, Credit Card sampai mobile payment. Proyek paling besar adalah film Atambua 39 Derajat Celcius dari Mira Lesmana. Proyek film ini telah terkumpul sampai 312 juta dari 300 juta yang ditargetkan.

 

AyoPeduli.com

ayopeduli

Ini adalah crowdfunding khusus sosial. Jadi Anda bisa menemukan proyek seperti bidang pendidikan, kesehatan sampai masalah lingkungan. Untuk sektor pendidikan, biasanya Anda akan melihat banyak proyek beasiswa. Proyek paling banyak adalah Rumah Harapan yaitu proyek untuk anak-anak yang sedang sakit. Mereka mendapatkan donasi sebesar 20 juta rupiah.

 

Crowdtivate.com

Ini adalah website crowdfunding dari Singapura dan telah masuk pasar Indonesia pada tahun lalu Crowdtivate adalah lebih tertarik ke proyek teknologi. Beberapa proyek yang masuk adalah teknologi, komik, games sampai film. Proyek yang sukses adalah iBam, alat musik dari bamboo yang mendapatkan pendanaan sampai 13 ribu dolar Singapura atau sekitar 130 juta rupiah.

 

GandengTangan.org

Ini mungkin yang agak berbeda, jadi GandengTangan adalah crowdlending, jadi sistemnya adalah meminjam. Ketika Anda menyumbangkan 100 ribu misalnya ke salah satu proyek di GandengTangan, uang Anda akan kembali ketika proyek telah mendapatkan keuntungan. Baru diluncurkan awal tahun ini, masih banyak masalah yang perlu dibenahi dan masih belum tahu apakah crowdlending adalah sistem yang baik dibandingkan dengan crowdfunding.

 

Dengan 5 situs crowdfunding dan crowdlending terbaik di Indonesia tersebut. Diharapkan menjadi penyemangat agar masyarakat Indonesia lebih dapat kreatif dalam berbisnis. Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencoba? Silakan tulis komentar Anda melalui kolom di bawah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+