Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah 10 Pekerjaan Untuk Mendapat Penghasilan Tambahan


Inilah pekerjaan di waktu luang yang bisa menambah penghasilan Anda.

Pada umumnya, seseorang yang sudah bekerja merasa bahwa gaji yang didapat setiap bulan masih kurang bisa memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, tidak sedikit para pegawai sebuah lembaga atau perusahaan yang akhirnya mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya tersebut. Hanya saja, mereka yang ingin mencari penghasilan tambahan pun akan menemui jalan buntu. Hal ini dikarenakan mereka harus membagi waktu antara pekerjaan utama kemudian pekerjaan sampingan dan juga waktu untuk keluarga.

Sebenarnya, ada banyak sekali aktivitas sederhana bagi para pegawai yang bisa diubah menjadi menjadi sebuah bisnis besar dan menghasilkan uang tambahan. Bahkan, aktivitas tersebut bisa dilakukan pada waktu luang dan tidak akan mengganggu pekerjaan utama. Tak hanya itu saja, aktivitas di waktu luang yang menghasilkan uang tambahan ini juga tidak menguras banyak waktu sehingga Anda masih memiliki waktu lebih untuk bisa berkumpul bersama keluarga.

 

Menjual barang bekas yang masih layak pakai

Sebagai langkah awal, Anda bisa mulai memperhatikan kondisi disekitar Anda. Maksudnya adalah memperhatikan barang-barang yang sekiranya sudah tidak tidak diperlukan tapi masih layak untuk dijual. Ya, Anda bisa menjual barang-barang bekas milik Anda yang sudah tak terpakai lagi. Anda bisa menjual buku-buku semasa masih sekolah atau kuliah yang tidak terpakai lagi atau boneka yang masih dalam kondisi layak pakai. Dengan cara seperti ini, maka Anda pun akan menghasilkan pundi-pundi uang dari barang-barang bekas milik Anda yang sudah tidak digunakan. Namun, Anda harus tetap memilih barang bekas yang unik dan menarik agar laku dijual. Jika Anda memang tidak punya barang bekas yang layak dijual, maka Anda pun bisa menjadi seorang makelar atau perantara yang menghubungkan antara penjual dan pembeli barang bekas. Dengan cara seperti ini, Anda pun masih bisa menghasilkan uang tambahan melalui komisi yang didapat saat sebuah barang bekas laku terjual.

 

Berbisnis online

Tak dapat dipungkiri, sekarang ini Anda hidup dalam sebuah masa dimana teknologi internet ada dimana saja. Internet tidak hanya bisa diakses oleh sebuah perusahaan besar yang ingin menawarkan produknya saja. Para ibu rumah tangga pun bisa menggunakan internet untuk membuka bisnis online. Bak jamur di musim penghujan, sekarang ini banyak sekali bisnis online yang dijalankan orang-orang untuk menjual sebuah produk. Jika Anda gemar shoping, maka Anda bisa memulai untuk membuka bisnis online di bidang fashion. Sedangkan jika Anda senang dengan makanan, maka Anda bisa membuka toko makanan online. Sebenarnya, ada banyak sekali barang-barang lainnya yang bisa dijual secara online dengan hanya bermodalkan smartphone serta kamera untuk memotret barang dagangan Anda sebagai media promosi. Jika Anda bisa menjalankan bisnis online ini dengan tekun, maka jangan heran jika Anda mendapat penghasilan tambahan yang berlipat-lipat setiap bulan.

 

Ahli di bidang desain grafis

Berbeda lagi jika Anda memiliki keterampilan dalam mendesain dan menggambar di sebuah layar monitor komputer. Pasalnya, Anda bisa menawarkan diri Anda para perusahaan tertentu yang membutuhkan jasa Anda sebagai seorang graphic desainer. Sebagai seorang yang menggeluti dunia desain grafis, upah yang Anda terima pun jumlahnya tidak sedikit. Rata-rata, Anda bisa menghasilkan uang tambahan sekitar Rp 300.000 hingga jutaan rupiah tergantung tingkat kerumitan yang diberikan. Bahkan, jika klien Anda memang senang dengan hasil desain grafis Anda maka tak jarang mereka akan memberikan tip atau uang lebih dari harga yang telah disepakati.

 

Menjadi penulis lepas

Selamat bagi Anda yang memang memiliki hobi atau kemampuan menulis dengan baik. Pasalnya, hobi menulis yang punya bisa dimanfaatkan untuk setiap peluang yang ada. Anda bisa mulai mencari informasi dan lowongan kerja mengenai penulis lepas. Pasalnya, tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan seorang penulis untuk bisa mempromosikan setiap aktivitasnya. Anda bukan hanya memperoleh upah atas kerja keras dari tulisan Anda, tetapi hasil karya tulisan Anda pun akan dibaca oleh banyak orang. Hal itu tentu akan memberikan kepuasan tersendiri. Terkait dengan upah sebagai seorang penulis lepas, upah yang diterima pun beragam mulai dari Rp 30.000 hingga jutaan rupiah. Hal tersebut bergantung pada tingkat kesulitan yang diberikan. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan tulisan Anda kepada sejumlah pemilik blog ataupun perusahaan tertentu yang nantinya bisa menjadi mesin pencetak uang pribadi bagi Anda.

 

Membuat dan merancang sebuah situs web

Memang tidak semua orang memiliki keahlian di bidang teknologi. Oleh karena itu, beruntung bagi mereka yang dianugerahi kemampuan lebih di bidang teknologi sehingga bisa mendapat banyak uang tambahan. Hanya saja, hal itu membutuhkan sedikit kerja keras untuk bisa terwujud. Pasalnya, membuat sebuah situs web yang unik dan menarik sehingga menarik banyak minat pengguna internet untuk berkunjung bukanlah hal yang mudah. Tetapi, jika Anda mampu membuat sebuah situs web yang menarik maka kerja keras Anda tersebut akan diberi harga yang yang mahal. Dengan begitu, Anda bisa mendapat penghasilan tambahan yang menjanjikan.

 

Memberikan les private

Jika Anda termasuk seseorang yang memiliki kemampuan lebih di bidang ilmu pengetahuan atau kesenian maka tak ada salahnya Anda menularkan ilmu pengetahuan yang Anda kuasai. Pasalnya, bagi banyak siswa, sejumlah mata pelajaran seperti matematika atau pelajaran IPA serta bahasa asing butuh metode pembelajaran khusus. Artinya, Anda bisa menjadi seorang guru les private yang bisa memberikan penjelasan yang lebih mudah dicerna daripada yang diajarkan saat para siswa diajar oleh gurunya di sekolah. Sedangkan, bagi Anda yang menguasai bidang kesenian maka Anda bisa mengajarkan kemampuan bermain musik atau bernyanyi. Sebagai seorang guru private, Anda pun akan memiliki jam kerja yang sangat fleksibel. Oleh karena itu, menjadi guru les private menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan karena bisa dilakukan disaat pulang kerja ataupun disaat akhir pekan.

 

Menjadi seorang fotografer lepas

fotografer-freelance

[Photo Credit: penghasilan tambahan sebagai fotografer sekarang lumayan]

Bagi para pecinta fotografi, saat ini mendapat uang tambahan pun menjadi semakin mudah. Anda bisa memanfaatkan situs media sosial untuk mempromosikan foto-foto hasil karya jepretan Anda sendiri. Dengan memasangnya di aplikasi online seperti instagram, para fotografer pun dapat menjaring banyak sekali pembeli. Tidak sedikit pula sebuah perusahaan yang akan membayar hasil foto jepretan Anda dengan harga mahal jika memang sesuai dengan yang diinginkan. Tentu saja bisa terbayang berapa penghasilan yang bisa didapat jika Anda mampu menjual lebih dari satu foto.

 

Menjadi seorang interpreter atau penterjemah

Sangat menyenangkan jika Anda bisa menguasai satu atau dua bahasa asing. Pasalnya, kemampuan Anda dalam fasih berbahasa asing bisa digunakan untuk mendapat penghasilan tambahan. Anda bisa menjadi seorang interpreter atau penterjemah baik secara lisan maupun tulisan. Bahkan, Anda bisa menjadi seorang interpreter untuk berbagai bidang. Artinya, bukan hanya untuk keperluan sebuah perusahaan lokal atau asing saja tetapi juga bisa menjadi seorang interpreter untuk dunia perfilman ataupun yang lainnya. Kemampuan Anda dalam berbahasa asing dengan fasih tentu akan menjadi sumber pundi-pundi rupiah tersendiri bagi Anda.

 

Menjadi seorang konsultan keuangan

Bagi banyak orang, mengelola keuangan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan, tak jarang pula mereka yang menerima gaji diawal bulan sudah langsung habis hanya dalam beberapa hari saja tanpa ada sisa sedikitpun. Oleh karena itu, seorang konsultan keuangan hadir untuk menawarkan jasanya agar bisa mengontrol keuangan yang dimiliki oleh seorang calon kliennya. Jika Anda bisa menjadi konsultan keuangan maka Anda tentu bisa mendapat penghasilan tambahan yang jumlahnya juga tidak sedikit. Selain itu, Anda juga bisa mengatur waktu untuk bertemu klien Anda dengan mendatangi rumahnya sepulang dari kantor. Dengan begitu, Anda bisa mendapat dua keuntungan sekaligus, yakni penghasilan tambahan dan Anda juga tidak kehilangan pekerjaan utama.

 

Memasarkan hasil kerajinan tangan Anda sendiri

kerajinan-tangan

[Photo Credit: kerajinan tangan untuk anak-anak sekarang sedang ngetrend]

Disaat memasuki hari libur, cobalah untuk sekali waktu Anda memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Terlebih, bagi Anda yang ingin mendapat penghasilan tambahan tanpa harus mengorbankan pekerjaan utama. Salah satu caranya adalah dengan membuat sebuah kerajinan tangan yang unik lantas menjualnya dengan harga yang tinggi. Pasalnya, sebuah produk kerajinan yang dihasilkan melalui tingkat kesulitan yang tinggi maka nilai jualnya pun akan semakin tinggi pula.

 

Bagi Anda yang ingin mendapat penghasilan tambahan, jangan sampai waktu libur Anda hanya terbuang sia-sia tanpa menghasilkan sebuah karya. Pasalnya, melalui hasil karya tersebut Anda pun bisa mendapat penghasilan tambahan dengan jumlah yang tidak sedikit pula. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Inilah 10 Pekerjaan Untuk Mendapat Penghasilan Tambahan
Author
Description
Inilah pekerjaan di waktu luang yang bisa menambah penghasilan Anda.



  • Elfrida Fernanda

    HAI…

    Perkenalkan,
    saya Elfrida ASSOCIATE AZARIA dari AZARIA AMAZING STORE…

    Sudah
    kenal AZARIA belum?

    AZARIA
    adalah Perusahaan Penjualan Langsung yang memiliki produk perawatan tubuh.

    Produknya
    kelas Premium, dipakai dari mahasiswa sampai dengan kalangan artis, seperti
    Nabila Syakieb, Ola Ramlan, Mama Raffi Ahmad, Zazkia Gotik dll.

    Berkantor
    di Surabaya dan memiliki pabrik di Sidoarjo, AZARIA hingga kini semakin dikenal
    di dunia BISNIS.

    Mengapa
    di dunia BISNIS?

    Karena
    kami para ASSOCIATE AZARIA sebagai member dan aset perusahaan berusaha
    memperkenalkan produk – produk AZARIA ini kepada masyarakat Indonesia dengan
    cara NETWORK MARKETING.

    Apakah
    BISNIS AZARIA seperti kebanyakan? Menggunakan system MLM?

    TIDAK dan
    BUKAN sama sekali, kami mempopulerkan dan mempatenkan system kami sendiri yang
    dikenal dengan Q-MARKETING. Apa itu Q-MARKETING???

    Q-MARKETING
    adalah system yang dipatenkan PT. UNIONFAM AZARIA BERJAYA dan tercatat sebagai
    Hak Kekayaan Intelektual dimana pada perhitungannya memberi keuntungan tak
    terhingga kepada member – member AZARIA yang mempromosikan produk AZARIA ini.

    Bonus
    yang diberikan AZARIA kepada ASSOCIATE AZARIA / MEMBER adalah Rp. 1.000.000,-
    (satu juta rupiah) setiap penjualan / perekrutan member (associate) yang JOIN
    yang disponsori oleh ASSOCIATE tersebut setelah melalui tahap QUALIFIED.

    System
    pembagian AFFILIATE FEE / BONUS AFFILIATE sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta
    rupiah) tersebut adalah seperti ini:

    Jika anda
    mengajak A, status anda QUALIFIED (baru dianggap layak untuk mendapatkan BONUS)

    Anda
    mengajak B, anda mendapat 1JT

    Anda
    mengajak C, anda mendapat 1JT

    Anda
    mengajak D, anda mendapat 1JT begitu seterusnya sampai anda terkagum – kagum
    dengan system BISNIS AZARIA ini…

    tidak
    hanya berhenti di situ

    Saat B
    mengajak B1, anda mendapat 1JT

    Saat B1
    mengajak B1.1 anda mendapat 1JT

    canggih
    bukan? bayangkan apabila itu pula terjadi pada C, D, E dst…

    Hanya
    dengan modal Rp. 1.400.000,- (satu juta empat ratus ribu rupiah) anda sudah
    dapat berBISNIS dengan AZARIA…
    (TRANSFERNYA KE PERUSAHAANNYA YA…BUKAN KE SAYA, UPLINE ATAU SPONSOR MANAPUN!)

    Anda juga
    mendapatkan paket produk yang harganya setara dengan harga JOIN ASSOCIATE
    AZARIA ini.

    1.
    MEVROUW BODY WASH

    2.
    MEVROUW BODY LOTION

    3.
    MEVROUW WHITENING SERUM

    Dapat
    cerah kulit anda, dapat juga cerah masa depan anda!!

    Jangan
    tunggu lagi!

    SEGERA
    BERGABUNG BERSAMA KAMI

    SUKSESKAN
    BISNIS DALAM NEGERI

    SUKSES
    BERSAMA AZARIA – myazaria.com

    HUBUNGI
    SAYA ASSOCIATE AZARIA

    TEAM HOKI
    – ELFRIDA SEJUTA HOKI

    WA:
    081289340562

    LINE:
    elfridafernandalyno

    BB: 7EB91384

    IG:
    elfridafernandalyno

    KODE
    SPONSOR : ELFRID15M2147

    SALAM
    SEJUTA BERKALI – KALI

    MARI
    SUKSES BERSAMA AZARIA!

  • Lilin

    Masih pelajar? Pengen punya penghasilan sendiri? Pengen beli sesuatu tapi ga punya uang? Join reseller kita aja, kamu bisa buat uang 100k jadi berjuta juta. Kerjaannya cuma duduk2 sama copas link, ga usah capek2, minat? Add @own0152y

  • AyoMapan Admin

    Beberapa cara di atas memang bisa menghasilkan pemasukan tambahan. dan bahkan jika ditekuni, bisa jadi anda mendapatkan penghasilan tambahan yg jumlahnya melebihi penghasilan utama anda. sebagai tambahan, silakan baca Cara Meningkatkan Penghasilan Dalam Sekejap -> http://ayomapan.blogspot.co.id/2016/02/cara-mudah-meningkatkan-penghasilan.html

  • PP2

    Gabung yuk,Bisa ngumpulin Dollar sebanyak-banyaknya….
    oya,utuk daftar harus ada akun Paypal atau Skrill untu nampung Dollarmu….
    klik link ini ya…http://csl.ink/1UNk