Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis teknologi

Ini Dia Fitur Terbaru Google Android Lollipop 5.1


Google kembali menyempurnakan android versi terbarunya dengan meluncurkan versi lollipop 5.1 untuk mengurangi bugs dan menambah fitur terbaru.

Sekarang pengguna Android di dunia ada sekitar 70 persen dari total 1.4 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia. Android pun mengalahkan iOS dan Windows Phone secara telak. Dengan pengguna sebesar itu, tentu Google sebagai developer tidak akan pernah berhenti berinovasi. Pada tanggal 9 Maret 2015 kemarin, Google secara resmi mengeluarkan Android Lollipop 5.1.

Sebenarnya Android Lollipop sendiri sudah lama keluar, tetapi karena banyak sekali bugs atau kelemahan, akhirnya Google merilis versi terbaru dari Android Lollipop. Android Lollipop 5.0 secara resmi diluncurkan pada bulan Maret 2014 tahun lalu di acara Google I/O. Tetapi hanya beberapa device saja yang bisa disupport oleh Android Lollipop.

 

Apa saja yang baru di Android Lollipop 5.1

Supaya tidak kaget, kami akan memberi tahu tentang perubahan yang ada di Android Lollipop 5.0 dari sistem operasi sebelumnya yaitu Android 4 KitKat. Pertama tampilan home, Anda akan melihat sesuatu yang berbeda dari tampilan Android Lollipop. Tombol home, back dan option mempunyai logo yang berbeda. Begitu juga dengan tampilan scrolling atas notifications.

Setelah diluncurkan dan dicoba di beberapa device, ternyata banyak sekali bug. Tetapi pada Desember 2014 kemarin, Google sudah memperbaikinya dengan meluncurkan Lollipop 5.0.1. Tetapi Google tidak berhenti sampai disitu, Lollipop 5.1 hadir dengan fitur-fitur baru. Seperti Anda sekarang tidak perlu lagi memilih profile Wi-Fi atau Bluetooth di setting, Anda dapat memilih profile Wi-Fi atau Bluetooth di arena down arrow.

Lalu di area down arrow ini, Anda akan melihat priority mode, disitu Anda  bisa mengatur apa saja notifications yang perlu ditampilkan. Jika priority high, maka Anda akan melihat semua notifications. Begitu juga sebaliknya, jika priority none maka Anda akan tidak melihat notifikasi macam GPS, volume sampai notifikasi pun tidak akan kelihatan.

Selain itu, hal lain yang menonjol dari perubahannya adalah Anda bisa menghilangkan notifikasi yang sedang muncul dengan cara menswipe keatas. Notifikasi tersebut akan tetap ada walaupun Anda sudah menghilangkan dengan cara menswipe keatas. Fitur ini hampir sama dengan yang ada di iOS.

 

Android One pertama kali yang merasakannya

Bersyukurlah orang Indonesia sudah banyak yang memakai Android One, karena Android Lollipop 5.1 akan keluar pertama pada gadget tersebut. Android One memang dibuat Google untuk pasar smartphone dengan harga yang lebih murah. Android One pertama kali muncul pada akhir tahun lalu di Asia yakni Filipina, Indonesia dan India. Beberapa smartphone yang bekerja sama dengan Google untuk meluncurkan Android One adalah Nexus, Mito, Evercross dan Cherry.

Android-Nexus

Bagaimana, kalian sudah update smartphone ke Lollipop 5.1? Silakan tulis komentar Anda melalui kolom dibawah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Karlis]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Belajar Dari Orang Terkaya di Tiongkok Jack Ma

Tips Menjalankan Bisnis Dengan Teman

Wakaliwood: Dari Uganda Ajarkan Kita Untuk Berani Bermimpi

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Ini Dia Fitur Terbaru Google Android Lollipop 5.1
Author
Description
Google kembali menyempurnakan android versi terbarunya dengan meluncurkan versi lollipop 5.1 untuk mengurangi bugs dan menambah fitur terbaru.