Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Enam Cara Ampuh Menjadi Bintang Saat Meeting


Menjadi bintang saat mengikuti meeting bukanlah hal yang mudah, simak tipsnya berikut ini.

Sebagai seorang karyawan tentunya Anda berada di situasi dimana perusahaan mengharuskan Anda ikut dalam suatu rapat untuk menentukan langkah atau arah kebijakan yang akan diambil demi kemajuan perusahaan. Pada saat rapat tersebut, Anda akan bertemu dengan rekan-rekan kerja dari berbagai macam divisi dimana sebelumnya tidak pernah bertemu satu sama lain. Namun, tidak sedikit dari Anda yang justru memasuki ruang rapat tanpa ada persiapan sama sekali. Padahal, perusahaan tempat Anda bekerja membutuhkan ide-ide segar ataupun ide kreatif dari karyawannya sebagai salah satu kebijakan dalam mengambil suatu keputusan.

Oleh karena itu, sebelum memasuki ruang rapat, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan terlebih dahulu materi yang akan dipresentasikan. Anda tentunya ingin menjadi seorang bintang dalam meeting yang digelar oleh perusahaan sehingga bisa melahirkan suatu kebijakan yang bisa meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa tampil sebagai seorang karyawan profesional dihadapan para petinggi perusahaan ataupun kolega yang lainnya.

 

Buatlah sebuah komparasi dari sebuah data milik Anda

Anda bisa tampil sebagai seorang karyawan yang memiliki wawasan luas dengan sering mengajukan pendapat. Walaupun sedang tidak memiliki ide, Anda pun bisa menanggapi sebuah ide yang disampaikan oleh rekan kerja atau peserta meeting lainnya. Tapi ingat, pendapat Anda sebaiknya dilakukan dengan membuat sebuah komparasi atau perbandingan. Maksudnya, jika ada peserta rapat yang menyebut bahwa keuntungan perusahaan saat ini mencapai 30% maka Anda bisa menambahkan dengan sepuluh dari produk yang dijual tiga diantaranya adalah yang paling laku dijual. Hal itu menunjukkan bahwa Anda memang memiliki pengetahuan yang baik mengenai kondisi perusahaan.

 

Buatlah sebuah diagram

Saat Anda ditunjuk untuk mempresentasikan hasil temuan terkait perjalanan bisnis perusahaan, maka sebaiknya persiapkan diri Anda sebaik mungkin. Jangan sampai Anda hanya mempresentasikan capaian perusahaan melalui perkataan semata. Artinya, tunjukkan hasil temuan Anda tersebut dengan membuat sebuah diagram agar peserta meeting paham dengan apa yang sedang diutarakan dan tentunya terlihat lebih menarik. Jika memang ada sebuah perbedaan dalam penjualan produk, maka sebuah diagram akan mampu menjelaskan kepada peserta meeting kondisi penjualan produk perusahaan.

 

Catat setiap poin penting saat mengikuti meeting

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa diam itu emas. Walaupun Anda tidak tampak begitu aktif dalam sebuah meeting, pastikan bahwa Anda tidak melewatkan satu hal penting yang disampaikan saat meeting. Artinya, Anda bisa mendengar dengan seksama apa yang disampaikan lalu mencatat setiap poin penting. Keuntungannya adalah Anda mempunyai sebuah catatan dimana bisa menjadi pengingat saat rekan kerja

Anda terlupa dengan setiap hasil rapat yang telah disepakati. Dengan begitu, Anda semacam memiliki reminder dan fokus saat melangkah keluar dari ruang rapat untuk mewujudkan kebijakan-kebijakan yang ditentukan saat meeting.

 

Jangan terjebak pada debat yang tidak menguntungkan

Dalam setiap meeting, biasanya akan terjadi sebuah debat antar satu rekan kerja dengan yang lainnya. Bahkan, tidak jarang perdebatan tersebut pun justru melenceng jauh dari pembahasan yang seharusnya dilakukan. Disaat kondisi tersebut terjadi maka upayakan agar peserta meeting bisa lebih tenang dan rileks dalam menyampaikan setiap pendapatnya. Pasalnya, dengan lebih rileks maka setiap permasalahan yang didebatkan pun akan menemukan jalan keluarnya. Jika berhasil menghentikan perdebatan yang terjadi maka bukan tidak mungkin Anda juga dianggap sebagai seorang ‘pahlawan’.

 

Ajaklah peserta meeting bercanda untuk meredakan ketegangan

Dalam sebuah meeting yang terjadi dalam situasi yang ‘panas’ maka diperlukan sosok orang yang bisa mencairkan suasana. Oleh karena itu, pada saat hal tersebut terjadi maka tepat waktunya bagi Anda untuk mengeluarkan jokes segar yang bisa membuat semua orang tertawa. Sekalipun dalam situasi serius, harus ada sosok orang yang memiliki sense of humor untuk bisa meredakan suasana. Namun perlu diingat, walaupun dikenal sebagai seorang yang humoris, Anda tetap harus dapat fokus dan memahami dengan baik setiap materi yang disampaikan saat meeting.

 

Jangan pernah lupakan materi yang sudah disampaikan sebelumnya

Pada saat-saat last minute biasanya banyak peserta meeting yang mulai tidak fokus dengan apa yang sudah disampaikan. Untuk kembali meyakinkan bahwa peserta meeting paham dengan apa yang sudah dibahas maka diperlukan untuk mengulang kembali materi yag sebelumnya sudah disampaikan. Paling tidak, Anda bisa meminta tolong kepada moderator meeting untuk kembali menyampaikan poin-poin meeting apa yang sudah disampaikan selama meeting berlangsung. Tapi, hal ini harus dilakukan serius dan tidak hanya berpura-pura semata sehingga Anda tidak akan nampak bodoh dihadapan peserta meeting lainnya.

meeting

Begitulah sekiranya yang bisa Anda lakukan jika akan terlibat dalam sebuah meeting perusahaan. Anda bisa menjadi orang yang dikagumi dengan menyampaikan pendapat dan bersikap layaknya seorang karyawan profesional. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

10 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Raja Chatting Jadi Orang Terkaya Ketiga di Tiongkok

Inilah Orang-Orang Super Kaya Berkat Video Game

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Enam Cara Ampuh Menjadi Bintang Saat Meeting
Author
Description
Menjadi bintang saat mengikuti meeting bukanlah hal yang mudah, simak tipsnya berikut ini.