Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Dinasti Keluarga Pemilik Fiat, Ferrari, dan Klub Bola Juventus


Anda sebagai pecinta klub sepak bola Juventus, tentu saja mengenal keluarga Agnelli sebagai sang pemilik.

Bagi penggemar atau pecinta sepakbola, nama Agnelli tidak akan terdengar asing bagi Anda. Benar, Andrea Agnelli adalah pemilik sekaligus presiden dari klub sepakbola Italia, Juventus FC. Sebenarnya, keluarga Agnelli ini bukan besar karena Juventus, tetapi dinasti keluarga Agnelli adalah pemilik turun temurun perusahaan pabrik mobil terbesar di Italia, yaitu Fiat. Mungkin agak bingung, mobil Fiat itu mobil apa? Jika Anda pernah mendengar nama mobil Ferrari, Alfa Romeo, Masserati dan Jeep mungkin kalian langsung sadar. Ya, kesemua mobil berharga miliaran rupiah tersebut adalah produksi dari FCA, Fiat Chrysler Automobiles.

Keluarga Agnelli ini adalah termasuk dalam daftar orang terkaya di Italia nomor 3 dengan kekayaan 13.5 miliar dolar atau setara 130 triliun rupiah. Walupun begitu, keluarga pemilik mobil-mobil mahal dunia ini tidak masuk posisi teratas orang terkaya di Italia.

 

Dinasti Agnelli

Jika Anda mencari “Agnelli Family” di search engine, Anda akan dibawa kepada sebuah dinasti keluarga yang sangat besar dan turun temurun. Dimulai dari Edoardo Agnelli sang Agnelli pertama sampai Andrea Agnelli sebagai pemilik Juventus. Cerita keluarga Agnelli ini bermula dari Edoardo Agnelli, sang pemuncak dinasti Agnelli. Edoardo adalah Walikota didaerah kecil Italia yaitu Villar Perosa. Sama seperti walikota kebanyakan, keuangannya pun berkecukupan.

Tetapi sayang, Edoardo meninggal di usia 40 tahun, ketika sang putra yaitu Giovanni Agnelli berusia 5 tahun. Ternyata Giovanni ini melanjutkan titah ayahnya yaitu menjadi walikota. Ketika menjadi walikota itulah, Giovanni melihat kesempatan ketika inovasi transportasi mulai masuk ke Italia.

 

Melihat potensi transportasi baru di Italia, otomotif

Jiwa entrepreneur Giovanni muncul ketika melihat mesin mobil diciptakan di dunia. Pasalnya, selama ini transportasi di Italia masih menggunakan kuda atau transportasi tradisional lainnya. Kemudian dia bersama teman-temannya membuat Fabrrica Italiana di Automobili Torino atau yang disingkat FIAT. Pada tahun 1899, Giovanni menyumbang sekitar 400 dolar untuk membuka perusahaan pertamanya tersebut. Pabrik mobil Fiat pertama dibuat pada tahun 1900 dengan karyawan hanya 35 dan berhasil membuat 24 mobil. Karena inovasi dari para pegawainya, Fiat berhasil membuat 135 mobil pada tahun 1903 dan 1150 mobil 3 tahun kemudian. Dari situlah Fiat berkembang menjadi salah satu pabrik mobil terbesar di dunia.

klub-juventus

Bagaimana dengan generasi sekarang?

Jika berbicara bagaimana dengan generasi Agnelli sekarang, pasti tidak lepas dari Andrea Agnelli. Ya, nama Andrea Agnelli ini bisa dibilang sebagai salah satu board termuda dari Fiat. Tetapi, Andrea tidak begitu saja memasuki board Fiat. Setelah lulus kuliah dari kuliahnya, Andrea langsung bekerja sebagai marketing dan pengembangan desain dari Ferrari di Swiss. Baru pada tahun 2010, Andrea menggebrak dunia, bukan dengan Fiat-nya, tetapi ketika menjadi presiden dari Juventus. Keperkasaan Agnelli terlihat ketika pada tahun 2011, setelah mengangkat Antonio Conte sebagai pelatih, Juventus juara liga Italia tanpa pernah terkalahkan. Itu adalah juara liga pertama dibawah Agnelli.

 

Itulah adalah sekelumit cerita tentang dinasti Agnelli. Mulai dari Giovanni yang membuat Fiat dan dilanjutkan oleh anak-anak Giovanni dan saudara-saudaranya. Kemudian Andrea Agnelli yang sekarang juga masih berperan di jajaran board di Fiat dan juga menjadi presiden klub sepakbola Juventus. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur. [Photo Credit: Nazionale]

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Dinasti Keluarga Pemilik Fiat, Ferrari, dan Klub Bola Juventus
Author
Description
Anda sebagai pecinta klub sepak bola juventus, tentu saja mengenal keluarga Agnelli sebagai sang pemilik.