Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Uncategorized

Dasar-Dasar Rahasia Bisnis yang Harus Anda Ketahui


Semuanya Tahu, Namun Terkadang Tidak Melakukannya.

Tidak ada trik sulap dalam berbisnis. Rahasia yang perlu semua Entrepreneur tahu adalah tidak ada roda kesuksesan yang bisa dibeli, semuanya diciptakan dan dibangun dengan kerja keras sendiri. Sebagian besar Entrepreneur muda hanya berani memulai bisnis yang 98% sudah mereka yakini tidak akan membawa masalah dan hanya fokus mengatasi 2% kemungkinan masalah yang akan timbul.

Berikut adalah beberapa rahasia yang harus Anda tahu sebelum menjadi Entrepreneur :

 

Website. Bisnis apapun kini menjadikan website sebagai hal yang wajib dimiliki, termasuk para pebisnis baru. Website keren yang sebagian dari mereka tidak menyangka akan menghabiskan cukup banyak uang dan waktu. Demi mendapatkan website yang keren ini, kadang Entrepreneur malah menjadikannya sebagai ajang pamer dibandingkan promo produk. Hingga pada akhirnya, jika website yang keren itu sudah jadi, mereka keburu kewalahan untuk mempromosikan website dibandingkan produknya. Padahal, menggunakan fanpage facebook atau wordpress bahkan akun twitter dan Instagram jauh lebih bijak karena tidak menghabiskan banyak waktu maupun uang. Cara untuk mempromosikannya juga lebih mudah dan sangat cepat berkembang.

 dasar-berbisnis

Uang. Tujuan dari berbisnis adalah mendapatkan uang. Sayang, Entrepreneur muda sering terjebak untuk menaikkan harga barangnya setinggi mungkin agar mendapat keuntungan lebih banyak lagi. Daripada sibuk menaikan harga, terkadang Entrepreneur lupa untuk meningkatkan kualitas produk dan berinovasi.

 

Produk. Ketakutan akan menciptakan produk yang tidak diminati pasar adalah salah satu ketakutan terbesar Entrepreneur. Padahal caranya cukup sederhana, cukup jual dulu ide atau prototypenya. Jika reaksi yang diberikan pembeli dinilai positif, baru Anda dapat mengembangkannya menjadi produk khusus atau rare item. Jika rare item itu berkembang menjadi kesukaan publik, barulah Anda dapat memproduksinya sebagai favorit item dengan kuantitas lebih banyak lagi.

 

Hadiah. Tidak ada salahnya memberikan hadiah atau servis khusus kepada pelaggan setia Anda sebagai Entrepreneur muda. Memberikan satu bentu apresiasi bisa menjaga kesetiaan kostumer dimana kesetiaan adalah bentuk investasi terbesar yang bisa Anda dapat dari pelanggan.

 

Fokus. Percaya dirilah dengan produk Anda, pelanggan Anda, dan diri Anda sendiri. Jangan lengah dengan segala pencapaian maupun kegagalan yang ada. Tetap mengira-ira, memrediksi, mencoba dan menganalisa.

 

Rahasia terakhir yang perlu dimiliki adalah fokus pada nilai produk Anda. Daripada menghabiskan waktu dan tenaga mencari sesuatu yang akan dibeli pelanggan, Anda akan belajar jauh lebih banyak dari produk yang Anda yakini untuk mendapat kesuksesan. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Jonny]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inspiratif: Dari Bersahabat, Geng Mahasiswa Ini Membangun Bisnis Tas yang Sukses

Pahlawan Industri Batik Indonesia

Ternyata, Majalah Playboy Dibangun Dari Awal yang Sederhana (dan Andapun Bisa)

Synthia Santoso

Synthia Santoso adalah Creative Mistress di Studentpreneur. Pemenang lomba menulis level nasional dan pecinta produk-produk kreatif.

Facebook Twitter