Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

10 Tips Ekspansi Bisnis Anda ke Kota Baru


Bisnis Anda sudah sukses di kota asal Anda. Boleh saja Anda terus membesarkan bisnis Anda agar menguasai pasar di kota Anda yang sekarang. Atau Anda bisa juga memperluas pasar Anda dengan membuka gerai di kota lain. Sayangnya, membuka gerai baru tidak sekedar membuka gerai. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan di awal-awal untuk menjamin bahwa ekspansi Anda di kota baru bisa sukses. Berikut 10 di antaranya:

 

1. Menguasai media lokal.

Jangan remehkan kekuatan dari pemberitaan sebuah media lokal. Pasalnya, dia mampu meningkatkan kredibilitas Anda dengan cepat, apalagi di kota baru. Makanya, CEO sebuah perusahaan besar cenderung membuat atau mengakuisisi sebuah media untuk mereka sendiri. Anda tentu saja tidak perlu sampai di skala ini. Seorang Public Relations sudah cukup untuk mendatangkan pemberitaan bagi Anda. Menyewa seorang Public Relations yang profesional akan mendatangkan pemberitaan gratis di TV lokal, surat kabar atau radio.

Manchester

2. Periksa legalitas bisnis Anda.

Anda dapat berbincang-bincang dengan pengacara untuk memastikan apakah Anda perlu legalitas tambahan ketika berbisnis di kota baru. Karena beberapa kota di Indonesia mengharuskan agar perusahaan terdaftar dulu ketika ingin benar-benar berbisnis dalam yurisdiksi mereka.

 

3. Tambahkan pegawai lokal ke dalam tim Anda.

Anda perlu seorang penduduk asli yang tahu betul mengenai seluk beluk daerah dan budaya dari kota tersebut. Sebab, jalan setiap kota berbeda-beda. Begitu pula dengan budaya mereka. Anda harus bisa beradaptasi. Pegawai lokal bisa banyak membantu Anda.

 

4. Riset wilayah.

Anda perlu melakukan riset pasar di wilayah tersebut. Cari tahu jenis konsumen yang akan Anda hadapi, kebiasaan membeli mereka, dan strategi apa yang benar-benar akan bekerja bagi Marketing / Advertising / Public Relations Anda.

 

5. Ciptakan strategi lokal.

Jika Anda punya klien atau mengenal sekelompok market di daerah tersebut, maka bawa mereka berkeliling kantor baru Anda untuk menunjukkan dengan siapa mereka berinteraksi.

 

6. Influencer adalah teman terbaik Anda.

Influencer adalah mereka-mereka yang dikenal betul oleh lingkungan dan setiap opini mereka mampu mempengaruhi orang lain. Influencer mampu membuat bisnis Anda sukses atau hancur tergantung dari bagaimana Anda memperlakukan mereka. Apalagi di kota baru.

 

7. Gabung komunitas.

Menurut saya, mailing list terbaik bagi para pendiri startup di Indonesia adalah StartupLokal. Anda dapat menemukan selengkapnya mengenai komunitas ini di halaman web mereka: startuplokal.org. Dengan bergabung di komunitas seperti ini, Anda akan terhubung dengan pemilik-pemilik startup lain, berbagi saran, menghadiri meetup, dan tidak menutup kemungkinan, Anda akan bertemu mentor atau partner bisnis potensial Anda dari sini.

 

8. Membangun personal branding Anda.

Sebagai seorang pemimpin, Anda perlu membangun merek pribadi sebelum menjalankan bisnis di kota baru. Strategi ini akan memnbuat bisnis Anda bisa jalan lebih mudah di kota baru. Sebab, Anda sudah lebih dulu dikenal oleh relasi, mitra, dan klien di kota baru Anda.

 

9. Berbicara di event-event lokal.

Kaitannya dengan personal branding di daerah baru, mulailah berburu kesempatan-kesempatan dimana Anda dapat berkontribusi sebagai narasumber. Anda akan lebih mudah mengenalkan produk atau layanan Anda kepada pelanggan.

 

10. Tetap menjaga fokus tanpa kompromi.

Berpeganglah pada inti bisnis Anda. Karena seringkali brand justru mengubah dasar perusahaan mereka demi menyesuaikan diri dengan pasar yang baru. Padahal Anda butuh konsistensi. Market Anda di kota baru harus melihat Anda sebagai brand yang sesuai dengan apa yang mereka antisipasi sebelum kedatangan Anda.

Anda siap untuk ekspansi ke kota yang baru? Mari bagikan keraguan-keraguan hingga optimisme Anda di kolom komentar. Kita jadikan studi kasus bersama šŸ™‚Ā Jangan lupa ikutiĀ facebookĀ danĀ TwitterĀ kami ya! [Photo Credit: Stacey Kavanagh]

 

Baca Juga:

6 Anak Muda Ajaib di Dunia Bisnis

Tips Menjalankan Bisnis Keluarga

5 Tren Terbaru Social Media Untuk Bisnis

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+