Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

YouTube-nya Tiongkok Dikunjungi 900 juta Orang Tiap Hari


Kemarin, Youku online video streaming asal Tiongkok merilis statistik jumlah visitornya. Dan pada statistik tersebut disebutkan ada 900 juta visitor mengunjungi Youku setiap harinya. Youku pun ditahbiskan sebagai online video streaming nomor satu di Tiongkok.

Youku sendiri didirikan pada tahun 2006 oleh Victor Koo. Victor adalah pendiri dari Sohu, sebuah portal internet besar di Tiongkok. Waktu itu Victor ingin membuat sesuatu yang berbeda di Tiongkok, dan akhirnya membuat online video streaming. Pada saat dibuka pada tahun 2006, Youku tidak sendirian, ada kompetitor lain yaitu Tudoi.

Tetapi pada tahun 2010, Youku memenangkan pertempuran online video streaming. Itu dikarenakan Victor Koo sangat pintar dalam pemasaran. Pada saat itu, Victor Koo mendapatkan pendanaan sekitar 25 juta dolar dan pada tahun 2008 Youku bekerja sama dengan MySpace. Setelah itu, Victor mendapatkan pendanaan dari beberapa sektor di Tiongkok.

 

Merger dengan Tudou

Youku dan Tudou merupakan saingan yang seru. Mereka berlomba untuk menguasai pasar video streaming di Tiongkok. Tetapi, Victor Koo selalu menemukan fitur-fitur yang lebih baik dari Tudou. Setelah berkali-kali mendapatkan funding, akhirnya Victor Koo ingin melakukan merger dengan Tudou.

Pada Maret 2012 kemarin, akhirnya Youku mengumumkan telah merger. Merger ini merupakan salah satu win-win solution untuk mereka. Karena Youku dan Tudou merupakan peringkat pertama dan kedua online video streaming di Tiongkok. Setelah merger dengan nama Youku Tudou Inc. akrhinya Youku pun menjadi online video streaming nomor 1 di Tiongkok. Tetapi perlu diketahui, YouTube itu tidak ada di Tiongkok. Karena sudah mulai awal, pemerintah Tiongkok melarang YouTube untuk hadir di Tiongkok.

youku

Pada artikel yang dirilis oleh TechInAsia, Youku juga sudah merilis keuntungan pada tahun 2014. Keuntungan yang didapat Youku pada Q4 mencapai 177 juta dolar, naik sebesar 37%. Karena kenaikkan dari traffic  dan keuntungan tersebut, Youku pada awal 2014 kemarin mendapatkan pendanaan sebesar 1.2 miliar dolar dari Alibaba. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Jimi]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tips Membangun Bisnis Keluarga Ala Raja Pizza Kanada

Bermodal 10 Juta Rupiah, Pria Ini Jadi Milliarder di Tiongkok

Cara Membangun Koneksi Untuk Bisnis Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
YouTube-nya Tiongkok Dikunjungi 900 juta Orang Tiap Hari
Author
Description
Karena YouTube dilarang beredar di Tiongkok, YouTube-nya Tiongkok ini sukses besar