Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

11 Usaha Untuk Pemula yang Bisa Langsung Kamu Coba!


Di tengah fenomena jumlah penduduk yang kian padat namun tidak diimbangi oleh jumlah lapangan pekerjaan yang memadai, kita sebagai generasi muda harus lebih kreatif dalam mendapatkan pekerjaan. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan membuka usaha baru. Usaha baru ini selain mampu menyediakan lapangan pekerjaan untuk diri sendiri, juga berkesempatan untuk memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Berikut contoh usaha untuk pemula yang bisa kamu coba Sobat Studentpreneur.

 

Kafe

Usaha untuk pemula yang satu ini membutuhkan modal yang sedikit lebih banyak dibanding warung kopi tapi tentu saja tempatnya lebih oke. Ketika membuka kafe, lebih baik kamu mencari area yang dekat dengan kampus atau sekolah. harga yang kamu tawarkan juga harus disesuaikan dengan kemampuan para target konsumenmu. Pada umumnya, mereka yang suka nongkrong adalah mahasiswa dan siswa SMA. Jadi akan lebih baik jika membuka usaha kafe yang murah meriah. Pikirkan konsep yang tidak biasa untuk kafemu sehingga mampu membuatmu unggul dari para pesaing lainnya.

 

Konter Pulsa

Membuka konter pulsa adalah salah satu usaha yang cocok untuk pemula. Saat ini, orang semakin banyak yang memerlukan kuota internet. Membuka konter pulsa yag menyediakan semua pilihan paket kuota akan membuat usahamu ini laris didatangi banyak pembeli. Carilah agen yang murah sehingga kamu pun juga bisa menjualnya dengan harga yang lebih murah daripada pesaingmu. Selain itu, kamu juga bisa menjual model smartphone ataupun aksesori lain yang mendukung. Semakin lengkap konter pulsamu maka akan semakin besar peluangmu untuk mendapatkan omzet yang lebih besar.

 

Bisnis Makanan Ringan

Kue kering bisa sangat laku dijual. Source: Pixabay

Ini adalah usaha yang bagus untuk pemula, terutama bagi kamu yang suka bereksperimen membuat camilan. Kemas camilanmu dalam wadah yang menarik lalu perkenalkan secara online melalui Instagram ataupun Facebook. Jika pembelimu puas, ia akan menyebarkannya dari mulut ke mulut dan ini pun bisa menjadi lahan marketing yang luas. Sebelum itu, kamu juga harus melakukan riset mengenai harga pasaran yang cocok dan apa keuntungan yang bisa diberikan dari produkmu tersebut yang tidak bisa diberikan oleh para pesaing lainnya, misalnya varian rasa.

 

Dropshiper

Ingin memasarkan produk fashion namun tidak memiliki tempat yang cukup untuk membuka gerai atau butik? Dropshiper adalah usaha yang cocok untuk pemula seperti ini. Kamu hanya perlu memesan barang ke tengkulak jika ada pembeli yang memesan dan mengirimkannya ke pembeli. mudah dan tidak memakan tempat. Tentu saja kamu harus lebih gencar memasang promosi di media sosial.

 

Aneka Minuman Dingin

Di cuaca yang panas seperti sekarang ini, menjual aneka minuman dingin bisa menjadi usaha yang bagus untuk pemula. Untuk membedakanmu dari penjual minuman dingin pada umumnya, lakukan inovasi baru seperti mencampurkan bahan-bahan yang sedikit lebih mahal seperti yogurt, susu, green tea, atau choco jelly yang kenyal. Semakin banyak varian yang kamu sediakan maka semakin bebas pembeli memilih. Sewalah tempat di pinggir jalan yang banyak orang lalu lalang.

 

Fotokopi dan Alat Tulis

Usaha untuk pemula yang berikutnya adalah membuka usaha fotokopi dan alat tulis. Usaha ini cocok untuk kamu yang berdomisili di area sekitar kampus. Mahasiswa pasti memerlukan yang namanya fotokopi jadi tak perlu takut akan sepi pengunjung. Berikan kualitas yang maksimal namun tetap dengan harga yang bersaing. Belilah mesin fotokopi yang berkualitas tinggi agar tidak mudah rusak. Usaha ini cocok dilakukan oleh siapa pun termasuk pemula karena kamu tidak memerlukan skill khusus, hanya ketangkasan dan kecepatan.

 

Penulis

Usaha ini bahkan bisa dilakukan di rumah untuk kamu yang memang hobi menulis. Promosikan dirimu secara online dengan profil dan portofolio yang meyakinkan. Untuk pemula, memang akan sedikit susah karena kamu harus mencari pelanggan baru mulai dari nol. Untuk itu, tidak perlu memasang harga yang tinggi walaupun tulisanmu bagus. Tujuan utama adalah untuk menggaet kustomer sebanyak mungkin. Selain menulis, kalau kamu punya keahlian bahasa asing, bisa juga menawarkan jasa penerjemah atau editor.

 

Aksesoris Trendi

Buatlah aksesori yang tak biasa yang bisa digunakan oleh orang untuk menyempurnakan padu padan baju mereka. Misalnya aksesori gelang, kalung, bandana yang menggunakan batu-batuan, bulu, pita, dan lainnya. Kamu bisa mengembangkan ide secara tak terbatas melalui kreasi aneka warna. Karena pada umumnya penggemar aksesori adalah wanita, maka pastikan kamu mendesain aksesorismu sesuai dengan selera mereka, ya!

 

Usaha Warung Kopi

Membuat warung kopi sangat ngetren sekarang. Source: Thods

Usaha untuk pemula pertama yang bisa kamu coba adalah membuka warung kopi. Untuk membuat usaha ini, kamu harus menyewa tempat yang cukup luas, atau jika rumahmu memiliki garasi yang tidak terpakai, boleh saja digunakan. Hal ini lebih akan lebih menghemat budget-mu. Tak hanya kopi, kamu juga bisa menjadi “penadah” untuk tetanggamu yang berjualan nasi atau makanan ringan. Jadi, kamu tak harus membuatnya sendiri. Pastikan tempatnya nyaman dan ada koneksi Wi-fi untuk membuat orang semakin berlama-lama di warungmu dan membeli aneka jajanan yang kamu jual.

 

Coworking Space

Kalau kamu punya sebuah properti yang belum digunakan, dirikan saja coworking space. Coworking space saat ini semakin marak dicari sebagai alternatif yang lebih murah ketika mencari tempat untuk bekerja yang kondusif. Sediakan beberapa jenis pilihan ruang dengan variasi fasilitas sehingga kustomer bisa memilih harga yang sesuai untuk mereka.

 

Agen JNE

Saat ini jumlah pedagang Online juga semakin banyak. Jasa pengiriman barang pun menjadi sesuatu yang amat dibutuhkan. Menjadi agen pengiriman barang juga bisa menjadi alternatif usaha untuk pemula yang bisa kamu pilih. Misalnya saja JNE. Kamu tinggal meminta persetujuan pada kantor pusat JNE dan harus memiliki tempat yang memadai. Jika pihak JNE menyetujui, kamu pun bisa menjadi salah satu agen JNE di tempatmu.

Banyak cara memulai usaha tanpa harus memerlukan modal yang besar. Jadi, usaha untuk pemula mana yang akan kamu coba? Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

Laporan Keuangan Untuk Pemula

Zodiak Yanuarita

Zozo pernah bekerja di berbagai startup Jepang sebelum akhirnya kini membantu startup lokal Indonesia.

Facebook 




  • https://www.munaji.com/ Munaji.Com

    JNE perhitungannya gimana yah