Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Usaha Dengan Modal Kecil Untuk Pemula


Terkadang, alasan utama seseorang untuk tidak memulai bisnis adalah tidak mempunyai modal awal yang cukup. Alasan ini dipegang teguh banyak orang, sehingga seakan-akan tanpa modal besar, kita tidak bisa mendirikan bisnis. Tim Studentpreneur tidak percaya terhadap hal tersebut. Kami sudah mengumpulkan beberapa ide usaha dengan modal kecil untuk pemula. Anda hanya butuh kerja keras, dan sangat sedikit modal, yang tentunya bisa Anda dapatkan dengan mudah.

 

Menjadi Reseller Produk Online

Bagi Anda yang minimal sudah mempunyai komputer dan koneksi internet, yang kami yakin Anda semua sudah (kalau tidak, bagaimana cara Anda bisa membaca artikel ini?), kami sangat menyarankan Anda untuk menjadi reseller salah satu produk online. Reseller, affiliate, atau terkadang juga disebut dropship adalah bisnis dimana Anda tidak perlu memproduksi barang. Anda hanya perlu mencari barang dari supplier yang tepat, lalu mempromosikannya melalui website dan jejaring sosial Anda. Bisnis ini juga bisa dibilang hampir tanpa resiko, karena sebelum ada pembelian dari pelanggan, kita tidak perlu keluar uang.

 

Membuka Tempat Les Privat

Masih ingat pelajaran sewaktu SMA? Atau Anda mempunyai kemampuan bahasa seperti bahasa Inggris, Jepang, atau Mandarin yang bagus? Cobalah membuka tempat les privat untuk anak-anak komplek sekitar Anda. Perlahan tapi pasti, apabila sudah mendapatkan lebih banyak murid yang bisa Anda tangani sendiri, ajak teman Anda yang mempunyai kemampuan sama untuk menjadi guru. Dengan cara ini, Jeffry, salah satu anak muda di Surabaya, mampu membuka les privat akuntansi Master Course dan menghasilkan puluhan juta rupiah per bulannya. Mulailah kecil-kecilan, tapi tekuni sampai besar.

 

Katering Rumahan Untuk Mahasiswa

Jago masak atau mempunyai orang tua yang jago masak? Mungkin membuka katering rumahan untuk mahasiswa bisa menjadi salah satu pilihan usaha dengan modal kecil. Coba foto masakan Anda lalu sebarkan di kalangan kos-kosan mahasiswa. Peluang katering rumahan apabila dikombinasikan dengan kemampuan teknologi yang bagus, bisa sangat menghasilkan. Tengok saja Berry Kitchen yang baru saja mengamankan investasi 500 juta dari venture capitalist GEPI dengan menjual online usaha katering rumahannya.

 

Mendirikan Studio Design Online

Terutama bagi Anda yang mencintai dunia design, lebih baik lagi apabila pernah mengecap pendidikan tentang design, membuka studio design online bisa menjadi salah satu alternatif ide bisnis sederhana untuk Anda eksekusi. Charles, salah satu anak muda anggota komunitas Studentpreneur, mampu membuktikan studio design online-nya digunakan oleh banyak klien luar negeri. Hasilnya luar biasa, Charles meraup puluhan juta rupiah per bulannya. Padahal, Charles bahkan awalnya tidak mempunyai komputer sendiri, memulainya dengan fasilitas kampusnya sendiri. Kini, dia sedang merekrut designer-designer berbakat lainnya untuk memperbesar studio design online Philos Studios miliknya.

 

Penitipan Hewan Peliharaan

Bayangkan apabila Anda harus pergi berlibur atau mendapatkan tugas dari kantor sehingga harus meninggalkan rumah selama beberapa hari. Bagaimana nasib hewan peliharaan Anda? Percayalah, banyak yang merasakan hal serupa, kawatir kalau ada sesuatu yang terjadi terhadap hewan peliharaannya. Kami percaya Anda pasti punya rumah, itu adalah satu-satunya modal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis penitipan hewan peliharaan. Selama Anda tidak ada alergi terhadap hewan tertentu, maka Anda punya peluang besar untuk bisa membuka bisnis sederhana ini.

 

Penitipan Anak

Punya tempat tinggal dekat perkantoran? Membuka penitipan anak bisa jadi merupakan usaha dengan modal kecil yang cocok untuk Anda. Modal yang dibutuhkan selain tempat tinggal Anda pribadi adalah mainan bekas yang bisa dengan mudah Anda dapatkan dari saudara-saudara yang sudah mempunyai anak. Anda hanya perlu ramah dan mencintai anak kecil untuk memulai bisnis ini. Di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, dimana ibu rumah tangga memilih untuk bekerja, maka permintaan terhadap tempat penitipan anak jadi semakin besar.

 

Menjadi Penulis Lepas

Suka menulis? Seorang penulis sukses seperti Raditya Dika dapat menghasilkan puluhan juta rupiah per bulannya. Meskipun Anda tidak merasa bisa menulis sebagus Dika, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi penulis lepas. Di berbagai website seperti freelancer.com, banyak sekali penulis lepas yang dibutuhkan. Tiap harinya, ada ribuan project bernilai mulai dari 300 ribu rupiah sampai jutaan rupiah yang membutuhkan penulis lepas. Prinsipnya sama dengan les privat tadi. Kalau Anda sudah kesulitan mengerjakan order sendiri, barulah Anda coba untuk mengangkat penulis lainnya dan perlahan membangun bisnis penulis lepas. Sebuah perusahaan di Surabaya, PMC, sempat menjadi perusahaan copywriting terbesar di Indonesia dengan penghasilan yang tidak kalah dengan perusahaan agency design ternama.

smamda in action

Berjualan Takjil di Bulan Puasa

Bulan puasa sudah semakin dekat. Selalu saja ada peluang bisnis sederhana yang bisa Anda manfaatkan di bulan puasa ini. Paling mudah, cobalah berjualan takjil di bulan puasa ini. Sebisa mungkin Anda mendapatkan lokasi yang dekat masjid atau taman. Lokasi adalah hal paling penting dalam bisnis ini. Apabila tidak bisa mendapatkan lokasi utama, cobalah kontak teman atau saudara Anda yang mempunyai rumah di pinggir jalan. Cobalah meminta izin untuk berjualan di depan rumahnya. Bagilah sedikit keuntungan untuk mereka yang sudah memberi Anda izin.

 

Tempat Penitipan HP atau Gadget Dekat Sekolah

Oke, mungkin ide ini terdengar sangat sederhana, tapi terbukti sukses besar di Amerika. Banyak sekolahan yang tidak mengizinkan muridnya membawa hp atau gadget. Padahal, murid tersebut membutuhkan gadgetnya untuk berkoordinasi dengan teman ataupun orang tuanya sepulang sekolah. Kondisi di Amerika dan Indonesia untuk hal ini hampir sama, banyak sekali sekolah yang mempunyai larangan serupa. Anda bisa menawarkan jasa serupa untuk anak-anak sekolahan elite di Indonesia.

 

Sobat Studentpreneur, adakah ide usaha dengan modal kecil lainnya yang Anda miliki? Cobalah berbagi di sini. Anda bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: @Ivokun]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Cara Entrepreneur Mendapatkan Dukungan Keluarga

Kisah Pak Tirto Merintis Aqua Diiringi Banyak Hinaan Masyarakat

Pendiri Facebook Sumbangkan 1,4 Trilliun Rupiah Untuk Pendidikan

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Usaha Dengan Modal Kecil Untuk Pemula
Author
Description
Bisnis-bisnis apa yang cocok untuk pemula yang tidak mempunyai modal besar? Tim Studentpreneur telah mengumpulkan berbagai usaha dengan modal kecil yang bisa Anda kerjakan dan eksekusi segera!



  • Indriana Igirisa

    bisnis

  • Rizal Aini

    terimakasih atas info yg sangat bermanfaat
    semoga sukses slalu
    mungkin bisa juga kasih tips gimana caranya mempertahankan usaha yg sudah dirintis agar tetap bisa eksis dan punya daya saing di dunia usaha