Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia

Ubah Dongeng Jadi Game, Pemuda Indonesia Ini Raup Untung Besar


Sekalipun lulus kuliah jurusan akuntansi, pria ini sukses menjadi pebisnis di bidang game yang berlatar belakang cerita dongeng.

Bagi anak-anak, dunia game adalah hal yang paling menyenangkan dibandingkan aktivitas lainnya. Seorang anak kecil tak akan pernah mengalami bosan saat dirinya memainkan sebuah game favoritnya. Bahkan, mereka sampai lupa untuk makan dan juga mandi selama seharian penuh. Oleh karena itu, dunia game pun memiliki pangsa pasar tersendiri dan cukup unik untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis hingga menghasilkan banyak uang.

Potensi yang dalam mengembangkan bisnis game tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh seorang Adhicipta R Wirawan yang merupakan seorang akuntan. Walaupun memiliki background pendidikan akuntansi, dirinya tidak mengalami kesulitan untuk bersaing dengan game developer yang sudah lebih dulu terjun kedalam dunia bisnis game. Sejumlah game buatannya pun sudah diunduh lebih dari ribuan pengguna di googgle play store. Dengan strategi bisnis yang tepat, Adhicipta mampu menghasilkan keuntungan besar dari setiap game yang diciptakannya. Berikut petikan wawancara Studentpreneur dengan Adhicipta R Wirawan selaku CEO Mechanimotion Studio.

 

Mas Adhicipta, sejak kapan sih tertarik dengan game dan kapan mendirikan mechanimotion yang bergerak di bidang bisnis game?

Saya sudah menyukai dengan permainan game player semenjak masih kecil. Hampir seharian penuh tak pernah lepas dari yang namanya game, kecuali pada saat sekolah. Jika waktu libur tiba, maka tiada hari tanpa bermain game. Oleh karena itu, game sudah menjadi passion saya dalam mendirikan sebuah bisnis. Jadi, mechanimotion ini hadir di bumi nusantara ini semenjak tahun 2012 yang lalu dan resmi secara badan hukum. Namun, jauh sebelum itu, saya sudah mulai terjun di dunia bisnis game. Salah satunya adalah mengikuti sebuah kompetisi game yang diselenggarakan oleh Telkom pada tahun 2011. Dari kegiatan tersebut akhirnya saya belajar banyak seputar dunia game dan bagaimana mengembangkannya untuk dunia bisnis.

 

Apa sebenarnya mechanimotion itu?

Mechanimotion adalah sebuah studio dimana saya bersama partner bisnis mencoba untuk membuat sebuah media aplikasi yang berbasis cerita dongeng dan salah satunya adalah melalui game. Kalau nama kerennya sih transmedia story telling. Jadi, banyak sekali game-game buatan mechanimotion yang berlatar belakang sebuah cerita dongeng. Bukan hanya cerita dongeng dalam negeri saja, tetapi kami juga berhasil membuat beberapa game yang berlatar belakang cerita dongeng dari luar negeri.

 

Jadi, game yang diciptakan mechanimotion juga mengandung unsur edukasi?

Benar sekali, tim mechanimotion selalu mencoba untuk memberikan sebuah edukasi dari sebuah game. Salah satunya adalah dengan mengangkat cerita sejarah ataupun kebudayaan dari sebuah game. Pasalnya, saya sendiri bisa mengetahui banyak hal seperti sejarah suatu negara atau cerita kebudayaan lokal dari sebuah game. Bahkan, saya secara tidak langsung juga belajar bahasa asing, khususnya bahasa Inggris juga melalui game. Jadi, bermain game tidak hanya mendapat unsur kesenangan atau fun semata tetapi bagaimana para pemain game juga bisa belajar hal.

 

Apa game andalan dari mechanimotion yang menjadi favorit pengguna?

Pada bulan Januari yang lalu, mechanimotion baru saja meluncurkan game mahabharat warriors. Game ini sangat menarik karena menghadirkan situasi perang bharata yudha yang terjadi selama delapan hari. Para pemain bisa mengatur tiap unit-unit perang untuk bertempur melawan pasukan musuh sesuai dengan kisah wayang Mahabharata yang sangat terkenal. Namun, pada 2014 yang lalu, saya dan tim mechanimotion juga berhasil meluncurkan sebuah game berjudul Naradja: Garuda Nest Rescue dan mampu dikembangkan menjadi sebuah buku novel. Aplikasi game tersebut juga sudah diunduh hingga delapan belas ribu pengguna melalui google play store. Selain itu, game ini juga mendapat review dari google serta direkomendasikan sebagai sebuah game untuk diunduh karena hanya memiliki kapasitas dibawah 25 MB. Semua keberhasilan ini merupakan bentuk kerja sama tim dan juga kedekatan dengan para pengguna sehingga mechanimotion selalu menghadirkan game terbaik.

 

Anda mengatakan ada unsur kedekatan pengguna, bisa diceritakan seperti apa?

Sebelum seperti sekarang, mechanimotion hanyalah sebuah tim startup dengan modal yang sangat kecil. Salah satu modal tanpa batas atau unlimited capital yang dimiliki oleh tim mechanimotion hanyalah passion. Bergerak dari passion inilah tim mechanimotion selalu bekerja keras untuk menghasilkan karya yang terbaik. Terkait dengan strategi bisnis dalam mempromosikan produk mechanimotion maka kami selalu melibatkan pengguna. Hal inilah yang menjadi senjata andalan tim riset mechanimotion sebelum meluncurkan setiap aplikasi atau game yang sudah dibuat. Bahkan, pengguna juga memberikan banyak feedback baik melalui email maupun social media seperti facebook dan juga twitter agar game yang diluncurkan lebih lagi kualitasnya. Jadi, pengguna memiliki arti yang sangat penting bagi perjalanan mechanimotion dalam menghasilkan produk yang berkualitas.

 

Lalu, siapa saja sih target konsumen mechanimotion dan berapa penghasilan yang didapat dari menjalankan bisnis game?

Sama halnya dengan bisnis yang lainnya, terkait dengan penghasilan tentu ada pasang surutnya. Oleh karena itu, kami selalu memperhitungkan setiap potensi yang ada agar bisa meraih hasil yang maksimal. Terkait dengan target konsumen tentu adalah mereka yang hobi di bidang game alias gamers. Segmentasinya bisa mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terkadang, ada juga game yang diciptakan untuk anak-anak justru banyak dimainkan oleh orang dewasa dan begitu pula sebaliknya. Terkait keuntungan yang didapat, alhamdulillah mampu membiayai setiap pengeluaran yang digunakan untuk operasional mechanimotion. Tapi, khusus untuk yang segmen corporate kami memiliki rate harga tersendiri dan harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

 

Anda mengatakan ada perusahaan yang ingin membuat game kepada mechanimotion, memangnya dalam bentuk apa?

Perkembangan dunia game di Indonesia memang tidak sebesar yang ada di diluar negeri seperti Jepang dan Amerika Serikat. Tetapi, sejauh ini perkembangan game di Indonesia telah berkembang pesat dan berbeda dengan tahun-tahun yang lalu. Hal itu ditunjukkan dengan adanya ketertarikan perusahaan yang ingin memanfaatkan game. Banyak perusahaan-perusahaan multi-nasional bahkan level internasional yang mempercayakan game developer di Indonesia untuk bekerja sama. Banyak dari perusahaan-perusahaan tersebut yang memanfaatkan game untuk mempromosikan produknya. Misalnya saja, perusahaan tersebut meluncurkan produk dengan tiga warna yang berbeda maka data konsumen yang memilih produk dengan warna berbeda pun akan segera diketahui. Hal inilah yang memudahkan tim riset sebuah perusahaan dalam mengembangkan produk berkualitas bagi konsumennya.

 

Kabarnya, mechanimotion juga pernah menjalin kerja sama dengan perusahaan dari luar negeri, khususnya Jepang?

Pada dasarnya, selama ini yang mengajak kerja sama mechanimotion adalah perusahaan asing yang juga memiliki kantor perwakilan di Indonesia. Kebanyakan dari mereka meminta bantuan untuk mempromosikan produknya karena tidak mengenal lebih jauh kebiasaan-kebiasaan atau budaya di Indonesia. Terkait menjalin kerja sama dengan perusahaan dari Jepang, pada tahun 2012 yang lalu saya berkesempatan untuk pergi ke negeri sakura tersebut melalui program incubator yang diselenggarakan oleh PT Telkom. Selama di Jepang, saya diajak untuk mengikuti Tokyo Game Show yang merupakan event terbesar bertemunya para pembuat dan pecinta game sejati. Bahkan, saya juga diberi kesempatan untuk mengikuti bisnis meet up bersama para pembuat game ternama dari Jepang. Tak hanya itu saja, saya juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi salah satu studio game yang sangat terkenal dan terbesar di dunia yakni Square Enix. Beberapa game terlaris yang berhasil dirilis oleh Square Enix adalah Final Fantasy dan Dragon Quest. Kedua game tersebut menyedot perhatian banyak pecinta game di dunia hingga penjualan Final Fantasy pun mencapai 70 juta unit di seluruh negara. Nah, terkait dengan kerja sama, saya pun sempat meninjau studio game yang didirikan oleh Square Enix di Surabaya yang diberi nama Square Enix Smileworks. Tapi sayangnya, pihak manajerial Square Enix memiliki penilaiannya sendiri sehingga studio tersebut sudah ditutup walaupun usianya baru satu setengah tahun. Tapi, hal itu tidak membuat saya kecil hati dan tetap menjalani rutinitas untuk membuat game-game terbaik sesuai dengan pangsa pasar yang ada.

 

Apakah Mas Adhicipta pernah mengalami kegagalan atau bahkan kerugian dalam menjalankan bisnis game ini?

Menjalankan sebuah bisnis itu layaknya roda yang berputar. Terkadang, posisi kita berada diatas namun pada kesempatan yang lain posisi kita ada di bawah. Begitu pula dengan yang saya rasakan selama menjalankan bisnis game. Dalam setiap menjalankan bisnis, apapun bidangnya, seharusnya menggunakan perhitungan yang cermat. Beruntung, saya memiliki latar belakang pendidikan akuntansi sehingga membuat saya lebih hati-hati dalam setiap menentukan keputusan. Semua langkah bisnis dihitung dengan cermat berdasarkan data dan fakta yang dimiliki. Alhamdulillah, sejauh ini saya belum pernah mengalami kerugian dan jangan sampai hal tersebut menimpa tim mechanimotion.

 

Bagaimana Anda bisa membangun sebuah tim yang hebat dalam bisnis game?

Saat bekerja, setiap orang berhak menyampaikan pendapatnya jika hal tersebut memang bertujuan agar perusahaan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, setiap ide menarik yang disampaikan oleh karyawan akan selalu ditampung dan segera dieksekusi. Hal tersebut yang akhirnya membuat tim mechanimotion bersemangat dalam bekerja sehingga membentuk sebuah tim yang hebat. Semua bekerja sesuai dengan tanggung jawab masing-masing dan selalu memberikan performa kinerja yang terbaik. Sementara itu, mencari talent-talent berbakat di bidang game untuk saat ini tidak terlalu sulit. Di Surabaya sendiri, ada komunitas khusus bagi pecinta game dan mereka memiliki event tahuna yang diikuti oleh ratusan orang yang memang memiliki passion di bidang game. Dengan mengamati setiap orang yang mengikuti event tersebut maka saya bisa merekrut mereka untuk menjadi bagian dari tim mechanimotion.

 

Terakhir, apa saran Anda bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis game?

Harus diakui, pertumbuhan industri game di Indonesia masih belum terlalu besar seperti negara-negara yang lainnya seperti Jepang maupun Amerika Serikat. Namun, hal tersebut tentunya tidak boleh membuat seorang game developer berkecil hati. Justru dengan tidak terlalu besar itu menunjukkan bahwa persaingan di dunia bisnis game masing sangat terbuka lebar. Anda bisa menjadi pioneer atau master di bidang bisnis game karena memang tidak banyak yang menjalankannya. Indonesia adalah negara yang sangat besar dan sangat berpotensial untuk memasarkan bisnis game. Bahkan, di google play store, setiap hari ada ratusan game yang diunggah dan di download oleh jutaan pengguna. Hal tersebut menunjukkan bahwa bisnis game masih sangat potensial untuk meraup pundi-pundi rupiah.

adhicipta-wirawan

Industri game di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa menghasilkan banyak uang. Bahkan, saat ini belum banyak pesaing karena memang masih sama-sama membangun lingkungan bisnis game yang baik. Jadi, kesempatan untuk menjadi pebisnis sukses di bidang game masih sangat terbuka lebar. Silakan tulis komentar Anda melalui kolom di bawah ini. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Howard Schultz, Dari Karyawan Jadi CEO Starbucks

Lezatnya Kue Mochi Malang Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Inilah 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pebisnis Muda

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Ubah Dongeng Jadi Game, Pemuda Indonesia Ini Raup Untung Besar
Author
Description
Sekalipun lulus kuliah jurusan akuntansi, pria ini sukses menjadi pebisnis di bidang game yang berlatar belakang cerita dongeng.