Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tips Sukses Berbisnis Makanan Ringan


Inilah caranya agar Anda sukses menjalankan bisnis makanan ringan.

Sejauh ini, bisnis makanan dan minuman memang yang selalu stabil perkembangannya. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya restoran, depot makanan, hingga warung makan pedagang kaki lima. Tak jauh berbeda dengan makanan berat, bisnis makanan ringan pun banyak bertebaran di segala penjuru kota. Para pedagang makanan ringan yang unik dan khas pun masih berkembang pesat. Walaupun menggunakan bahan dasar yang sama, tapi tidak sedikit yang mengemasnya sangat menarik hingga menjadi sebuah produk yang baru.

Banyak orang yang memutuskan untuk menggeluti dunia bisnis makanan ringan dikarenakan melakukannya sangat sederhana, mudah dan juga fleksibel. Bukan hanya dari segi bahan bakunya saja tetapi modal yang digunakan pun tidak terlalu besar sehingga semua orang pun bisa menjalankan bisnis makanan ringan. Namun, kondisi ini pun harus dicermati bahwasanya pesaing dalam bisnis makanan ringan kini sudah semakin banyak dan ketat persaingannya. Sekalipun Anda bisa membuat sebuah makanan yang lezat, hal tersebut tidak memberikan jaminan bahwa bisnis makanan ringan Anda juga bisa menuai kesuksesan. Oleh karena itu, dibutuhkan dua hal agar bisnis makanan ringan Anda bisa berhasil yakni mengetahui cara membuat makanan ringan yang lezat dan juga pengelolaan bisnis makanan ringan yang tepat. Jika Anda sudah menguasai kedua hal tersebut maka kemungkinan besar akan menuai kesuksesan.

 

Memiliki rasa yang lezat dan unik

Tidak semua orang bisa memasak sehingga menghasilkan sebuah makanan dengan cita rasa yang unik dan tentunya lezat serta sesuai dengan lidah banyak orang. Oleh karena itu, jika Anda ingin sukses berbisnis makanan ringan maka sudah wajib hukumnya bagi Anda untuk bisa membuat makanan yang lezat. Rasa yang khas dan tiada tara menjadi hal utama dalam menjalankan sebuah bisnis makanan ringan. Pasalnya, rasa yang unik dan khas tersebut akan menjadi hal utama untuk ditawarkan oleh setiap pengusaha yang menjalankan bisnis di bidang makanan ringan kepada konsumennya. Jadi, rasa yang enak dari makanan Anda akan menjadi acuan utama bagi para konsumen dalam membeli sebuah produk makanan. Anda tidak bisa dengan begitu mudahnya hanya menduplikasi sebuah makanan ringan tanpa memiliki ciri khas dalam rasa maupun bahan dasar yang digunakannya. Jika Anda menawarkan sebuah makanan dengan cita rasa pada umumnya yang ditawarkan oleh banyak orang maka bisnis makanan ringan Anda pun akan sulit untuk berkembang.

 

Selalu inovasi

Jika Anda memang sudah menemukan sebuah resep makanan ringan yang unik, lezat dan juga khas bukan berarti harus berhenti begitu saja. Pasalnya, sebuah kesuksesan bisnis makanan ringan milik Anda bukan berarti tidak akan mendapat pesaing. Oleh karena itu, Anda pun harus terus berpikir kreatif untuk melakukan inovasi terhadap produk makanan ringan milik Anda. Sebaiknya Anda selalu memperbarui resep makanan Anda untuk menciptakan sebuah produk makanan ringan yang baru dimana pelanggan tidak bisa mendapatkannya ditempat lain. Sekali waktu, Anda bisa menguji makanan baru buatan Anda kepada teman ataupun keluarga terdekat. Jika banyak yang tertarik, maka sudah waktunya bagi Anda untuk meluncurkan produk makanan ringan terbaru milik Anda.  Dengan begitu, Anda akan selalu menyajikan sebuah makan dengan cita rasa yang unik dan khas. Bukan tidak mungkin pelanggan Anda akan selalu bertambah setiap harinya.

 

Kemasan dan sebuah brand yang unik akan menarik minat konsumen

Anda tentunya sering sekali mengamati bahwa sebuah produk makanan ringan dengan jenis yang sama tetapi diproduksi oleh perusahaan yang berbeda. Dengan mudah, Anda pun bisa mengenalinya dari kemasan penyajian dari setiap produk tersebut. bukan tidak mungkin pula Anda tertarik untuk membelinya karena kemasannya yang terbungkus rapi dengan logo yang unik serta berbagai macam informasi yang disajikan begitu lengkap. Oleh karena itu, jika bisnis makanan ringan milik Anda ingin sukses maka sebaiknya segera pikirkan untuk membuat sebuah kemasan yang unik. Jika memang tidak bisa membuat sendiri, maka Anda bisa menggunakan jasa profesional dalam pembuatan logo atau brand yang unik untuk produk Anda. Bahkan, tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar yang menyediakan budget khusus dalam pembuatan sebuah logo atau brand yang menjual. Dengan adanya logo atau brand yang disertai dengan slogan unik bisa menunjukkan identitas sebuah produk makanan ringan milik Anda.

 

Menentukan outlet penjualan

Dalam menjual produk makanan ringan, Anda pun seharusnya memutuskan cara penjualannya. Artinya, Anda pun harus memikirkan apakah akan menjual produk melalui online atau offline. Jika Anda menjual produk melalui offline maka Anda harus memikirkan outlet yang akan digunakan untuk menjual produk Anda. Sebuah outlet dengan desain yang unik pun bisa menarik minat pelanggan untuk membeli produk milik Anda. Tetapi Anda juga bisa meminimalisir biaya pembuatan outlet ini dengan melakukan kerja sama. Sebagai langkah awal dalam memulai bisnis makanan ringan dengan modal kecil maka Anda bisa menitipkan produk Anda ke pihak lain. Jika Anda membuat bisnis makanan ringan seperti cupcake untuk kue pengantin maka Anda bisa menjalin kerja sama dengan pihak wedding organizer.

 

Membuat strategi penjualan yang maksimal

Langkah selanjutnya setelah mampu membuat sebuah produk makanan ringan yang lezat maka Anda bisa mengatur sebuah strategi penjualannya. Hal ini tentunya sangat penting bagi keberlangsungan bisnis kedepan nantinya. Jika Anda ingin menjaring konsumen yang lebih luas maka Anda bisa melakukan kerja sama dengan beberapa pihak yang juga berjualan makanan, misalnya dengan beberapa usaha kantin atau warung makanan yang lainnya. Melalui usaha kantin atau warung makanan tersebut Anda bisa menyuplai makanan ringan milik Anda untuk dijual kepada pelanggannya. Tetapi, Anda pun juga harus menyiapkan biaya transportasinya karena setiap hari mengantarkan produk Anda ke kantin tersebut. Dengan cara ini produk Anda pun akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang sehingga menghasilkan banyak keuntungan.

 

Promosikan produk sebanyak-banyaknya

Sekarang ini, teknologi internet sudah berkembang pesat sehingga akan semakin memudahkan Anda untuk melakukan promosi. Anda bisa memaksimalkan perangkat gadget untuk memaksimalkan promosi sebagai ganti pembuatan bosur maupun leaflet. Selain itu, dengan menggunakan internet melalui media sosial maka produk Anda pun akan semakin dikenal banyak orang. Melalui forum-forum komunitas online, bukan tidak mungkin Anda pun akan mendapatkan pelanggan yang loyal untuk membeli produk Anda kedepan nantinya. Tetapi jika Anda memiliki budget khusus untuk promosi, maka Anda bisa mengkomunikasikan produk Anda melalui media cetak mainstream seperti Jawa Pos dan Kompas ataupun yang lainnya.

 

Persiapkan teknologi yang bisa membantu Anda

Tidak jarang, dalam membuat makanan yang lezat maka diperlukan sebuah teknologi khusus untuk bisa menghasilkan produk berkualitas. Oleh karena itu, Anda juga harus menyiapkan dana investasi untuk bisa membeli teknologi tersebut. Bisa saja Anda memerlukan ruangan khusus untuk menyiapkan makanan ataupun peralatan memasak khusus untuk bisa menghasilkan makanan yang lezat. Tetapi, jika Anda baru mulai menjalankan bisnis makanan ringan ini maka sebaiknya sesuaikan dengan budgeting anggaran agar tidak memicu jumlah pengeluaran yang lebih besar. Pasalnya, jika bisnis makanan ringan Anda sudah berjalan lancar dengan memiliki pelanggan tetap maka Anda pun bisa membeli peralatan canggih yang memudahkan dalam memproduksi makanan yang lezat.

 

Siapkan diskon bagi konsumen

Sebuah diskon akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk Anda. Dengan memberikan diskon khusus dalam setiap pembelian produk tertentu ataupun pembelian dengan minimum order akan membuat konsumen tertarik membeli produk Anda. Pemberian diskon pada item-item tertentu masih menjadi cara ampuh dalam mendatangkan konsumen untuk membeli produk. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan momen tertentu seperti hari besar keagamaan sebagai cara jitu dalam meluncurkan produk yang berdiskon. Dengan begitu, produk Anda akan segera menerima banyak order sehingga menghasilkan keuntungan yang besar.

 

Selalu berpikir tetap optimis

Saat memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis, apapun bidangnya, maka Anda pun harus selalu berpikir optimis. Begitu pula dengan bisnis makanan ringan. Oleh karena itu, jauhkan segala pikiran negatif terkait ketakutan produk yang tidak laku dari diri Anda. Pasalnya, pikiran negatif tersebut yang justru akan membuat Anda tidak bisa berpikir kreatif dalam menjalankankan bisnis. Sebagai seorang pebisnis, Anda dituntut untuk bisa bersaing dengan pebisnis yang lain, tetapi bukan berarti hal tersebut justru membuat Anda takut hingga akhirnya kalah bersaing dengan pebisnis yang lainnya. Jika Anda bisa memberikan produk yang berkualitan dan juga pelayanan yang baik, bukan tidak mungkin Anda akan mengalahkan pesaing Anda dengan mudah.

bisnis-makanan-ringan

Banyaknya persaingan dalam bisnis makanan ringan menunjukkan bahwa bisnis ini memiliki prospek yang cerah. Oleh karena itu, Anda pun harus mempersiapkannya dengan baik jika ingin terjun di bisnis makanan ringan. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Melodie]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tips Membangun Bisnis Keluarga Ala Raja Pizza Kanada

Bermodal 10 Juta Rupiah, Pria Ini Jadi Milliarder di Tiongkok

Cara Membangun Koneksi Untuk Bisnis Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Tips Sukses Berbisnis Makanan Ringan
Author
Description
Inilah caranya agar Anda sukses menjalankan bisnis makanan ringan.