Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tips Menjaga Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja di Kantor


Salah satu cara agar bisa diterima di lingkungan kerja adalah dengan menjaga hubungan baik dengan rekan kerja seperti berikut ini.

Saat menjadi seorang pekerja, tentu Anda sudah tidak bisa bersikap semaunya sendiri seperti halnya masih berstatus pelajar. Anda dituntut untuk menjadi seorang karyawan yang bekerja secara profesional dengan menyelesaikan tugas ataupun kewajiban yang diberikan oleh perusahaan. Tidak sedikit orang-orang disekitar lingkungan kerja pun akan menilai bagaimana attitude Anda selama di kantor. Pasalnya, perilaku selama di kantor juga bisa mempengaruhi hubungan Anda dengan rekan kerja yang lainnya. Oleh karena itu, kebiasaan seorang karyawan selama di kantor pun juga akan menjadi cermin atau gambaran kredibilitas kerjanya sehari-hari.

 

Mematuhi jam kerja

Tidak sedikit perusahaan yang menerapkan aturan sangat ketat bagi karyawannya untuk membentuk sikap disiplin. Salah satunya adalah dengan menentukan jam kerja yang cukup ketat untuk dipatuhi oleh setiap karyawan. Bagi seorang pekerja profesional, ketepatan waktu adalah hal yang sangat penting. Bahkan, ada kecenderungan penilaiai negatif bagi seorang yang datang terlambat ke kantor namun selalu pulang lebih awal. Karyawan dengan tipe tersebut biasanya kurang teliti dan efektif dalam bekerja walaupun bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang diberikan kepadanya. Oleh karena itu, sebagai seorang karyawan profesional pastinya Anda tidak ingin menunjukkan sikap seperti itu kepada rekan kerja Anda.

 

Jangan hanya bergaul dengan trouble maker

Setiap orang pasti memiliki sisi ‘nakal’ yang setiap saat bisa muncul begitu saja sehingga seringkali ditemui seseorang yang dicap sebagai bad boy. Dan banyak orang beranggapan bahwa menjadi bad boy akan menjadikan seseorang terlihat lebih keren. Begitu pula saat sudah bekerja, tentu ada beberapa rekan kerja Anda yang bertingkah laku seperti itu. Tapi, ada juga mereka yang kebablasan hingga dirinya sampai dijuluki dengan trouble maker. Ketika tahu bahwa ada rekan kerja Anda yang seperti itu, sebaiknya Anda menjaga jarak agar orang lain yang belum mengenal Anda juga tidak berpikiran bahwa Anda juga seorang trouble maker. Tapi, jika Anda bergaul dengan karyawan yang memiliki etos kerja baik maka besar kemungkinan nama baik Anda juga ikut terangkat. Jadi, usahakan saat berada di kantor Anda bisa berteman dengan siapa saja. Bukan hanya dengan karyawan berpredikat trouble maker saja tetapi juga dengan mereka yang menjadi karyawan teladan.

 

Dapat diandalkan saat meeting

Setiap perusahaan pastinya memiliki sejumlah target yang harus dicapai dalam waktu tertentu. Dan setiap target yang telah ditentukan tersebut akan dikomunikasikan lebih lanjut melalui sebuah meeting. Saat berada di situasi meeting, jangan sampai Anda tidak memperhatikan materi yang disampaikan. Terlebih, jika ada poin-poin penting yang memang menjadi target utama yang harus dicapai oleh perusahaan. Oleh karena itu, bersiaplah untuk menjadi seorang yang karyawan yang dapat diandalkan saat menjalani meeting bersama rekan kerja dari berbagai divisi. Paling tidak, upayakan untuk selalu menunjukkan sikap percaya diri dengan menjaga setiap gesture Anda selama meeting.

 

Menghias meja kerja

Bagi kebanyakan karyawan, menata meja kerjanya adalah hal yang sia-sia dan hanya membuang-buang waktu semata. Padahal, ada banyak hal yang dapat dinilai dari seorang karyawan melalui sebuah meja kerjanya. Jika di meja kerja Anda tidak tampak satupun hiasan ataupun pernak-pernik lainnya, maka anda bisa dinilai sebagai seorang yang tidak ingin mencapai lebih. Artinya, Anda termasuk tipe karyawan yang hanya ingin datang ke kantor untuk menyelesaikan perkerjaan seolah-olah tidak memiliki passion dalam mengerjakannya. Berbeda halnya jika di meja kerja Anda terdapat sejumlah benda-benda pajangan seperti foto, lukisan atau barang-barang kesenian lainnya karena Anda akan dinilai sebagai orang yang bersemangat dalam bekerja. Tapi, jangan sampai barang-barang pajangan di meja kantor Anda berserakan tak beraturan sehingga Anda dinilai sebagai orang yang kurang fokus dalam bekerja.

 

Menjalin hubungan dengan atasan

Sangat wajar sekali jika ada seorang karyawan yang terlihat memiliki hubungan dekat dengan atasannya. Hal tersebut akan sangat dimungkinkan memangkas hubungan yang kaku antara pimpinan dengan karyawannya. Dalam hal-hal tertentu, tidak ada salahnya untuk bersikap friendly dengan seorang atasan dan bukan hanya bersikap formal layaknya ada jurang pemisah yang tidak bisa disatukan. Namun yang perlu diingat adalah, saat menjalin hubungan dengan atasan sebaiknya tetap memperhatikan norma-norma yang ada. Artinya, jangan sampai hubungan dekat Anda dengan atasan justru dinilai sebagai sebuah proses menjilat yang bisa membuat karir meningkat.

 

Berhubungan baik dengan office boy

Jangan pernah meremehkan peran office boy yang jarang diperhatikan oleh banyak karyawan di sebuah perusahaan. Tanpa mereka, Anda pun akan mengalami kesulitan untuk melakukan hal-hal kecil yang sangat membuat efektif dalam bekerja. Jika bisa menjalin hubungan baik dengan office boy maka akan mudah tergambar karakteristik Anda. Oleh karena itu, bersikap acuh dan meremehkan serta kurang sopan terhadap office boy juga akan membuat orang lain akan memandang rendah Anda. Jadi, jangan sampai Anda dinilai kurang baik oleh rekan kerja hanya karena tidak mengacuhkan seorang office boy di kantor.

kerja-di-kantor

Berani menghadapi setiap permasalahan

Bagi banyak orang, ketika ada seseorang yang berani menghadapi masalah akan lebih diperhatikan daripada kesalahan yang dialaminya. Pasalnya, sebuah perusahaan juga menuntut agar karyawannya tanggap dalam mengadapi setiap kesalahan dan bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. Dengan berani menghadapi masalah, hal itu menunjukkan bahwa Anda memang seorang yang memiliki dedikasi terhadap perusahaan. Tapi, jika Anda bersikap sebaliknya dengan menghindari masalah yang terjadi maka top manajerial pun akan kecewa dan tidak mempercayai Anda untuk menghadapi tugas yang lebih berat. Jika hal itu terjadi, maka bisa dipastikan karir Anda akan terhambat untuk berkembang kedepan nantinya.

 

Begitulah kiranya jika Anda ingin menjaga hubungan baik dengan rekan kerja di kantor. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Denis]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

10 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Raja Chatting Jadi Orang Terkaya Ketiga di Tiongkok

Inilah Orang-Orang Super Kaya Berkat Video Game

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Tips Menjaga Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja di Kantor
Author
Description
Salah satu cara agar bisa diterima di lingkungan kerja adalah dengan menjaga hubungan baik dengan rekan kerja seperti berikut ini.