Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Uncategorized

Tips Menjadi Kreatif Ala Pendiri Twitter


Salah satu mesin kreativitas di balik keberhasilan Twitter adalah Biz Stone. Selain berhasil di Twitter, Biz Stone juga berhasil di berbagai bisnis sebelumnya seperti Blogger dan Odeo, keduanya dibeli oleh Google. Kreativitas tidak terbatas adalah senjata utama dari Biz Stone. Nah Sobat Studentpreneur, bagaimana sih cara menjadi kreatif ala pendiri Twitter ini? Tim Studentpreneur telah membaca berbagai artikel yang mewawancarai Biz Stone dan bertanya mengenai kreativitasnya, dan inilah tips menjadi kreatif ala pendiri Twitter.

 

biz stone1

 

Kreativitas Datang Ketika Kita Terdesak

Biz Stone percaya bahwa kreativitas selalu datang ketika manusia terdesak. Ketika kita dihadapkan terhadap banyak keterbatasan, biasanya kita akan dituntut untuk lebih kreatif dalam menyelesaikannya. Inilah kenapa kita biasanya bekerja lebih produktif ketika mendekati deadline. Biz Stone juga menyontohkan aturan 140 karakter di Twitter, yang menurut dia justru membuat isi tweet lebih berarti daripada social media serupa.

 

Libatkan Emosi Dalam Proses Kreatif

Kalau Anda membaca artikel mengenai profil Biz Stone, Anda akan memahami kalau dia benar-benar melibatkan emosi dan perasaan personal dalam tiap pekerjaannya. Meskipun belum tentu berhasil, melibatkan perasaan personal akan memberi Anda semangat lebih ketika tertekan. Tidak memiliki rasa personal terhadap perusahaan hampir berarti kegagalan. Ketika semua orang meremehkan Anda, dan ketika semua kondisi sebenarnya mengatakan kita akan gagal, hanya perasaan cinta terhadap proyek kreatif tersebut yang akan membuat Anda terus berusaha membuatnya berhasil.

 

Tidak Punya Ide? Bertanyalah!

Anda harus ingat bahwa kreativitas itu tidak akan pernah habis. Kalaupun Anda sedang buntu, Anda bisa mengisi kreativitas tersebut melalui berbagai hal, seperti membaca buku referensi misalnya. Karena kreativitas tidak pernah habis, Anda hanya perlu menanyakannya ke orang lain. Apalagi bila Anda memegang proyek kreatif yang belum pernah Anda tangani sebelumnya, bertanya pada orang lain yang pernah menyelesaikannya akan menjadi salah satu sumber untuk mengisi kreativitas Anda kembali.

 

Sobat Studentpreneur ada yang merupakan pekerja kreatif di sini? Bagaimana cara Anda menjaga diri agar tetap kreatif?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter