Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Tak Disangka, Keluarga Pemilik LG Menjadi Orang Terkaya di Korea Selatan


Di Korea Selatan, keluarga pemilik perusahaan LG menjadi salah satu orang sukses dan terkaya di Korea Selatan.

Di Korea Selatan, sangat terkenal dengan The Koo Dynasty atau The Koo Family. Siapa mereka? Mereka adalah pemilik dari perusahaan elektronik terbesar di Korea Selatan, yaitu LG. Dari total 50 list yang dikeluarkan oleh Forbes, ada sekitar 4 keluarga Koo yang masuk dalam list tersebut. Pertama ada Koo Bon-Moo, kemudian Koo Bon-Neung, lalu Koo Bon-Sik dan Koo Boo-Joon. Mereka semua adalah satu keluarga yang saling bergantian memimpin LG.

 

Sejarah LG

Pada tahun 1947, keluarga Koo generasi pertama yaitu Koo In-Hwoi seorang pemilik pusat perbelanjaan Yonam, di Korea Selatan ingin membuka perusahaan plastik. Akhirnya Koo In-Hwoi membuka toko pertamanya bernama Lak Hui Chemical Industrial Corp. Lak Hui diambil dari kata Lucky dalam bahasa Inggris yang berarti keberuntungan. Setelah itu, Lak Hui menjadi pabrik pertama yang memproduksi plastik di Korea Selatan.

Setelah perang dunia kedua, Korea Selatan bersama Jepang dibantu oleh Amerika Serikat untuk menjadi negara industri. Baru pada tahun 1953, Lak Hui mengekspor plastik ke seluruh Asia. Beberapa tahun kemudian, Lak Hui membuat pasta gigi dan produk krim di Korea Selatan. Pada saat itu, Lak Hui menjadi  perusahaan serba pertama.

Lalu, pada tahun 1953, Lak Hui memproduksi Radio yang akhirnya melihat peluang di perusahaan elektronik. Lalu Lak Hui bekerja sama dengan Goldstar Co. membuat beberapa elektronik. Kemudian pada tahun 1969 Koo In-Hwoi mematekan nama LG atau singkatan dari Lak Hui (Lucky) Goldstar. LG merupakan pioner dari beberapa produk elektronik, mulai kipas angin listrik 1960, telepon 1961, kulkas 1965 dan membuat televisi hitam putih pertama pada tahun 1966. Dari situlah LG dikenal dengan raja perusahaan elektronik dari Korea Selatan.

lg-g2

Keluarga

LG sangat menganut apa itu chaebol yaitu dimana kepemilikan sebuah perusahaan dikendalikan oleh keluarga. Pada tahun 1960an, perusahaan-perusahaan di Korea Selatan sering menganut sistem seperti ini. Beberapa keluarga Koo bergantian memimpin perusahaan LG. Sekarang LGsudah membawahi sekitar 31 perusahaan, dan beberapa keluarga Koo bergantian membawahi beberapa diantaranya. Koo Bon-Moo adalah chairman ketiga pada tahun 1995.

31 perusahaan tersebut tidak hanya perusahaan elektronik, tetapi juga pabrik kimia dan telekomunikasi. Walaupun yang paling banyak adalah perusahaan elektronik, perusahaan lain dibawah LG Corp juga sangat menguntukan bagi keluarga Koo.

 

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur mengetahui kan bagaimana kisah keluarga Koo yang membawahi perusahaan elektronik LG. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: LG]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Anak SMA Ini Raup Jutaan Rupiah Dari Bisnis Sepatu

Ini yang Membedakan Anda Dengan Orang Kaya

Eksklusif: Dulu Kerja di NASA, Kini Jadi Pebisnis Robot

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Tak Disangka, Keluarga Pemilik LG Menjadi Orang Terkaya di Korea Selatan
Author
Description
Di Korea Selatan, keluarga pemilik perusahaan LG menjadi salah satu orang sukses dan terkaya di Korea Selatan.