Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Supir Traktor Ini Berhasil Jadi Pengusaha Real Estate Sukses


Berkat kuliah, supir traktor ini berhasil mengubah nasibnya hingga menjadi raja real-estate TIongkok.

Hui Ka Yan, jika Anda melihat di Forbes daftar orang terkaya, dia merupakan orang terkaya nomor 15 di Tiongkok. Usahanya adalah real estate, jika Anda pernah mendengar tentang Evergrande, itulah real estate yang didirikan oleh Ka Yan. Memang agak kurang familiar dengan nama Evergrande, tetapi Evergrande sangat besar di Tiongkok. Dari perusahaan tersebut, total kekayaan dari Ka Yan adalah 59 triliun rupiah.

 

Masa kecil Hui Ka Yan

Ka Yan merupakan keluarga militer, ayahnya adalah mantan tentara revolusi Tiongkok. Ibunya meninggal ketika Ka Yan berumur 1 tahun. Yang menarik adalah, ternyata Ka Yan ternyata suka menggambar. Beberapa tembok di kamarnya, Ka Yun sering menggambar wajah ibunya. Setelah itu Ka Yun sering menggambar di kertas semasa kecilnya.

Ketika sudah lulus SMA, ternyata Ka Yun tidak ingin selamanya tinggal di desa. Dia kemudian “melarikan diri” dengan menjadi supir traktor. Pada saat itu tradisi keluarganya, anak-anak ketika beranjak remaja harus tetap tinggal di desa untuk bekerja.

“Saya berpikir mungkin ketika menjadi supir, saya bisa mengubah hidup saya”

Ternyata semua itu salah, menjadi supir hanya bertahan beberapa minggu. Dia akhirnya memutuskan untuk bekerja di kota, tetapi karena tidak ada koneksi, Ka Yan malah menjadi satpam restoran di kota.

 

Kuliah mengubah hidup Hui Ka Yan

Menjadi satpam ternyata tidak memuaskan Ka Yan, dia lalu keluar. Setelah setahun menganggur, akhirnya Ka Yan mendapatkan informasi bahwa ada penerimaan mahasiswa universitas di kota, tepatnya pada tahun 1976. Ka Yan kemudian iseng mencoba, sayang pada percobaan pertama Ka Yan gagal. Tetapi bukannya putus asa, Ka Yan “kembali” ke SMA, dia mengikuti beberapa kelas di SMA untuk mensukseskan percobaan keduanya. Setelah menunggu selama 5 bulan, akhirnya Ka Yan masuk. DIa berkuliah di Wuhan Institute of Metallurgy.

Ka Yan kemudian mendapatkan tugas kampus meneliti tentang kebersihan kampus. Akhirnya Ka Yan harus masuk ke setiap asrama untuk survey dan mengharuskan Ka Yan belajar untuk public speaking. Akhirnya Ka Yan mendapatkan skill berbicara dengan orang banyak.

 

Bekerja sebagai sales man

Setelah lulus kuliah, Ka Yan bekerja di Wuyang Steel di kota besar, Henan. Berarti cita-cita Ka Yan sudah tercapai.  Dia bekerja selama 10 tahun, dan mempunyai tabungan sebesar 20 ribu yuan. Setelah itu, dia keluar untuk menjadi sales real estate. Dia sangat tergiur dengan iming-iming bergaji tinggi. Setelah bekerja sebagai salesman selama 5 tahun, dengan gaji 3000 yuan per bulan. Ka Yan tidak puas, karena setiap deal ratusan ribu dolar, dia tidak mendapat bagian apa-apa. Akhirnya dia keluar dan membuat perusahaan real estate sendiri. Akhirnya dia membuka Evergrande, sebuah perusahaan real estate yang sangat besar di Tiongkok.

traktor

Kehidupan Ka Yan yang sangat berliku, malah menjadikan Ka Yan orang yang sangat tangguh. Dia bukan orang yang gampang putus asa, walaupun sempat bekerja sebagai satpam sampai salesman, akhirnya Ka Yan sukses menjadi pengusaha real estate. Bagaimana menurut Anda? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Miguel]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Bisnis Cake Dalam Toples Pemuda Malang Ini Raup Ratusan Juta Rupiah

Anak Umur 15 Tahun Jadi Rebutan Google dan Facebook

Wanita Cantik Dibalik Penemuan Medis Revolusioner

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Supir Traktor Ini Berhasil Jadi Pengusaha Real Estate Sukses
Author
Description
Berkat kuliah, supir traktor ini berhasil mengubah nasibnya hingga menjadi raja real-estate TIongkok.