Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Seri Terkaya di Malaysia: Penyelamat Dunia Perbankan


Dengan Kekayaan Sekitar 9,4 Trilliun Rupiah, Tan Sri Dato’ Azam Hashim Berhasil Menjadi Orang Terkaya ke 21 di Malaysia Dengan Merevolusi Dunia Bank Malaysia.

Siapa sangka, dibalik AmBank adalah seseorang yang termasuk orang terkaya di Malaysia. Adalah Tan Sri Dato’ Azam Hashim, merupakan orang terkaya nomor 21 di Malaysia versi majalah Forbes. Kekayaan Azman Hasim ditaksir sebesar 940 juta dollar atau 9,4 triliun rupiah. Azman juga termasuk orang yang sangat berperan dalam bangkitnya perekonomian Malaysia dan menjadikan AmBank sebagai salah satu Bank nomor satu di Malaysia.

 

Kehidupan kecil Azman Hashim

Lahir dari keluarga yang biasa-biasa saja, Azman besar dan bersekolah Kampung Baru, Kuala Lumpur. Azman hidup dalam keluarga yang disipilin, Azman hidup bersama ke 13 saudaranya dan ibunya adalah seorang guru sekolah. Akhirnya pada tahun 1954, Azman melanjutkan sekolah di Senior Cambridge Examination, pada saat itu Azman sudah terlihat mempunyai minat ke dalam akutansi. Sampai akhirnya Azman mendapaktan beasiswa akutansi di Australia pada tahun 1955 sampai tahun 1960. Ketika belajar akutansi di Australia, membuat Azman sangat berpengalaman didalam akutansi perbankan.

ambank-building

Bekerja di perbankan

Pada saat berada di Australia, Azman sudah menerima sertifikasi akutansi, seperti Insitut Akutansi Australia, Institut Administrasi dan Sekretaris Australia pada tahun 1960. Setelah mendapatkan semua pengalaman tentang akutansi khususnya perbankan, Azman kembali di Malaysia dan bekerja di Bank Negara Malaysia sampai pada tahun 1964. Dan akhirnya memutuskan untuk membuat perusahan akuntan sendiri yang bernama Azman & Co. Perusahaan Azman bekerja sama dengan beberapa bank di Malaysia, dan sampai akhirnya Azman diangkat sebagai eksekutif direktur Malayan Banking Berhad. Dan Setelah itu diangkat menjadi pemimpin dari Kwong Yik Bank.

 

Menyelamatkan perbankan Malaysia

Pada tahun 1982, Azman melihat peluang pada AmBank. AmBank pada saat itu merupakan Bank dari Arab-Malaysian Bank, dan hampir terkena likuidasi. Tetapi akhirnya pada than 1982 Azman membeli sekitar 100% saham dari AmBank. Tidak asal membeli AmBank, Azman juga membantu AmBank untuk tetap bertahan pada saat terjadi krisis ekonomi tahun 1998.

Lalu apa strategi dari Azman untuk membuat AmBank bisa bertahan dan sekarang menjadi salah satu Bank nomor satu di Malaysia. Azman sebagai pemilik AmBank merasa bahwa AmBank harus membuka strategi atau proyek lain. Dan akhirnya Azman membuka AmFinance, AmCorporation, AmHolding dan lain-lain. Strategi Azman bukan dibangun hanya sehari atau setahun. Total sekarang Azman berada di AmBank adalah 31 tahun. Dan sekarang menjadikan AmBank menjadi nomor 5 perusahaan finansial di Malaysia.

 

Juga berkontribusi untuk kesejahteraan dan pendidikan

Dibentuk pada tahun 1991, Azman Hashim Foundation  pada tahun 2013 lalu menyumbangkan sekitar 3 triliun kepada yayasannya tersebut. Hashim Foundation ini berfokus pada pendidikan dan orang-orang yang kurang mampu. Selain berkontribusi untuk perbankan, Azman merupakan orang yang loyal kepada pendidikan dan kesejahteraan di Malaysia.

Bagaimana menurut Sobat Studentpreneur tentang kisah Azman? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Ben]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Pemuda Ini Raup Keuntungan Puluhan Juta Rupiah Dari Berbisnis Sushi

Meraup Rezeki Ratusan Juta Rupiah Dari Berbisnis Anggrek

Bisnis Donor Darah Antar Pemuda Ini Sukses Besar

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Profil Orang Terkaya Malaysia yang Menyelamatkan Dunia Perbankan
Author
Description
Dengan Kekayaan Sekitar 9,4 Trilliun Rupiah, Tan Sri Dato' Azam Hashim Berhasil Menjadi Orang Terkaya ke 21 di Malaysia Dengan Merevolusi Dunia Bank Malaysia.