Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Uncategorized

Selamat Jalan Aaron Swartz


Dunia internet baru saja kehilangan salah satu wonderkid terbaiknya, Aaron Swartz. Tubuh Aaron ditemukan tergantung di apartemennya yang terletak di Brooklyn pada Jumat malam waktu Amerika. Pernyataan resmi dari pihak kepolisian adalah Aaron Swartz meninggal akibat bunuh diri di usianya yang ke 26. Diduga, depresi akibat ancaman penjara 30 tahun yang dilayangkan oleh pemerintah Amerika menjadi latar belakang utama yang membuat Aaron mengakhiri hidupnya.

Aaron Swartz telah terkenal di dunia internet sejak usia 14 tahun ketika dia menciptakan RSS yang dipakai hampir semua orang yang pernah memakai internet. Bersama Alexis Ohanian, dia juga menciptakan Reddit, website yang sangat berpengaruh di Amerika. Reddit sudah sangat berhasil ketika usia Aaron bahkan belum menyentuh angka 20. Bersama Alexis Ohanian yang merupakan teman dekatnya, Aaron Swartz juga termasuk salah satu diantara sedikit ahli IT level dunia yang tertarik bidang politik.

aaron-swartz-pic

Aaron Swartz termasuk garis depan untuk menentang kebijakan tentang kebebasan informasi, hak cipta, dan kenetralan internet. Creative Commons yang dia kerjakan bersama Larry Lessig menjadi solusi untuk mengatasi ketatnya hak cipta di dunia internet. Dia juga menciptakan OpenLibrary.org yang menyediakan katalog dan buku gratis untuk masyarakat. Puncaknya, apabila anda masih ingat masalah SOPA yang mengancam hancurnya dunia internet, Aaron Swartz beserta Alexis Ohanian adalah salah satu penentang utamanya. Menurut pendiri salah satu website paling berpengaruh di dunia Internet Archive bernama Brewster Kahle, Aaron adalah salah satu orang yang mempunyai semangat terbaik di generasi internet, yang terus menerus berusaha untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan terbuka.

Reddit, the front page of the internet

Ancaman tuntutan penjara 30 tahun mulai menghantui Aaron Swartz karena tindakannya yang berusaha mengambil jurnal dan artikel akademis dari MIT tanpa izin dan tanpa membayar. Lebih parah lagi, Aaron mempunyai rencana untuk membocorkan jurnal dan artikel akademis tersebut ke dunia internet dan gratis. Aaron Swartz merasa bahwa bahan pendidikan seperti itu seharusnya tersedia secara gratis untuk mendukung program dunia yang terbuka.

Seperti yang dikutip dari Wired, menurut kedua orang tuanya, Robert dan Susan Swartz, bersama dua saudara kandung serta salah satu partnernya Taren Stinebrickner-Kauffman, kematian Aaron Swartz bukanlah sekedar tragedi pribadi, namun produk dari sistem pengadilan yang buruk dari Amerika. Mereka juga sangat kecewa karena pihak MIT menolak untuk membela Aaron Swartz dan komunitas di belakangnya yang sangat mendukung kebebasan internet. Menurut mereka, perjuangan Aaron untuk menentang sensorship di dunia internet, perjuangan untuk membuat dunia internet lebih terbuka dan bebas, serta keinginan tulus untuk membuka dunia pengetahuan bagi semua masyarakat harus dihargai lebih tinggi oleh pemerintah Amerika.

Creative Commons - Aaron Swartz selalu mendukung kebebasan di dunia internet

Namun, apapun yang sebenarnya terjadi, Aaron Swartz tetaplah menjadi salah satu orang terpenting yang pernah hidup di era internet. Perjuangannya untuk menciptakan dunia internet dan pendidikan yang bebas dan terbuka tentu harus kita apresiasi. Bagaimana menurut anda? Apakah Aaron Swartz pantas untuk diberi penghargaan lebih tinggi atas perjuangannya? Silahkan share pemikiran anda di comment di bawah ini.




  • http://www.facebook.com/aselihasmawi Aselih Asmawi

    Sayang sekali ia lebih memilih jalan pintas dari pada menghadapi kenyataan hidup…

  • http://www.facebook.com/safirsyifa Safira Assyifa

    ざんねん です ね。