Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Raja Pakan Ternak Tiongkok yang Bangkit Dari Garis Kemiskinan


Raja pakan ternak Tiongkok ini buktikan bahwa kemiskinan bisa diubah dengan kerja keras.

Dari 10 besar orang terkaya di Tiongkok, mungkin Liu Yongxing yang kehidupan masa kecilnya paling terpuruk. Dia tinggal dikawasan Sichuan, Tiongkok, daerah tersebut sangat miskin. Bahkan keluarganya untuk kehidupan sehari-hari saja sudah sangat sulit. Apalagi ibunya cukup mempunyai banyak anak. Liu Yongxing hidup bersama 4 saudaranya dengan keadaan yang sangat memperhatinkan.

 

“Desa saya dulu tidak ada air maupun listrik”

Itulah yang tergambar dari kehidupan Liu Yongxing kecil bersama keluarganya. Tetapi perlu dingat, pada tahun 60an, kehidupan di Tiongkok memang sangat susah. Pemerintah sangat membatasi perkembangan dari warganya sendiri, apalagi setelah Tiongkok dipimpin oleh komunis bertangan dingin. Baru setelah tahun 70an, ketika pemerintah komunis di Tiongkok turun, kehidupan warga Tiongkok membaik. Tetapi bukan berarti segala sesuatunya menjadi mudah.

Karena keluarganya hidup di desa, ayahnya bekerja keras untuk menyekolahkan anak-anaknya, termasuk Liu. Liu masuk sekolah di jurusan matematika, bahkan setelah lulus sekolah dia sempat mengajar matematika. Tetapi pada tahunn 1986, dia ingin kembali ke desanya untuk berbisnis. Dia kemudian melihat potensi banyaknya warga di desanya yang tidak bisa mengolah pakan ternak sendiri. Akhirnya dengan tabungannya sendiri bersama saudara-saudaranya, dia membuat East Hope, bisnis pakan ternak.

Ternyata bisnisnya sangat naik, tidak hanya tetangganya yang menggunakan pakan ternak East Hope. Kemudian dia mulai melebarkan bisnisnya, dia membuka toko cabang pakan ternak di Shanghai. Lalu dia bersama saudaranya tidak hanya membuat East Hope. Liu membuat West Hope, New Hope dan Continental Hope. Perusahaan-perusahaan tersebut tersebar di seluruh Tiongkok. Dan dibagi satu per satu setiap saudaranya. East Hope, garapan dari Liu akhirnya tidak hanya fokus pada pakan ternak atau agrikultur, tetapi juga makanan, produk kimia, bank, asuransi dan real estate.

Sekarang? Dengan kekayaan sebesar 6.5 miliar dolar atau setara 65 triliun rupiah, dia memimpin East Hope sebagai perusahaan pakan terbesar di Tiongkok. Bahkan East Hope sekarang sudah mulai memasuki pasar Asia Tenggara, beberapa pabrik pakan ternak sudah mulai dibangun di Vietnam. Beberapa keberhasilan yang masih dijaga dengan baik oleh East Hope adalah setidaknya sekarang East Hope membawahi sekitar 63 perusahaan diseluruh dunia.

ayam-jago

Membuat museum untuk mengenang masa sulit

Liu membuat museum kecil di tempat tinggalnya dahulu, yaitu Sichuan. Disana dia memajang foto-foto masa kecilnya sampai dewasa ketika membuat East Hope. Museum itu dibuat agar menjadi inspirasi dan Liu bersama saudara tidak pernah melupakan tempat tinggalnya dahulu. Bagaimana menurut Anda? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Muhammad]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Bisnis Cake Dalam Toples Pemuda Malang Ini Raup Ratusan Juta Rupiah

Anak Umur 15 Tahun Jadi Rebutan Google dan Facebook

Wanita Cantik Dibalik Penemuan Medis Revolusioner

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Raja Pakan Ternak Tiongkok yang Bangkit Dari Garis Kemiskinan
Author
Description
Raja pakan ternak Tiongkok ini buktikan bahwa kemiskinan bisa diubah dengan kerja keras.