Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Raja Makanan Kemasan Dunia Dari Swedia


Tahukah Anda, dengan mendirikan Tetra Pak, perusahaan makanan kemasan, pria Swedia, Hans Rausing meraup kekayaan hingga 11 Trilliun Rupiah.

Banyak bisnis yang berjalan dan besar dengan jenis yang aneh dan tidak biasa pada jaman tersebut. Kebanyakan dari bisnis tersebut adalah bisnis yang memang memecahkan solusi dari permasalahan di masyarakatn sekitar. Dan bisnis dari Hans Rausing adalah kemasan produk makanan. Hanya dengan membuat perusahaan kemasan produk makanan, Hans Rausing menjadi orang terkaya nomor 2 di Swedia. Dengan Tetra Pak, Hans mendapatkan kekayaan sampai 11 triliun rupiah.

 

Semuanya berasal dari permasalahan di masyarakat

Beberapa artikel di seri orang terkaya akan menyebutkan bahwa bisnis yang bagus adalah bagaimana bisnis tersebut bisa menjadi solusi dari permasalahan orang lain. Nah, kisah Tetra Pak ini dimulai ketika Hans merantau ke Amerika Serikat. Hans adalah lulusan dari Lund University Swedia, kemudia dia berangkat ke Amerika Serikat untuk bekerja. Disana dia bekerja di perusahaan makanan, pada saat itu Hans sangat takjub dengan makanan kemasan di Amerika Serikat.

Semua permasalahan akan dapat dipecahkan ketika kita berusaha. Itulah yang dipikirkan oleh Hans, dia mulai berpikir bagaimana jika makanan kemasan dibawa ke Eropa. Karena ternyata di Eropa masih belum booming atau ramai masalah makanan kemasan.

 

Membuka perusahaan pertama di Swedia

Ketika itu Hans langsung membuat Tetra Pak pada tahun 1951. Tetapi sebelumnya, Hans sudah mencoba-coba dan membuat trial and error tentang produk makanan kemasannya ini. Percobaan pertama adalah susu dalam kemasan. Ternyata susu dalam kemasan sangat digemari di Eropa. Kemudian lahirlah beberapa mesin press kemasan. Mesin tersebut kemudian menyebar dengan cepat di Eropa, mulai Jerman, Prancis, Itali dan kemudian dijual di Asia.

Tetra Pak menjadi booming ketika Hans beriklan di televisi. Di iklan tersebut ditampilkan anak kecil yang takjub ketika ibunya mengisi gelasnya dengan susu kemasan. Bahkan karena terkenalnya produk Tetra Pak, susu kemasan tersebut sampai diekspor ke luar Eropa, mulai dari Amerika Serikat sampai Asia.

Karena pajak di Swedia cukup besar, itu membuat kantor pusat Tetra Pak harus pindah dari Swedia ke Swiss. Kemudian inovai dari Tetra Pak tidak berhenti sampai disitu. Hans mengakuisisi Alfa-Laval, sebuah  perusahaan penghasil susu terbesar di Swedia. Dengan akuisisi tersebut, Tetra Pak menjadi perusahaan satu-satunya penghasil susu dalam kemasan terbesar di Swedia.

logo-tetra-pak

Sekarang, Tetra Pak sudah ada di 170 negara di seluruh dunia dengan membawahi sekitar 40 perusahaan. Pada tahun 1990an, ternyata Hans sudah mengincar market kelas menengah kebawah. Hasilnya sudah bisa dilihat pada awal tahun 2000, ketika banyak sekali produk susu dalam kemasan dari Tetra Pak yang digemari di negara-negara berkembang. Dengan karyawan perusahaan sebesar 23 ribu, Tetra Pak menjadi perusahaan makanan dalam kemasan terbesar di dunia. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Gran]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Studentpreneur Road to Funding: Tetap Fokus di Misi dan Produk

Anda Bodoh Kalau Takut Ide Bisnis Anda Dicuri

Kisah Buruh Pabrik yang Berhasil Jadi Salah Satu Orang Terkaya Hongkong

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Raja Makanan Kemasan Dunia Dari Swedia
Author
Description
Tahukah Anda, dengan mendirikan Tetra Pak, perusahaan makanan kemasan, pria Swedia, Hans Rausing meraup kekayaan hingga 11 Trilliun Rupiah.