Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Prospek Budidaya Ikan Nila Datangkan Keuntungan Jutaan Rupiah


Ada banyak jenis usaha yang dapat mendatangkan keuntungan besar, salah satunya adalah bisnis budidaya ikan nila berikut ini.

Sekarang banyak pebisnis yang merambah sektor budidaya ikan nila karena prospek budidaya ikan nila yang sangat bagus. Mulai dari penjualan, harga benih yang murah sampai cara budidaya ikan nila yang tidak serumit dibandingkan ikan lainnya. Nila merupakan ikan air tawar, jadi Anda tidak perlu repot-repot dalam perawatan. Nah, sekarang kita simak prospek budidaya ikan nila.

 

Pasar ikan nila sangat tinggi

Walaupun banyak pebisnis yang ikut dalam prospek budidaya ikan nila, tetapi pasar ikan nila masih sangat tinggi. Kenapa? Karena permintaan dengan jumlah pasar masih sangat timpang. Banyak sekali jumlah permintaan ikan nila tetapi tidak banyak produsen yang memproduksi. Inilah prospek budidaya ikan nila yang harus Anda kejar. Bahkan, untuk prospek bisnis ekspor di Asia Tenggara masih banyak sektor yang membutuhkan ekspor.

Selain itu, pasar ikan nila di Indonesia sangat besar. Anda bisa menjual ikan nila disetiap pasar. Selain itu Anda bisa bekerja sama dengan agen-agen, sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk datang kepasar menjual ikan nila.

bisnis-ikan-nila

Harga benih murah, harga jual tinggi

Bayangkan saja, Anda membeli benih ikan nila 3 cm sampai 5 cm seharga 100 sampai 200 rupiah per ekor. Anda bisa membeli berpuluh-puluh ikan nila seharga 10ribu sampai 20ribu rupiah. Untuk pemula, Anda bisa membeli benih seharga 30ribu sampai 50ribu rupiah. Anda bisa mengisi stok ikan nila untuk 4 sampai 5 bulan kedepan. Dengan harga segitu, Anda bisa menjual perkilo nila seharga 14ribu rupiah. Anda bisa mendapatkan 1 kilo per 3 ikan nila. Bagaimana, sangat menarik bukan?

 

Budidaya sangat mudah

Inilah yang sangat ditunggu bagi para pebisnis, yaitu budidaya yang sangat mudah. Propsek budidaya ikan nila selain harga jual yang tinggi, yang dilihat adalah budidaya sangat mudah. Mulai dari awal pembenihan, pembesaran sampai penjualan. Selain itu, ikan nila juga dapat berkembang biak dengan alami. Anda tidak perlu mempunyai keahlihan khusus dalam pembiakkan, Anda hanya perlu menaruh benih di kolam, ikan nila akan berkembang biak dengan sendirinya. Setiap ikan nila siap panen ketika sudah berumur 3 sampai 4 bulan, tentu saja Anda  bisa memanen setahun 3 sampai 4 kali bukan.

 

Nila adalah ikan yang sangat kuat

Selain itu, budidaya dari ikan nila tidak perlu ribet dan juga rentang dari penyakit. Jika dibandingkan dengan jenis ikan yang lain, ikan nila lebih tahan banting daripada ikan lele atau ikan mas. Pasalnya, ikan nila yang biasa hidup di air jenih juga dapat bertahan ketika air menjadi keruh. Selain itu, ikan nila dapat hidup di air laut, walaupun tetap harus disaring terlebih dahulu.

Sobat Studentpreneur sekarang sudah tahu bagaimana prospek budidaya ikan nila. Bagaimana menurut Anda? Silakan tulis komentar Anda jika pernah menjalankan bisnis budidaya ikan nila atau ingin menjalankan bisnis budidaya ikan nila. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Jual Lele Bisa Beli Harley Davidson Ratusan Juta

Rela Dibayar Sampah, Dokter Muda Ini Raih Kesuksesan Besar

Masih Kuliah, Anak Muda Ini Hasilkan Ratusan Juta Rupiah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Prospek Budidaya Ikan Nila Datangkan Keuntungan Jutaan Rupiah
Author
Description
Ada banyak jenis usaha yang dapat mendatangkan keuntungan besar, salah satunya adalah bisnis budidaya ikan nila berikut ini.



  • pallmall smoker

    kalau boleh tulisan2 peluang usaha langsung detail dgn studi kelayakannya, shg pembaca langsung punya gambaran cukup lengkap utk mengambil keputusan.