Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Prospek Bisnis Budidaya Jamur Kuping


Sebesar Apa Prospek Bisnis Budidaya Jamur Kuping?

Anda tahu jamur kuping? Kalau Anda pernah makan sate jamur, spaghetti jamur, burger jamur, lumpia jamur sampai es jamur berarti Anda memang jarang mendengar jamur kuping, dan lebih banyak mendengar dari jamur tiram. Tetapi prospek bisnis budidaya jamur kuping juga tidak kalah dari jamur tiram. Kenapa? Karena permintaan dan banyak yang masih belum terjun di bisnis ini. Silahkan simak prospek bisnis budidaya jamur kuping.

 

Harga jamur yang stabil setiap tahunnya, bahkan cenderung meningkat

Harga jamur kuping termasuk yang paling stabil. Terakhir harga jamur kuping perkilonya adalah 9 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah. Tahun lalu, harga jamur kuping adalah 8 ribu rupiah. Tren naiknya jamur kuping karena permintaan yang semakin banyak, dan petani jamur atau pebisnis jamur kuping. Bahkan setiap bulan ramadhan, harga jamur kuping cenderung naik. Pada saat Idul Fitri, jamur kuping bisa naik sampai 3 ribu rupiah per kilonya.

prospek-jamur-kuping

Jamur kuping tidak mengenal musim

Jamur kuping adalah jenis tanaman yang tidak mengenal musim. Karena pembiakannya bisa dilakukan di kandang atau di dalam bangunan. Jadi, jamur kuping tidak berpengaruh dengan kondisi cuaca, baik cuaca panas atau penghujan sekalipun. Anda bisa membiakkan jamur kuping pada saat musim kemarau atau musim penghujan. Syaratnya adalah Anda harus rajin-rajin menyiram dan menjaga jamur kuping dari hama penyakit. Selain itu, pemilihan bibit jamur kuping juga berpengaruh.

 

Bukan bisnis musiman

Ini bukan termasuk bisnis musiman, jika Anda mengetahui bisnis musiman seperti bisnis yang berkaitan dengan hari raya atau hari kemerdekaan. Prospek bisnis budidaya jamur kuping ini sangat cerah karena tidak mengenal musim atau kejadian tertentu. Jadi, Anda tidak perlu takut misalnya jamur kuping tidak laku atau sudah tidak musim. Selain itu, Anda harus pintar-pintar bagaimana menjual dan terus menjaga kualitas dari jamur kuping.

 

Penjualan cukup gampang

Hampir setiap restoran atau pasar dapat menerima dalam jumlah bayak jamur kuping Anda. Banyak petani atau pebisnis yang merasa terbantu dengan hadirnya pengepul atau pembeli jamur kuping. Untuk mendapatkan harga yang lumayan tinggi, Anda bisa mengolah jamur kuping terlebih dahulu kemudian menjualnnya, karena harga jamur kuping tergantung dari jenis dan kualitas.

 

Perawatan sangat mudah

Untuk sekedar informasi, prospek bisnis budidaya jamur kuping yang paling dilihat adalah perawatannya yang mudah. Ketika Anda sudah mempunyai lingkungan yang baik, Anda tinggal menyirami bibit jamur kuping Anda. Ya, Anda tidak perlu menambah pupuk atau semprotan lainnya untuk jamur kuping Anda. Dengan penyiraman teratur Anda bisa membudidayakan jamur kuping.

 

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui kan bagaimana prospek bisnis budidaya jamur kuping. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Studentpreneur Founder Story: Dari Cinta Jadi Bisnis Besar

Penerus Generasi Ketiga Justru Tinggalkan Teh Sosro Demi Passionnya

Sejak Usia 15 Tahun, Siswi SMA Ini Raup Jutaan Dari Bisnisnya

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Prospek Bisnis Budidaya Jamur Kuping
Author
Description
Sebesar Apa Prospek Bisnis Budidaya Jamur Kuping?