Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Pria Tidak Terkenal Dari Meksiko Ini Ternyata Terkaya Ketiga di Dunia


Meskipun tidak suka tampil di depan umum, Carlos Slim yang orang Meksiko ini tetaplah menjadi orang terkaya ketiga di dunia.

Jika kamu sebutkan nama Carlos Slim, apa yang ada dibenak Anda? Kosong dan bingung siap itu Carlos Slim. Carlos merupakan orang paling kaya di Meksiko dan terkaya nomor 3 di dunia. Keren kan, Meksiko yang selalu menjadi negara “kalah-kalahan” Amerika Serikat ini ternyata mempunyai orang terkaya nomor 3 di dunia. Carlos Slim adalah penguasa Meksiko, dia menguasai sektor retail, konstruksi dan telekomunikasi terbesar se Meksiko. Dan itu berada dalam satu perusahaan, dibawah  Grupo Carso. Kekayaan Carlos Slim sangat gila-gilaan, dia mempunyai kekayaan sebesar 70 miliar dolar atau setara 700 triliun.

 

Keturunan Lebanon

Ayah dari Carlos yaitu Julian Slim Haddad dan Linda Helu adalah keturunan asli Lebanon.  Meskipun demikian, keduanya dipertemukan ketika sudah di Meksiko. Ketika itu Julian Slim sudah mempunyai usaha, yaitu toko pakaian kecil. Sedangkan Linda mempunyai majalah bahasa Arab yang membahas tentang budaya Lebanon dan Meksiko. Jadi, kedua orang tua dari Carlos sudah mempunyai jiwa entrepreneur sejak muda. Julian Slim setelah menikah dengan Linda semakin memudahkan bisnisnya, Julian kemudian mempunyai bisnis real estate.

 

Sejak kecil ikut berbisnis ayahnya

Ketika Carlos Slim lahir pada tahun 1940, bisnis ayahnya sudah mulai berjalan. Tetapi tidak serta merta Carlos Slim mendapatkan kekayaan yang berlebih. Carlos disuruh ayahnya untuk mengikuti bisnis ayahnya. Ketika itu pada umur 17 tahun, ketika liburan sekolah Carlos bekerja disebuah bank yang telah dibeli oleh ayahnya. Disana dia mendapatkan uang saku tambahan. Jadi Carlos mendapatkan pelajaran dari ayahnya, jika ingin mendapatkan uang saku tambahan itu berarti harus bekerja keras.

Kemudian Carlos berkuliah di National Autonomous University of Mexico, dan mahir bahasa pemrograman liner. Setelah lulus kuliah, dia bekerja sebagai trader. Ternyata Carlos bekera sebagai trader untuk melatih kemampuan komunikasinya. Setelah beberapa bulan menjadi trader, Carlos membuka perusahaan broker sendiri. Setelah itu berkembang menjadi perusahaan restoran dan retail.

 

Perkembang bisnis yang sangat signifikan

Lalu, kenapa Carlos bisa sampai sesukses sekarang? Ternyata Carlos mempunyai strategi bisnis yang unik. Dia suka membeli perusahaan yang nyaris bangkrut dengan harga murah, kemudian dibenahi dan dijadikan perusahaan dengan keuntungan miliaran. Strategi ini berjalan ketika pada tahun 1980an, Meksiko dihantam krisis besar-besaran. Carlos dengan jeli membeli beberapa perusahaan yang bangkrut karena krisis moneter. Dia menjadikan beberapa perusahaan telekomunikasi yang akan bangkrut menjadi perusahaan telekomunikasi besar di Meksiko.

 

Orang kaya yang tak terdeteksi

profil-carlos-slim

Carlos Slim secara terang-terangan mengatakan dia adalah “anti Steve Jobs” yang tipe pebisnis sering tampil di muka umum. Carlos mengaku lebih memilih di kantor untuk membesarkan bisnisnya daripada mengumbar masalah pribadinya kepada jurnalis. Selain itu, Meksiko memang masih berada di bawah bayang-bayang Amerika Serikat. Banyak yang mengatakan, bahwa Meksiko adalah negara kedua setelah Amerika Serikat. Tetapi Carlos bisa membuktikan bahwa di Meksiko masih ada orang yang cukup diperhitungkan. Bagaimana menurut Anda? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: ITU]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Studentpreneur Road to Funding: Tetap Fokus di Misi dan Produk

Anda Bodoh Kalau Takut Ide Bisnis Anda Dicuri

Kisah Buruh Pabrik yang Berhasil Jadi Salah Satu Orang Terkaya Hongkong

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Pria Tidak Terkenal Dari Meksiko Ini Ternyata Terkaya Ketiga di Dunia
Author
Description
Meskipun tidak suka tampil di depan umum, Carlos Slim yang orang Meksiko ini tetaplah menjadi orang terkaya ketiga di dunia.