Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis teknologi

Petisi Hentikan Spam Iklan Internet Telkom Speedy


Benci karena intrusive ads Speedy muncul saat browsing website? Anda tidak sendirian. Bahkan kini ada petisinya!

Sebenarnya kantor Studentpreneur tidak menggunakan jaringan internet Telkom Speedy. Namun kami tidak bisa menahan diri untuk tidak menulis berita ini. Kami harap semua pihak yang berkaitan dapat melihat dari sudut yang positif.

Banyak sekali masyarakat memprotes strategi monetization dari Telkom Speedy beredar di social media. Bahkan, sudah ada yang membuat petisinya. Bagaimana tidak, iklan dari Speedy muncul secara otomatis saat kita browsing website apapun. Parahnya lagi, terkadang konten iklan dari Speedy menutupi website yang sebenarnya ingin kita akses, atau konten iklan itu sendiri sangat tidak berkaitan dengan websitenya sendiri. Studentpreneur telah melakukan sedikit investigasi dari sisi pelanggan, serta dari sisi pemilik website populer yang juga dirugikan oleh kebijakan ini.

bukti5

Dibenci Pelanggan

Tentunya kebijakan baru Speedy ini dibenci oleh pelanggan. Seperti screenshot dari halaman petisinya:

customer-benci

Di social media, banyak juga kebencian yang beredar. Berikut adalah beberapa tanggapan yang menarik menurut redaksi Studentpreneur.

 

Yefta (pelanggan Speedy dan pelajar di Surabaya):

Pada jaman dahulu, user dan developer dapat menggunakan internet dengan nyaman.. Namun, semuanya berubah ketika script iklan u-ad.info menyerang.. ‪#‎meh

 

Sa’atul Ihsan (pelanggan Speedy dan professional jaringan di Malang):

Telpon 147 sambil marah-marah gara-gara disusupi iklan u-ad.info. Eaalah CSnya bilang kami check dahulu terus disuruh install adsblockplus. Saya bilang itu bukan masalahnya, tapi Telkom menjejali iklan. Tiba-tiba telponnya dimatiin. Telkom ini semakin lama kok semakin serakah aja.

 

Salahuddin (pelanggan Speedy dan pebisnis):

Tentu saja Saya sangat kecewa. Saya ingin membuka website tertentu, tiba-tiba iklan yang tidak berkaitan muncul. Sangat mengganggu pengalaman browsing internet.

 

Pemilik Website LEBIH Dirugikan

Tidak hanya pelanggan Telkom saja yang dirugikan, namun pemilik website juga. Pengalaman membaca website yang sudah Anda bangun menjadi hancur begitu saja dengan iklan yang tidak ada hubungannya dengan Anda. Parahnya lagi, Anda juga tidak mendapatkan bagian sepeserpun dari Telkom. Oleh karena itu, kami mencoba menghubungi beberapa pendiri startup teknologi yang berpengaruh di Indonesia untuk meminta pendapat mereka tentang hal ini.

 

Leontinus (Pendiri Tokopedia, yang Baru Saja diinvestasi 1 Trilliun Rupiah):

Bukan hanya masalah mengakali ads saja sih, masalah lain juga adalah injeksi script yang bisa kacaukan apps yg kita buat. Ada teman yang share dia develop apps yang return json, diinjeksi script jadi format json nya kacau, akibatnya apps di client tidak bisa terbaca. Nah bagaimana itu??

 

Denny Santoso (Pendiri duniafitnes.com):

Intrusive ads itu menganggu pengguna, serta merugikan bagi pemilik website karena berpotensi membuang traffic. Jadi kalau bisa dihilangkan tentu lebih bagus.

 

Taufshwara Diasrandaru (Pendiri Jelasin.com):

Intrusive ads ini kan HTML injection, jadi sebenerya Telkom ini melanggar kode etik pembuat situs. Sederhananya begini, Telkom ini pembuat jalan depan toko kita, karena merasa pembuat jalan bukan berarti dia berhak masang Billboard besar-besar di depan toko kita kan.

 

Apa yang harus dilakukan Telkom Speedy

Saat ini kita sebagai pelanggan dan pemilik website hanya bisa berharap Telkom Speedy mempertimbangkan kembali strategi monetizationnya ini. Namun kami percaya Telkom Speedy sebagai salah satu provider internet terbesar di Indonesia tentunya tidak akan tinggal diam apabila pelanggannya kecewa. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda akan ikut menandatangani petisi tersebut? Dan, kira-kira, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh Telkom Speedy? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Studentpreneur Founder Story: Dari Cinta Jadi Bisnis Besar

Penerus Generasi Ketiga Justru Tinggalkan Teh Sosro Demi Passionnya

Sejak Usia 15 Tahun, Siswi SMA Ini Raup Jutaan Dari Bisnisnya

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Petisi Hentikan Spam Iklan Internet Telkom Speedy Mulai Marak
Author
Description
Benci karena intrusive ads Speedy muncul saat browsing website? Anda tidak sendirian. Bahkan kini ada petisinya!