Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Uncategorized

Pengusaha Online Games Bisa Jadi Salah Satu Orang Terkaya di Tiongkok


Kata siapa bermain game online tidak ada gunanya? Ding Lei membuktikan bahwa online games bisa jadi bisnis yang menguntungkan.

Ding Lei atau biasa di sapa William Ding, adalah satu-satunya orang terkaya di Tiongkok yang mempunyai usaha online games. Dibandingkan dengan saingan-saingan diatasnya yang kebanyakan bergerak di bidang internet media, e-commerce dan real estate. Tetapi Ding Lei berhasil masuk kedalam peringkat ke 19, dengan perusahaan NetEase. NetEase sekarang merupakan publisher game terbesar di Tiongkok. Andalan gamenya adalah game-game dari Activision Blizzard.

 

Pintar mengambil peluang

Lalu bagaimana Ding Lei bisa sampai berjaya hanya dengan menjadi publisher game dan web portal? Ternyata, menurut survey setiap hari ada sekitar 10 juta anak di Tiongkok yang bermain game online. Mulai dari yang bermain multiplayer atau bermain game online biasa. Nah, dari situlah Ding Lei mendapatkan kesuksesan. Dia berhasil masuk menjadi satu-satunya publisher game pertama di Tiongkok. Bahkan sekarang Ding Lei jadi satu-satunya orang terkaya di Tiongkok yang mempunyai usaha publisher game.

NetEase mempunyai website 163.com, sebuah search engine, web portal, email sampai sosial media. Dari situlah akhirnya Ding Lie mempunyai ide untuk membuat publisher game. Karena ternyata pengguna internet, khususnya orang untuk bermain game di Tiongkok cukup besar. Bahkan sampai sekarang pertumbuhan game di Tiongkok cukup besar, pertumbuhannya setiap tahun bisa mencapai 10% sampai 20%.

Ketika masih 163.com merajai internet media di Tiongkok, dia mendapatkan tawaran untuk mendanai website edukasi online. Kemudian dia ternyata dengan senang hati untuk mendanani program tersebut. Bahkan Ding Lei juga turut untuk masuk kedalam program edukasi online tersebut. Tidak lama setelah itu, Ding Lei berada di Amerika Serikat untuk studi banding tentang sistem edukasi disana. Pikiran Ding Lei langsung terbuka, hampir semua orang di Amerika ternyata pernah mencoba pendidikan online.

“Saya sangat senang dengan projek tersebut, bahkan saya tidak mengambil keuntungan apa-apa dari sana”

NetEase sendiri lahir pada tahun 1997, ketika itu Ding Lei masih berjaya dengan 163.com. Sampai sekarang 163.com masih menjadi salah satu website 10 besar yang banyak dikunjungi di Tiongkok. NetEase kemudian berkembang menjadi publisher games yang terbaik di Tiongkok. Pada tahun 2012, NetEase mengeluarkan website sosial media untuk restoran bernama Fan Fan. Dan terakhir pada tahun 2014, dia mengeluarkan NetEase Cloud Music, sebuah sosial media untuk musikus. Jadi disana yang mendaftar bisa berbagi musik secara mudah. Bahkan tidak jarang, Ding Lei menyinggung-nyinggu soal Spotify yang dianggap masih kurang baik.

profil-ding-lei

Ding Lei adalah tipe pebisnis yang menyukai ide. Apapun ide tersebut jika dinilai menguntungkan banyak orang, Ding Lei pasti langsung mengeksekusinya. Itulah kenapa Anda melihat begitu banyak bisnis dari Ding Lei. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Zimbio]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Bisnis Cake Dalam Toples Pemuda Malang Ini Raup Ratusan Juta Rupiah

Anak Umur 15 Tahun Jadi Rebutan Google dan Facebook

Wanita Cantik Dibalik Penemuan Medis Revolusioner

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Pengusaha Online Games Bisa Jadi Salah Satu Orang Terkaya di Tiongkok
Author
Description
Kata siapa bermain game online tidak ada gunanya? Ding Lei membuktikan bahwa online games bisa jadi bisnis yang menguntungkan.