Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Pendiri Facebook Kini Menjadi Seorang Raja Pesta


Apakah Anda pernah menonton film “The Social Network”? Film yang memboyong 3 penghargaan Oscar ini bercerita tentang asal mula berdirinya Facebook, sebuah perusahaan teknologi sosial terbesar di dunia. Sepanjang film, Anda akan disuguhkan pertarungan antara Mark Zuckerberg yang merupakan pendiri utama Facebook, dengan Eduardo Saverin dan Winklevoss bersaudara. Bagi yang belum tahu, meskipun film The Social Network banyak yang didramatisir, film tersebut menggambarkan sedikit banyak perselisihan Eduardo Saverin, salah satu pendiri Facebook yang resmi. Apakah Anda penasaran dengan kabar Eduardo Saverin saat ini? Tim Studentpreneur berusaha melakukan penelusuran dan inilah ceritanya.

 

Eduardo Mendirikan Facebook Bersama Mark Zuckerberg

Eduardo Saverin adalah salah seorang jenius Harvard yang diajak oleh Mark Zuckerberg mengembangkan Facebook. Salah satu algoritma pertama Facebook adalah buatan Eduardo yang memang ahli matematika. Fakta tambahan agar Anda memahami seberapa pintar Eduardo, dia pertama kali masuk koran di usia 13 tahun karena berhasil mengalahkan seorang Grand Master catur. Demi pengembangan yang lebih besar, mereka sepakat untuk membagi tugas, Mark Zuckerberg mengerjakan pengembangan teknis, sedangkan Eduardo mengembangkan sisi bisnis dan mencari investor untuk Facebook. Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, dan beberapa pendiri Facebook awal memutuskan untuk pindah ke Silicon Valley, namun, Eduardo tetap tinggal di Harvard untuk menyelesaikan kuliahnya dan mencari investor Facebook disana.

 

Perselisihan Dengan Mark Zuckerberg

Perkembangan bisnis yang ditangani oleh Eduardo berjalan sangat lambat, jauh lebih lambat dari perkembangan sisi teknis yang terjadi di sisi Mark Zuckerberg. Setelah berkenalan dengan Sean Parker, pendiri Napster yang sempat menjadi website musik terkenal di dunia, Mark Zuckerberg mendapatkan tawaran dari berbagai investor besar Silicon Valley. Suasana menjadi tegang karena Eduardo yang kecewa Zuckerberg menjalin kesepakatan dengan investor tanpa dirinya tiba-tiba membekukan akun bank perusahaan Facebook. Mark Zuckerberg marah besar dan hampir menghapus semua saham Eduardo di Facebook. Setelah beberapa kali sesi pengadilan, Eduardo berhasil memenangkan 4-5% saham Facebook yang bernilai 4-5 Milliar Dollar atau 40-50 Trilliun Rupiah.

Dalam berbagai kesempatan, Eduardo Saverin menyatakan pada media kalau dia tidak marah terhadap Mark Zuckerberg. Kenyataannya, dia dan Mark masih merupakan seorang teman dan bagi Eduardo, Mark Zuckerberg adalah orang yang bisa mengubah dunia. Eduardo bahkan memberikan selamat ketika Facebook berhasil IPO. Nah, apa yang akan dilakukan Eduardo Saverin dengan uang 40-50 Trilliun Rupiah tersebut? Apakah dia akan mengubah dunia seperti Mark Zuckerberg?

eduardo

Eduardo Saverin Sang Raja Pesta

Iya, tapi hanya ketika dia sudah menemukan hal yang menarik perhatiannya. Menurut penuturan Daily Mail, Eduardo yang telah melepas kewarganegaraan Amerika saat ini tinggal di Singapura dan benar-benar menikmati hari-harinya disana. Apabila Anda ingin melakukan bisnis dengan Eduardo, Anda tidak bisa menemuinya di kantor, melainkan di klub malam. Seringkali Eduardo menyewa meja VIP yang senilai 30 juta semalam, mentraktir teman-temannya, dan menggandeng banyak sekali wanita. Gaya hidup bebas ini membuatnya kenal dengan Rachel Kum, mantan ratu kecantikan Singapura sekaligus pemilik perusahaan komestik Rachel K Cosmetics. Eduardo mendanai Rachel untuk mendirikan perusahaan tersebut.

Masih menurut Daily Mail, ketika Mark Zuckerberg bekerja 16 jam sehari di kantor Facebook, Eduardo benar-benar merupakan sosok yang sangat berbeda dengan kegemarannya melakukan pesta dan membeli mobil mewah (dia menggunakan Bentley sehari-hari). Eduardo Saverin tampaknya benar-benar tahu bagaimana cara menikmati hidup, sampai mungkin suatu hari nanti mendapatkan kesempatan untuk kembali mengubah dunia. Bagaimana menurut pendapat Anda Sobat Studentpreneur? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga:

Penjual Ikan Hias Menjadi Pemenang Wirausaha Muda Mandiri

Sandiaga Uno, Dari Karyawan Astra Jadi Orang Terkaya ke 47 Indonesia

Anak Glodok Menjadi Terkaya ke 33 di Indonesia

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+ 




  • Andy Tjhin

    berarti dia tw cara buat nikmatin hidup dari kerja kerasnya… GOOD JOB EDUARDO…

  • Anto

    Bagian mana kontribusi Eduardo untuk Facebook? Tidak ada…