Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Studentpreneur Indonesia

Pemuda Ini Meraup Keuntungan Besar dari Berbisnis Sushi


Meskipun Masih Berusia 25 Tahun, Pemuda Ini Meraup Keuntungan Puluhan Juta Rupiah Dari Berbisnis Sushi. Inilah Bos Pecopeco, Albert Rahardjo.

Sushi sudah dikenal sebagai makanan khas asal negeri Sakura, Jepang. Kenyataannya, makanan ini juga digemari oleh masyarakat Indonesia. Peluang inilah yang coba dijalankan oleh Albert Rahardjo dengan mendirikan bisnis kuliner dengan nama Pecopeco Sushi hingga meraup keuntungan besar.

 

Sejak kapan Mas Albert mulai mengembangkan bisnis sushi pecopeco?

Saya mengembangkan bisnis sushi pecopeco ini sejak tahun 2009 yang lalu. Hal ini berawal dari kegemaran saya yang sangat senang makan sushi, makanan khas Jepang. Seperti halnya anak muda yang lain, saya pun suka melakukan petualangan kuliner dari satu resto ke resto yang lain. Dan setiap datang ke restoran Jepang, saya mengamati bahwa sebagian besar penikmat makanan Jepang ini adalah dari kalangan menengah keatas. Sejak saat itu saya pun memutuskan untuk terjun ke bisnis kuliner, khususnya sushi. Pasalnya, saya melihat peluang bisnis yang cukup terbuka dan pangsa pasar yang cukup tinggi sehingga nantinya akan menghasilkan banyak keuntungan.

Albert

Apa sih tantangannya mengembangkan bisnis sushi?

Ya, tentu saja setiap bisnis memiliki tantangan tersendiri, tak terkecuali bisnis kuliner. Sebagai seorang pengusaha kuliner maka saya harus menjaga kualitas makanan yang akan disajikan. Jangan sampai ada customer yang komplain karena makanan yang disajikan tidak memiliki kualitas rasa. Selain itu, saya juga selalu berinovasi dengan menciptakan menu-menu baru yang tak dimiliki oleh restoran lain yang menyajikan menu sushi. Contohnya saja, saya memiliki menu platter dimana dalam satu menu terdapat berbagai macam menu sushi yang berbeda dengan kualitas daging ikan tuna yang segar. Dengan begitu, jika customer ingin menikmati sushi dengan cita rasa yang unik, mereka hanya bisa datang ke sushi pecopeco.

 

Selain itu, apa sih yang menjadikan sushi pecopeco unik dan selalu mendapat tempat di hati pelanggan?

Pecopeco Sushi merupakan sebuah resto cepat saji yang menghadirkan kuliner khas Jepang. PecoPeco Sushi merupakan salah satu tempat kuliner yang wajib untuk di datangi, terutama bagi Anda para pecinta kuliner khas Jepang maupun Korea. Sebenarnya Peco-Peco Sushi bukan resto baru di kelas sushi dengan harga terjangkau. Selain Sushi, Resto Jepang ini juga menyediakan beragam menu lainnya seperti Gunkan, Ramen dan Menu Set. Harganya pun sangat terjangkau dan tentu saja ramah di kantong, yakni hanya mulai dari Rp 15.000 saja.

Tak hanya itu saja, saya juga menawarkan sistem delivery yang sebelumnya tidak pernah dilakukan oleh resto lainnya. Dengan sistem ice pack pada delivery box, maka customer akan tetap dapat menikmati sushi dengan kondisi daging ikan yang masih segar. Jadi, customer masih dapat merasakan cita rasa sushi yang sama saat mereka makan langsung di restoran kami.

 

Dalam sebulan berapa keuntungan yang dihasilkan oleh pecopeco sushi?

Kebetulan saya memiliki resto sebanyak 11 unit yang tersebar diberbagai tempat di kota Surabaya. Dan dalam sebulan saya bisa meraup keuntungan puluhan juta rupiah dari kesebelas resto tersebut. Saya sangat bersyukur, itu artinya pecopeco sushi tetap menjadi pilihan masyarakat jika ingin menikmati masakan khas Jepang dengan harga yang terjangkau. Selain itu, saya juga tidak menerapkan sistem diskon dalam penjualan. Bagi saya, jika produk yang ditawarkan memang berkualitas maka pembeli pun akan rela membayar walaupun harganya sedikit mahal.

 

Menurut Mas Albert, bagaimana perkembangan bisnis kuliner di Indonesia dan terkait dengan sushi khususnya?

Ya, pesaing untuk bisnis kuliner khususnya makanan sushi saat ini sudah mulai banyak bermunculan. Setiap restoran juga menawarkan khusus yang tentunya untuk memikat customer. Oleh karena itu, saya harus tetap dapat bersaing dengan selalu menawarkan produk-produk baru yang berkualitas dan berbeda. Kami pun menawarkan sushi yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki cita rasa yang unik dan sesuai dengan lidah orang Indonesia. Jadi, masyarakat tetap dapat menikmati sushi dengan cita rasa yang khas dan tidak ada di restoran yang lain.

 

Pernah merasa frustasi karena jenuh atau gagal menjalankan bisnis? Bagaimana Mas Albert mengatasinya?

Sejauh ini saya belum pernah merasakan jenuh dalam menjalankan bisnis. Hal ini dikarenakan saya selalu merasa belajar hal yang baru dan senang untuk menemui hal-hal yang baru dalam berbisnis. Tapi bukan berarti saya tidak pernah mengalami kegagagalan dalam berbisnis. Saya pernah memiliki satu outlet yang mengalami kerugian karena tidak memenuhi target penjualan. Setelah dilakukan evaluasi, ternyata penyebabnya adalah salah dalam pemilihan lokasi. Belajar dari hal tersebut maka sebelum mendirikan outlet baru maka saya pun menganalisa terlebih dulu calon konsumen disekitar tempat outlet sehingga tidak akan mengalami hal yang sama.

 

Kedepan, apa target Anda dalam bisnis pecopeco sushi?

Setiap orang tentu ingin memiliki bisnis yang semakin berkembang. Oleh karena itu, saya juga berkeinginan agar kedepan nanti outlet saya semakin bertambah. Bukan hanya di Surabaya saja, tetapi juga luar Surabaya atau bahkan diluar Jawa Timur. Desember nanti, saya berencana mendirikan outlet pecopeco sushi di Jember dan Malang. Dan jika memungkinkan, pada awal 2015, saya juga berkeinginan untuk mendirikan pecopeco sushi diluar Pulau Jawa nantinya. Dengan begitu, semua orang pun dapat menikmati makanan khas dari Jepang ini.

 

Terakhir, apa saran dari Mas Albert agar mereka yang memulai bisnis seperti Anda tetap bersemangat?

Saya memiliki prinsip untuk dapat menjadi pengusaha sukses sebelum usia 30 tahun. Dan itu selalu saya tanamkan dalam pikiran saya ketika memulai berbisnis. Sehingga saya pun harus pintar membagi waktu antara kuliah dan bisnis. Dan kalimat tersebut juga menjadi penyemangat dalam berbisnis. Oleh karena itu, setiap pebisnis harus memiliki kemauan yang tinggi untuk selalu belajar dan berusaha agar menjadi seorang pengusaha yang sukses. Selain itu, harus selalu berinovasi dalam setiap menciptakan produk-produk yang berkualitas. Terakhir, seorang pengusaha juga harus memiliki analisa pasar yang tepat dalam menjalankan setiap bisnisnya.

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Hobi Game, Wanita Ini Raup Ratusan Juta Rupiah Per Bulan

Sempat Dibully, Siswi Kelas 3 SMA Ini Justru Tuai Puluhan Juta Rupiah

Jual Lele Bisa Dapat Harley Davidson Ratusan Juta

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Pemuda Ini Meraup Keuntungan Besar dari Berbisnis Sushi
Author
Description
Meskipun Masih Berusia 25 Tahun, Pemuda Ini Meraup Keuntungan Puluhan Juta Rupiah Dari Berbisnis Sushi. Inilah Bos Pecopeco, Albert Rahardjo.