Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Pemuda Ini Dapatkan Milliaran Rupiah Dengan Membuat Jutaan Orang Tertawa


Bayangkan betapa bahagianya kalau Anda berhasil membuat puluhan juta orang tertawa, namun juga mendapatkan uang sampai puluhan milliar rupiah? Ray Chan, anak muda dari Hong Kong berhasil mewujudkannya dengan menciptakan situs komedi populer 9GAG. Tanyalah pada anak muda yang berusia di bawah 30 tahun, kebanyakan dari mereka adalah pengunjung setia 9GAG. Bahkan, saking populernya di Indonesia, sampai ada situs-situs lokal yang berusaha menjadi 9GAG-nya Indonesia. Saat ini, 9GAG dikunjungi oleh lebih dari 70 juta orang yang membuka milliaran halaman dalam sebulan. Angka luar biasa tersebut membuat Ray Chan dan 9GAG mendapatkan investasi dari True Ventures, serta pebisnis teknologi besar di Amerika seperti Chris Sacca, Kevin Rose, dan Naval Ravikant senilai 2,8 Juta Dollar atau 28 Milliar Rupiah.

Awalnya, Ray Chan sama sekali tidak menyangka 9GAG akan menjadi sepopuler sekarang. Ray Chan menciptakan 9GAG ketika masih berusia 24 tahun sebagai sebuah project sampingan menyenangkan. Project utamanya sendiri adalah sebuah startup aplikasi photo sharing dan web karaoke Singboard yang didanai oleh 500 startups, akselerator startup yang besar di Amerika. Namun, seiring berjalannya waktu, justru project sampingan yang tidak mereka kerjakan dengan serius, 9GAG, mendapatkan tanggapan yang luar biasa oleh penggemarnya. Project utama photo sharing dan web karaoke mereka gagal total, dan Ray Chan memutuskan untuk berkonsentrasi mengerjakan 9GAG sepenuhnya.

9gag

Untuk mendukung pertumbuhan 9GAG, Ray pergi ke Amerika dan bergabung dengan Y Combinator, akselerator startup besar yang pernah melahirkan Reddit. Konten-konten 9GAG sering sekali di share di Reddit, sampai-sampai lahir berbagai meme internet populer di dunia. Dengan kombinasi unik antara humor, meme internet, komunitas Reddit, penggemar di Facebook dan Twitter yang sampai jutaan orang, akhirnya 9GAG tumbuh dengan tidak masuk akal. Meskipun membayar biaya server Amazon sangat mahal untuk mendukung pertumbuhannya, 9GAG menyatakan dalam kondisi terus untung karena penghasilan dari iklan yang sangat besar.

“Kami ingin menjadi tempat dimana orang-orang bisa mengunjunginya saat mereka ingin membunuh waktu dan tertawa,” ujar pendiri 9GAG Ray Chan, “kami ingin membuat dunia menjadi tempat yang sedikit lebih bahagia.” Meskipun Amerika masih menjadi sumber pengunjung terbesar, 9GAG menyatakan angkanya hanya 12%. Artinya, penyebaran pengunjung 9GAG sangat merata, populer di hampir semua Negara di dunia. Ray Chan sudah semakin dekat dengan misinya untuk membuat banyak orang tertawa, sambil tentunya menghasilkan uang.

Nah Sobat Studentpreneur, kami ada berita gembira untuk kalian. Ray Chan sudah mengkonfirmasi kehadirannya di NXTCon 2014, sebuah event entrepreneurship yang juga didukung oleh Studentpreneur. Ray akan berbagi ilmu serta tipsnya untuk membangun sebuah website populer seperti 9GAG. Studentpreneur juga akan mendapatkan sesi wawancara khusus dengan Ray, dimana dia akan menjawab pertanyaan dari Sobat Studentpreneur. Bagi Sobat Studentpreneur yang ingin bertanya pada Ray Chan, langsung saja bertanya melalui fitur komentar di artikel ini. Beberapa pertanyaan terpilih akan dijawab langsung oleh Ray Chan!

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

NXTCon – Pebisnis Teknologi Dunia Berkumpul di Jakarta Mei Nanti

Anak Muda Terkaya di Amerika Hidup Sederhana

Cara Mencari Ide Bisnis Ala Paul Graham

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+ 




  • khafidhoh,AMd

    wah,kalo bikin org2 tertawa itu pekerjaan gw jg.temen2 bilang gw kocak n koplax hahaha….