Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Motivasi Seri Orang Terkaya Dunia

Pemilik Klub Bola AC Milan Ini Dulunya Cuma Penyanyi Cafe


Berjuang dari bawah, presiden klub sepak bola ini berhasil menjadi orang terkaya di Italia.

Dimata orang Indonesia, Silvio Berlusconi dikenal sebagai seorang presiden AC Milan. Bahkan para supporter AC Milan di Indonesia tidak peduli bahwa dia pernah menjadi perdana menteri 3 kali, atau bahkan pernah selingkuh, cerai dan hal buruk tentang Berlusconi lainnya. Yang mereka tahu adalah Berlusconi telah berjasa menyelamatkan AC Milan dari kebangkrutan. Dan di tangan Berlusconi pula, AC Milan sudah merebut setidaknya 31 tropi.

Tetapi sekarang kami tidak akan membahas tentang pencapaian Berlusconi sebagai presiden AC Milan, tetapi bagaimana Berlusconi menjadi seperti sekarang. Ternyata Berlusconi adalah seorang entrepreneur yang memulai bisnisnya dari bawah. Mulai dari penyanyi cafe, berjualan vacuum cleaner sampai akhirnya jadi kontraktor serta raja media di Italia.

 

Keluarganya bukan keluarga kaya

Pasti banyak yang mengira bahwa Berlusconi adalah anak dari orang kaya. Ternyata keluarga Berlusconi adalah keluarga yang biasa-biasa saja, ayahnya seorang pegawai bank biasa dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Masa sekolahnya pun biasa saja, tidak yang spesial. Kemudian dia masuk kedalam Universitas Statale, disana Berlusconi mengambil jurusan hukum.

Yang menarik adalah, sewaktu kuliah Berlusconi ini sudah mempunyai jiwa entrepreneur yang cukup tinggi. Dia mempunyai band, dan Berlusconi bermain sebagai pemetik bass. Bersama bandnya tersebut, dia pernah main di cafe-cafe dan kapal pesiar. Bahkan, Berlusconi pernah menjual vacuum cleaner semasa kuliah untuk membantu keuangannya.

Setelah lulus, dia tidak berkeinginan untuk bekerja di perusahaan. Dia langsung ingin membuat perusahaan kontruksi. Tetapi karena tidak mempunyai uang yang cukup banyak, dia akhirnya mengikuti tender-tender konstruksi yang kecil. Kehidupan Berlusconi kemudian berubah ketika pada usia 27, dia memenangkan tender dan mendirikan perusahaan konstruksi yaitu Milano Due.

 

Mulai masuk ke dunia media

Naluri dan passion Berlusconi sebagai entrepreneur sangat tinggi, sukses di dunia konstruksi tidak membuat Berlusconi puas. DIa kemudian mulai masuk kedalam dunia media. Lagi-lagi, karena tidak mempunyai uang yang cukup, Berlusconi membuat tv kabel Telemilano. Pertama Berlusconi membuat 2 channel televisi di Italia karena keterbatasan uang. Ketika itu tahun 1973, siaran televisi tidak ada yang nasional, hanya lokal. Disini kepintaran Berlusconi mulai terlihat.

Dia tentu tidak ingin membuat channel baru disetiap wilayah Italia, padahal dia ingin menyiarkan program TVnya diseluruh Italia. Akhirnya dia membuat stasiun TV virtual, diseluruh Italia. Ide tersebut sangat jenius, dan kemudian diikuti beberapa program TV lainnya.

silvio-berlusconi

Mendirikan Fininvest, perusahaan media terbesar di Italia

Setelah berhasil menguasai program televisi, kemudian Berlusconi membuat perusahaan advertising. Perusahaan tersebut dinamakan Mondadori. Karena terlalu banyak bisnis yang dimiliki oleh Berlusconi ketika itu, dia akhirnya membuat Fininvest, perusahaan yang membawahi semua perusahaannya tersebut. Termasuk didalamnya adalah AC Milan. Ketika Berlusconi membuat perusahaan media tersebut, dia sudah mendapatkan kekayaan sebesar 53 juta euro. Dengan media tersebut, Berlusconi berhasil mendirikan partai dan menjadi perdana menteri Italia selama 3 periode. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Hot Gossip]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Studentpreneur Road to Funding: Tetap Fokus di Misi dan Produk

Anda Bodoh Kalau Takut Ide Bisnis Anda Dicuri

Kisah Buruh Pabrik yang Berhasil Jadi Salah Satu Orang Terkaya Hongkong

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Pemilik Klub Bola AC Milan Ini Dulunya Cuma Penyanyi Cafe
Author
Description
Berjuang dari bawah, presiden klub sepak bola ini berhasil menjadi orang terkaya di Italia.