Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Wanita Sukses

Pelajaran yang Bisa Didapat dari Seorang Martha Tilaar


Siapa sekarang yang tidak mengetahui tentang kisah Martha Tilaar. Salah satu tokoh bisnis dan kosmetik Indonesia ini berbagi pelajaran untuk kita semua!

Sosok inspiratif Martha Tilaar merupakan pemilik sekaligus direktur utama PT Sari Ayu Martha Kosmetika Indonesia. Bagi Ladies Studentpreneur, tentu tidak asing dengan kosmetik Sari Ayu atau mungkin kosmetik yang Anda pakai sekarang adalah Sari Ayu. Mereka memang selalu mengedepankan kualitas dan menggunakan bahan-bahan asli Indonesia.

Martha Tilaar adalah seorang pebisnis kosmetik kelahiran Kebumen, tahun 1937. Dia tidak membangun Sari Ayu dalam sekejap mata, apalagi soal kosmetik yang membutuhkan riset panjang. Tentu Martha Tilaar mengetahui bahwa kosmetik tidak bisa dibuat secara sembarangan. Dengan dukungan suaminya, akhirnya Martha Tilaar membuka salon kecantikan pertamanya, di sebuah garasi rumah ayahnya. Nah, kita akan menyimak beberapa pelajaran yang bisa didapat dari seorang Martha Tilaar.

 

Suka berbisnis sejak kecil

Ada yang berkata, apakah seorang entrepreneur itu dilahirkan atau dibuat. Dan tampaknya, Martha Tilaar adalah salah satu yang dilahirkan sebagai seorang entrepreneur. Sejak SMA Martha Tilaar sudah terbiasa hidup mandiri. Bahkan dia sudah senang dengan hal-hal yang berbau kecantikan. Pada saat sekolah SMA tersebut, Martha Tilaar membuat hiasan dari bunga-bunga seperti Sogok Telik dan Jali-jali putih. Setelah dirangkai, dia menjual hiasan tersebut kepada teman-temannya. Dengan begitu, Martha Tilaar sudah bisa mendapatkan tambahan uang saku.

 

Masuk ke universitas sesuai passion Anda

Setelah lulus SMA, Martha Tilaar melanjutkan kuliah di IKIP Jakarta. Lalu Martha Tilaar di pinang oleh seorang ningrat yaitu Henry A Rudolf. Sebenarnya Martha sangat ingin melanjutkan sekolah kecantikan tetapi tidak kesampaian. Akhirnya ketika suaminya mendapatkan tugas ke Amerika Serikat, Martha Tilaar memanfaatkan momen tersebut dengan baik. Dia masuk ke dalam Academy of Beuty Center, Indiana.

Martha Tilaar menyebutkan bahwa untuk mendukung karirinya, dia harus masuk dan mendalami jurusan kecantikan. Tidak hanya kuliah, Martha Tilaar juga bekerja di sebuah salon di Indiana selama 3 tahun. Bahkan Martha Tilaar belajar sampai di Eropa untuk belajar tentang pembuatan kosmetik.

 

Lestarikan budaya Indonesia

Martha Tilaar kecil ternyata banyak tingkah, bahkan tingkahnya seperti anak laki-laki. Akhirnya ibunya kesal, dan menitipkan Martha Tilaar kecil ke teman ibunya, seorang ahli kecantikan yaitu Titi Poerwosoenoe. Martha Tilaar menganggap bu Titi ini adalah guru pertamanya. Kata-kata yang melekat adalah untuk melestarikan budaya Indonesia, kita harus menggunakan produk lokal. Akhirnya walaupun Martha Tilaar lulusan Amerika Serikat, ketika mengembangkan Sari Ayu dia tetap mengambil bahan-bahan alami dari Indonesia. Martha Tilaar selalu mengatakan bahwa kosmetik di Indonesia tidak pernah kalah dengan produk luar.

 

Tidak pernah lelah, sampai saat terakhir

Anda tahu, ketika pulang ke Indonesia. Martha Tilaar sangat ingin membuka salon kecantikan pertamanya di Kebumen. Karena tidak punya modal yang cukup, dia membuka salon kecantikannya di garasi rumah ayahnya. Tetapi karena kualitas salon kecantikan Martha Tilaar memang bagus, tidak butuh lama salonnya tersebut berkembang. Hanya selama 2 tahun, salon Martha Tilaar ini berhasil membuka cabang pertamanya pada tahun 1972 di Jakarta Selatan.

 

Mempunyai koneksi yang sangat bagus

Ketika membuka cabang di Jakarta, dia tidak lupa untuk memperkuat jaringannya. Dia berkenalan dengan beberapa pemilik salon di Jakarta. Akhirnya pemilik dari PT Kalbe Farma, Theresia Harsini Setiady, menawari untuk membuka pabrik kosmetik. Tentu itu tidak akan disia-siakan oleh Martha Tilaar. Inilah pentingnya sebuah koneksi. Akhirnya PT Sari Ayu Martha Tilaar pun berdiri.

 

Berani mengambil keputusan

Keputusan mendirikan salon kecantikan pertama pada tahun 1970 adalah keputusan berani oleh Martha Tilaar. Pertama karena dia tidak mempunyai pengalaman dalam membuka salon kecantikan. Lalu kedua, tempat salon ini kurang strategis dan tentu terlalu beresiko jika tetap dibuka.

Tetapi semua resiko itu terbayarkan setelah salonnya ramai dan Martha Tilaar dapat membuka cabangnya di Jakarta. Jadi dalam berbisnis, kemampuan mengambil keputusan adalah hal yang harus Anda kuasai. Ada kalanya Anda akan dihadapkan sesuatu yang cukup pelik dan membuat Anda harus cepat mengambil keputusan.

profil-martha-tilaar

Pemerhati pendidikan dan entrepreneurship

Setelah sukses membuat Sari Ayu menjadi salah satu perusahaan kosmetik tebesar di Indonesia. Martha Tilaar adalah salah satu pemerhati pendidikan dan entrepreneurship yang sangat tinggi, khususnya terhadap perempuan. Dari 7000 karyawan yang ada di Sari Ayu, 70% adalah perempuan. Dia juga membuat Martha Tilaar foundation yang sudah meluluskan ribuan perempuan, yang  bertujuan untuk membuat entrepreneur di Indonesia lebih banyak, khususnya perempuan.
Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: The Peak]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tips Membangun Bisnis Keluarga Ala Raja Pizza Kanada

Bermodal 10 Juta Rupiah, Pria Ini Jadi Milliarder di Tiongkok

Cara Membangun Koneksi Untuk Bisnis Anda

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Pelajaran yang Bisa Didapat dari Seorang Martha Tilaar
Author
Description
Siapa sekarang yang tidak mengetahui tentang kisah Martha Tilaar. Salah satu tokoh bisnis dan kosmetik Indonesia ini berbagi pelajaran untuk kita semua!