Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Orang Terkaya Malaysia Ini Sukses Dari Pegawai Bank


Merintis dari seorang pegawai bank, Teh Hong Piow memiliki bank sendiri

Teh Hong Piow

Public Bank mungkin tidak ada di Indonesia, tetapi Public Bank merupakan bank lokal nomer satu di Malaysia. Bahkan Public Bank sudah membuka cabang di Asia, antara lain Malaysia, Vietnam, China, Hong Kong, Laos dan beberapa negara lain di Asia. Dan dibalik Public Bank adalah Teh Hong Plow, orang terkaya  nomer 5 di Malaysia dengan kekayaan 5.6 miliar dolar atau setara 56 triliun rupiah.

Awal karir menjadi pegawai Bank

Teh Hong lahir di Singapura pada tahun 1930, Teh Hong menghabiskan masa kecilnya di Singapura. Teh Hong bersekolah di Anglo-Chines School Singapura. Di sekolah itu pula Teh Hong bertemu dengan istrinya, Tay Sock Noy. Setalah lulus sekolah, Teh Hong merantau ke Malaysia, disanalah Teh Hong pertama kali berkenalan dengan dunia perbankan. Teh Hong bekerja sebagai pegawai bank biasa di Overseas-Chinese Banking Corporation (OCBC).

Walaupun bekerja sebagai pegawai biasa, Teh Hong tidak menyerah, Teh Hong malah lebih giat bekerja. Terbukti setelah 5 tahun Teh Hong naik pangkat menjadi officer di OCBC. Setelah merasa mempunyai kemampuan di perbankan, Teh Hong memutuskan untuk keluar dari OCBC dan kemudian menjadi manajer di Malayan Banking Berhad.

Dunia perbankan seakan menjadi puncak karir Teh Hong, pada umur 34, Teh Hong diangkat menjadi general manager di Malayan Banking Berhad. Bahkan Teh Hong menjadi general manager termuda pada saat itu. Lalu pada tahun 1966, Teh Hong bertekad bulat untuk membuat bank sendiri.

public bank studentpreneur

Mendirikan Public Bank

Setelah merasa mempunyai pengalaman yang tinggi, pada tahun 1966 Teh Hong membuat bank sendiri dengan nama Public Bank. Dengan pengalamannya, Public Bank berkembang menjadi Bank nomer satu di Malaysia. Teh Hong bekerja dengan seluruh stafnya dengan mengembangkan brand yaitu brand champion dan brand leader. Selain itu, Public Bank juga tidak serta merta mendapatkan kejayaan. Teh Hong membangun dari awal, mendapatkan kepercayaan dan sampai besar seperti sekarang. Cabang Public Bank juga berada di hampir seluruh Asia Tenggara dan beberapa di Asia. Public Bank juga memperoleh beberapa penghargaan BrandLaureate Signature Brand Awards 2012-2013 dan 7 tahun berturut-turut menjadi Best Brand in Financial Serives – Banking Category.

Pelajaran dari Teh Hong

Teh Hong selalu menanamkan jiwa kepemimpinan kepada seluruh karyawannya maupun koleganya. Teh Hong mempunyai 8 cara sukses yang selalu dishare kepada karyawannya. Yaitu, Anda harus mempunyai tujuan hidup, selalu bersungguh-sungguh dibidang yang Anda pilih, jadilah people oriented, tidak menyerah terhadap seluruh tantangan, selalu aktif dalam berpikir dan bertindak, profesional, hati-hati dan selalu positif.

 

Nah Sobat Studentpreneur, Anda sudah mengetahui bagaimana kisah Teh Hong dalam membangun bank sampai sekarang menjadi bank lokal nomor satu di Malaysia. Bagaimana menurut Anda?  [Photo Credit: Cycling Man]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Peluang Bisnis Franchise yang Menjanjikan

Rela Dibayar Sampah, Dokter Muda Ini Raih Kesuksesan Besar

Masih Kuliah, Anak Muda Ini Hasilkan Ratusan Juta Rupiah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Orang Terkaya Malaysia Ini Sukses Dari Pegawai Bank
Author
Description
Merintis dari seorang pegawai bank, Teh Hong Piow memiliki bank sendiri