Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Milliarder Salah Satu Orang Terkaya Malaysia: Pendidikan Itu Penting!


Banyak yang Bilang Untuk Sukses Kita Tidak Perlu Pendidikan. Menurut Jeffrey Cheah, Salah Satu Orang Terkaya di Malaysia, Pandangan Itu Salah!

Siapa yang tidak ingin punya bisnis sukses dan punya banyak keuntungan. Setelah Anda mendapat kesuksesan lalu apa yang Anda bisa lakukan untuk keluarga atau orang disekitar Anda? Coba Anda simak tentang kisah Tan Sri Dr Jeffrey Cheah Fook Ling atau akrab disapa Jeffrey Cheah. Jeffrey ini merupakan pendiri dari Sunway Group, perusahaan properti dan real estate asal Malaysia. Jeffrey sekarang berkontribusi kepada negaranya dengan cara memajukan Malaysia dalam sektor pendidikan. Jeffrey mendirikan Jeffrey Cheah Foundation dan Sunway College.

 

Pendidikan adalah yang terpenting

Lahir di daerah Perak, Malaysia. Jeffrey sudah mengenyam pendidikan sejak kecil. Jeffrey adalah lulusan dari SMK Sultan Yussuf di Batu Gajah Malaysia. Setelah itu, Jeffrey melanjutkan kuliahnya di Australia. Jeffrey sudah tertarik di dunia bisnis, dia mengambil jurusan bisnis di Universtias Victoria, Melbourne. Sekarang Jeffrey bahkan sudah mempunyai 9 gelar kehormatan dari beberapa universitas didalam ataupun diluar negeri. Dan sebagai informasi, di Malaysia, Jefrrey mendapat panggilan Dr Cheah karena banyaknya mendapat gelar pendidikan.

sunway-building

Mendirikan Sunway Group

Setelah lulus dari kampusnya di Australia, Jeffrey langsung menjadi akuntan dibeberapa perusahaan, salah satunya adalah pabrik motor di Malaysia. Tapi hanya bertahan beberapa tahun, Jeffrey mulai tertarik pada properti, akhirnya Jeffrey melakukan investasi properti pertamanya pada tahun 1974 untuk nendirikan Sunway Group.

Jeffrey merupakan termasuk yang jeli dalam mengambil kesempatan, yaitu membeli tanah sebesar 350 hektar di daerah Selangor. Pada waktu itu, Jefrrey menamakan proyek pertamanya adalah Bandar Sunway. Bandar Sunway hanya membutuhkan waktu 25 menit dari Kuala Lumpur. Pada saat dibangun pada tahun 1974, Jeffrey sampai ingin menjadikan Sunway sebagai kota sendiri. Sekarang Bandar Sunway sudah memiliki Sunway Lagoon, Sunway Pyramid, bahkan sudah ada 2 kampus didaerah tersebut. Universitas Australian Monash dan Universitas Sunway.

 

Kontribusinya pada pendidikan di Malaysia

Setelah menjadikan Sunway Group menjadi perusahaan properti nomor satu di Malaysia, Jeffrey tidak lantas melupakan negaranya. Jeffrey membuat Sunway College, yaitu sebuah yayasan  pendidikan untuk anak-anak yang berprestasi. Dibuka pada tahun 1987, Sunway College awalnya adalah sekolah private. Hanya dibuka untuk anak-anak kurang mampu dan berprestasi. Dan setelah tahun 2004, Sunway College berubah nama menjadi Universtas Sunway, jurusannya adalah bisnis, sains dan teknologi.

Tidak hanya mendirikan sekolah sendiri, Jeffrey juga membuat Jeffrey Cheah Foundation (JCF). JCF yang dibuka pada tahun 2009, telah bekerja sama dengan setidaknya 12 universitas di Malaysia untuk memberikan beasiswa bagi para pelajar yang kurang mampu dan berprestasi. Dan pada tahun 2011, Jeffrey dipilih sebagai tim untuk mereview sistem pendidikan di Malaysia.

Nah, Sobat Studentpreneur, kisah Jeffrey yang merupakan pengusaha sukses tetapi tidak melupakan pendidikan di negaranya semoga bisa menginspirasi. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Wohin]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Nasehat Orang Terkaya di Abad 19

Ibu Muda Ini Hasilkan Jutaan Rupiah Dari Bisnis Online

Tips Menjadi Jutawan di Usia 30-an

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Milliarder Salah Satu Orang Terkaya Malaysia: Pendidikan Itu Penting!
Author
Description
Banyak yang Bilang Untuk Sukses Kita Tidak Perlu Pendidikan. Menurut Jeffrey Cheah, Salah Satu Orang Terkaya di Malaysia, Pandangan Itu Salah!