Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Uncategorized

Milliarder Hong Kong: Bisnis Bukan Untuk Cari Uang


Pertemuannya dengan Bill Gates membuat Pria asal Hong Kong ini sukses menjadi seorang milliarder.

Allan Wong adalah seorang netprenreur yang  mendirikan perusahaan bernama VTech. VTech merupakan perusahaan yang bergerak di bidang supplier elektronik. Perusahaannya membuat produk elektronik seperti telepon portable dan mainan anak-anak. Sekarang VTech masuk kedalam 50 top perusahaan elektronik di dunia. Allan Wong sekarang menjadi salah satu orang terkaya di Hong Kong, kekayaannya adalah sebesar 14 triliun rupiah.

Allan Wong merupakan lulusan dari universitas Wisconsin Amerika Serikat jurusan teknik komputer. Dia sangat menyukai hardware komputer pada saat kuliah, terutama microprocessor. Dia banyak membuat games console sendiri, game yang terkenal pada saat itu adalah game “pong”. Bahkan karena terkenalnya game buatannya Allan Wong, sampai ada perusahaan yang ingin mematenkan gamenya tersebut. Tetapi karena Allan membuat game tersebut karena kesenangan, dia menggratiskan game tersebut.

 

Membuat VTech

Setelah lulus dari Amerika, dia kembali ke Hong Kong. Dan dia bertemu dengan Stephen Leung, partner kerjanya. Setelah bertemu mereka sepakat untuk membuat perusahaan game. Perusahaan game pertama mereka bernama Video Technology Limited didirikan pada tahun 1976. Pada waktu itu perusahaannya berfokus dalam mengembangkan game. Tetapi, Bill Gates berhasil menemukan chip yang kemudian menjadi terkenal, yaitu Intel 4004 pada akhir tahun 70an. Dan mereka berdua melihat potensi dengan chip tersebut. Akhirnya mereka memutuskan untuk membuat produk elektronik dengan chip tersebut.

Kemudian mereka berdua patungan untuk membuat perusahaan yang berfokus pada elektronik portable. Perusahaan pertama mereka diisi hanya dengan 40 orang dengan modal 40ribu dolar. Karena background mereka adalah game, pengembangan produk elektronik mereka adalah game console. Mereka mengembangkan game Pong buatan Allan. Pong sekarang menjadi legend di game console yang di Indonesia banyak yang menyebut “ding dong”.

 

Bisnis bukan mencari uang

Wong pada setiap kali kesempatan wawancara selalu mengatakan, berbisnis itu bukan mencari uang. Ketika pikiran Anda sudah terpatrik untuk mencari uang, itu akan menghambat Anda dalam mengembangkan bisnis atau produk Anda.

“Anda tidak bisa memasuki dunia bisnis untuk mencari uang. Anda harus mencintai bisnis Anda tersebut dan Anda harus mempunyai passion. Kemudian Anda harus mempunyai keinginan untuk membuat masyarakat puas. Dan uang akan datang dengan sendirinya.”

profil-allan-wong

Wong juga mengatakan, bahwa kesuksesan bisnisnya karena inovasi yang diberikan kepada masyarakat. Tidak jarang perusahaannya turun langsung melakukan riset, sebenarnya produk apa yang dicari dimasyarakat. Sekarang VTech mempunyai 20ribu karyawan dan mempunyai jangkauan sampai 20 negara di seluruh dunia. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: AKCC]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Orang Terkaya di Arab Saudi Memilih Hidup Miskin di Akhir Hayatnya

5 Cara Berpikir Negatif Untuk Terus Maju

Empat Anak Muda Surabaya Ubah Sampah Jadi Barang Mewah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Milliarder Hong Kong: Bisnis Bukan Untuk Cari Uang
Author
Description
Pertemuannya dengan Bill Gates membuat Pria asal Hong Kong ini sukses menjadi seorang milliarder.