Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Menjadi Businessman Sejati


Sobat Studentpreneur, impian tiap orang di dunia adalah memliki bisnis sendiri alias menjadi businessman sejati. Nah, dalam tahapannya bisnis dapat dimulai, berhasil, dan berkembang tidak hanya pandai untuk menjual barang ataupun jasa semata, tapi kemampuan sikap berbisnis sejati juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas dalam menjalani usaha yang ada.

investor21

Bagaimana berhasil menjadi True Business Owner?

Salah satu tes apakah “Business Owner” atau “Self- employee” yang dimiliki sesungguhnya adalah apabila bisnis tadi yang kita tinggal satu tahun, bisnis tadi berkembang menjadi lebih baik daripada ketika pertama kali anda pergi.

Menurut penulis buku “Rich dad, Poor dad” Robert Kiyosaki, untuk berhasil menjadi Business Owner diperlukan pengendalian sistem dan kemampuan memimpin orang.

 

  • Pengendalian Sistem

Pengendalian sistem ini dapat kita pelajari pada saat kita berinteraksi dengan bawahan, saat menjadi ketua pelaksana, atau sekedar menjadi anggota pelaksana. Keahlian pengendalian sistem ini adalah bakal kita untuk menjadi businessman sejati.

  • Kemampuan memimpin orang

Kemampuan leadership harus dimiliki oleh tiap orang. Kemampuan ini wajib dimiliki oleh bisnis owner dalam memimpin perusahaan. Tanpa pemimpin yang kuat, organisasi apapun tidak akan bisa menjadi kuat.

 

Kedua soft skill diatas dapat kita dapatkan semasa kita masih sekolah menengah atas, maupun pada saat masih kuliah. Contoh sederhana adalah mengikuti organisasi OSIS (apabila masih sekolah) atau menjadi anggota BEM, atau menjadi anggoota Himpunan Kemahasiswaan lainnya.

Apakah anda businessman sejati? Atau, apakah menurut anda ada kriteria lain untuk bisa disebut businessman sejati?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter 




  • Iqbal Hilmi

    kalau BEM tuh apa gan?