Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Uncategorized

Lima Sumber Keuangan untuk Membangun Sebuah Startup Bisnis


Dalam memulai sebuah bisnis, yang kerap menjadi pertanyaan di pikiran adalah sumber keuangan. Tak hanya itu, pertanyaan serupa pun terjadi pada saat berusaha untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih besar. Dengan kondisi keuangan yang stabil, Anda pun bisa dengan fokus untuk mengembangkan bisnis kecil.

Lalu, dari mana saja Anda bisa mendapatkan modal bisnis untuk mengembangkan startup? Berikut ini adalah lima sumber keuangan yang bisa Anda pilih.

dompet koin strwbry

1. Teman dan keluarga

Ini adalah cara yang paling mudah dalam mendapatkan uang. Anda bisa menghubungi seorang teman atau keluarga. Seorang teman dan keluarga yang bisa membantu pada saat ekonomi tengah susah bisa menjadi solusi yang sangat bagus bagi startup Anda. Pemberian uang dari mereka pun bisa berupa sebuah hadiah ataupun pinjaman. Sebagai gantinya, Anda pun bisa memberikan mereka sebuah posisi yang cukup penting dalam perusahaan Anda.

 

2. Program inkubator dan accelerator

Saat ini cukup banyak program inkubator dan accelerator yang diadakan khusus untuk pengembangan para entrepreneur dengan startup miliknya. Selain bisa mengembangkan usaha, di sini Anda pun bisa mendapatkan kenalan baru, baik sesama entrepreneur atau bahkan seorang investor bagi startup Anda.

 

3. Modal Bisnis dari Investor

Menemukan investor adalah salah satu cara dalam mengembangkan sebuah startup. Seorang investor pun bisa Anda temukan di berbagai tempat. Bisa saja pada saat ada seminar bisnis ataupun pada saat Anda mengikuti program inkubator dan accelerator. Namun pada saat membuka diri terhadap investor, Anda juga harus menekankan sebuah mindset di pikiran. Mindset tersebut adalah bahwa perusahaan yang Anda bangun tidak akan selamanya menjadi milik Anda. Suatu saat, perusahaan tersebut bisa saja dijual atau melakukan initial public offering (IPO) di masa depan.

 

4. Crowdfunding

Crowdfunding adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, muncul berbagai situs crowdfunding yang bisa membantu para entrepreneur dalam menemukan dana yang dibutuhkannya. Di luar negeri, Anda bisa dapat dengan mudah menemukan situs crowdfunding terpercaya seperti Kickstarter ataupun Indiegogo. Selain itu, di tanah Air Anda juga bisa menemukan situs serupa, salah satunya adalah Kitabisa.

 

5. Pinjaman

Tempat terakhir untuk bisa mendapatkan sumber pendanaan adalah dari pinjaman bank. Saat ini, terdapat berbagai jenis pinjaman bank yang bisa Anda manfaatkan. Kalau bisnis yang Anda kembangkan masih termasuk dalam bisnis kecil, Anda bisa memperoleh pinjaman Kredit Usaha Rakyat yang bisa didapatkan dari berbagai jenis bank.

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: Michael Radwin]

 

Baca Juga: 

Pendiri Facebook Menjadi Raja Pesta

Cara Mendirikan Perusahaan Design

Tips Branding Dengan Mendengar

Imam Baihaki

Seorang penulis yang ingin berkeliling Indonesia dan dunia.

Facebook