Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Liburan Tetap Dapat Duit? Ini Caranya


Ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang, bahkan Anda bisa menghasilkan uang dengan cara menikmati liburan seperti berikut ini.

Sekarang ini banyak sekali orang-orang yang hidup dengan berbagai tekanan kehidupan melalui beragam aktivitas yang dijalankannya. Bahkan, menyisihkan sedikit waktunya dalam sehari untuk beristirahat sejenak pun seolah-olah tidak mampu jika tidak di malam hari. Tak pecaya? Lihatlah anak-anak sekolah saat ini yang berangkat pada pagi hari lalu kembali pulang ke rumahnya menjelang malam hari. Kondisi tersebut terjadi hampir disetiap kota besar di seluruh Indonesia. Bukan hanya anak sekolah, para pekerja profesional pun juga tak kalah sibuk. Selain menjalankan rutinitasnya selama enam hari kerja, terkadang masih harus menambah satu hari lagi untuk lembur.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah aktivitas refreshing yang mampu menyegarkan kembali pikirannya dari penatnya rutinitas pekerjaan. Liburan adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh banyak orang. Walaupun tidak sedikit pula yang justru menghindari liburan karena merasa aktivitas tersebut hanya akan menghambur-hamburkan uang tanpa ada manfaat yang berarti.

Uang memang menjadi salah satu faktor penting agar bisa menikmati sebuah aktivitas liburan yang menyenangkan dan bisa menyegarkan pikiran. Sekalipun bukan hal yang paling penting, namun dengan memiliki sejumlah anggaran keuangan maka Anda bisa menentukan jadwal liburan sesuai dengan yang diinginkan. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang yang akan dialokasikan untuk aktivitas liburan. Selain itu, melalui aktivitas liburan pun Anda tetap bisa mendapatkan banyak uang.

 

Berjualan souvenir

Saat Anda sedang berlibur, maka jangan pernah lewatkan untuk mampir ke sebuah outlet yang menjual berbagai macam souvenir. Bukan hanya yang berbentuk kerajinan tangan saja, tetapi bisa juga dalam bentuk kuliner. Yang penting, souvenir tersebut memiliki bentuk unik dan tidak akan bisa dengan mudah untuk didapatkan di tempat lainnnya. Nah, setelah itu Anda bisa mulai berkenalan dengan pemilik outlet tersebut untuk menjadi reseller yang akan menawarkan produknya kepada teman-teman atau keluarga atau kolega lainnya. Anda bisa membawa beberapa sample produk untuk ditunjukkan kepada konsumen. Perlahan, pundi-pundi rupiah pun akan masuk ke dalam kantong Anda dengan sendirinya.

 

Membuka jasa perjalanan wisata

Boleh saja Anda menikmati liburan dengan berbagai macam aktivitas sesuka hati. Tapi, ada baiknya jika Anda juga mengenali apa saja kebutuhan yang diperlukan untuk menikmati aktivitas liburan tersebut. Tujuannya adalah agar saat ada yang tanya kepada Anda terkait aktivitas liburan tersebut maka Anda pun bisa menjadi tour guide bagi mereka. Oleh karena itu, perhatikan betul setiap fasilitas yang digunakan maupun spot-spot tertentu yang bisa dikunjungi oleh customer Anda nantinya, seperti tempat terbaik untuk bungee jumping ataupun spot terbaik untuk melakukan diving. Anda bisa menawarkan kepada konsumen sebuah paket liburan yang menarik dan tak akan terlupakan.

 

Menjual dokumentasi berlibur

Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang ingin memiliki sebuah dokumentasi sebuah perjalanan wisata. Hal ini bisa dijadikan alat dalam mempromosikan sebuah produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan. Oleh karena itu, jangan pernah sekalipun Anda meremehkan sebuah dokumentasi perjalanan wisata. Buatlah foto-foto yang menarik dan juga rekaman video yang unik dari perjalanan wisata Anda. Jika Anda melakukan perjalanan wisata yang belum pernah dilakukan oleh orang lain maka dokumentasi tersebut akan memiliki nilai yang berharga. Bahkan, rekaman video atau foto Anda juga bisa menjadi materi dalam sebuah penayangan sebuah program wisata di salah satu media televisi nasional.

 

Menjadi travel blogger

Setiap perjalanan wisata pastinya akan memberikan pengalaman yang berbeda-beda. Disaat Anda pergi ke gunung, maka Anda tidak akan merasakan pengalaman yang sama ketika berlibur menikmati indahnya sunset di tepi pantai. Oleh karena itu, Anda bisa menuliskan pengalaman tersebut dalam beberapa kata yang bisa membuat seseorang tertarik untuk melakukan aktivitas berlibur. Tulisan pengalaman berwisata Anda bisa diunggah ke blog atau akun sosial. Setiap tulisan yang terkumpul pun akan semakin banyak sehingga membuat Anda menjadi seorang travel blogger. Bahkan, Anda bisa menjadi referensi bagi pengguna internet lainnya yang ingin melakukan aktivitas berlibur seperti Anda. Perlahan, pundi-pundi uang pun mulai terkumpul menjadi lebih banyak dengan sendirinya.

liburan

Aktivitas berlibur tidak hanya untuk menghambur-hamburkan uang saja. Melalui beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, Anda juga bisa menghasilkan banyak uang saat menikmati liburan. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Luke]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Howard Schultz, Dari Karyawan Jadi CEO Starbucks

Lezatnya Kue Mochi Malang Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Inilah 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pebisnis Muda

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Liburan Tetap Dapat Duit? Ini Caranya
Author
Description
Ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang, bahkan Anda bisa menghasilkan uang dengan cara menikmati liburan seperti berikut ini.