Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Li Hejun, Satu-Satunya Orang Terkaya Tiongkok yang Berbisnis Energi


Ingin menjadikan Tiongkok sebagai negara ketiga dalam hal pembangkit energi, Li hejun berhasil menjadi orang terkaya di Tiongkok.

Li Hejun memecahkan rekor, dia adalah satu-satunya orang di Tiongkok yang masuk ke dalam daftar orang terkaya versi Forbes dan mempunyai usaha energi. Biasanya, orang yang masuk daftar orang terkaya mempunyai usaha internet, real estate, telekomunikasi atau elektronik. Tetapi Li Hejun memecahkan semua itu, dia adalah pemilik Hanergy Holding Group, yaitu perusahaan pembangkit tenaga surya. Li Hejun memiliki kekayaan sebesar 130 triliun rupiah.

 

Solusi energi di Tiongkok

“Negara pembangkit energi nomor 1 adalah Inggris, kedua Amerika Serikat. Dan saya ingin menjadikan Tiongkok negara ketiga”

Itulah visi dari Li Hejun, dia ingin menjadikan  Tiongkok sebagai negara dengan revolusi pembangkit energi tenaga solar pertama di dunia. Solar disini bukan solar bensin, tetapi solar tenaga surya. Li Hejun melihat bahwa sekarang pembangkit energi kebanyakan berasal minyak bumi dan itu suatu saat bisa habis. Li tidak ingin suatu saat dunia akan menderita karena minyak bumi sebagai penghasil energi sudah habis.

 

Kenapa solar energi?

Karena matahari ada dimana saja dan mudah didapat, sederhana itu. Li Hejun berpendapat sekarang solar energi masih menjadi energi sampingan, karena memang perlu properti yang cukup besar. Tetapi, Li Hejun dengan Hanergy ingin membuat solar cell yang bisa dibawa kemana saja, mulai dari baju, topi bahkan sampai smartphone terdapat solar cellnya sendiri. Sekarang, Li Hejun mengatakan bahwa solar cell masih belum umum, karena harganya yang katanya “mahal” dan masih belum perlu. Di Tiongkok, banyak warga Tiongkok yang masih belum mempercayai solar cell.

“Harga solar energy turun setiap tahunnya, berbeda dengan minyak bumi. Sekarang harga solar energy turun 50% dari 3 tahun lalu”

Li Hejun bukan seorang yang one hit wonder atau hanya tampil sekali lalu menghilang. Dia bersama Hanergy terus berinvoasi. Pada tahun 2012 kemarin dia mengkuisisi perusahaan Solibro dari Jerman dan MiaSole of America pada tahun 2013. Dengan begitu, Hanergy menjadi satu-satunya perusahaan penghasil solar cell dalam jumlah banyak pertama didunia.

li-hejun

Bahkan Li Hejun menargetkan setiap tahunnya di Tiongkok sendiri pengguna solar energi akan naik sebesar 5% setiap tahunnya. Dari pemikiran sederhana, yaitu bagaimana membuat pembangkit energi alternative, sekarang Li Hejun menjadi orang terkaya nomor 5 di Tiongkok. Bahkan dia mengalahkan pebisnis real estate, investor sampai bos besar teknologi. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: USCP]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Belajar Dari Orang Terkaya di Tiongkok Jack Ma

Tips Menjalankan Bisnis Dengan Teman

Wakaliwood: Dari Uganda Ajarkan Kita Untuk Berani Bermimpi

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Li Hejun, Satu-Satunya Orang Terkaya Tiongkok yang Berbisnis Energi
Author
Description
Ingin menjadikan Tiongkok sebagai negara ketiga dalam hal pembangkit energi, Li hejun berhasil menjadi orang terkaya di Tiongkok.