Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Kisah Terkaya Malaysia: Salesman Juga Bisa Sukses


Salesman Adalah Pekerjaan yang Dianggap Rendah. Namun Kalau Itu Adalah Awal Dari Kekayaan 7,5 Trilliun Rupiah, Masih Anda Remehkan?

Bernama lengkap Tan Sri Datuk G. Gnanalingam merupakan pemilik dari pelabuhan Westports, Malaysia. Gnanalingam merupakan orang terkaya nomor 26 di Malaysia dengan kekayaan sebesar 750 juta dollar atau 75 triliun rupiah. Sekarang Wesports menjadi pelabuhan yang paling sibuk di Malaysia, dan sebanyak 70% merupakan berisi kapal kontainer. Lokasinya memang strategis karena berada di selat Malaka.

 

Bekerja sebagai salesman sebelumnya

Siapa yang menyangka, Gnanalingam dulunya adalah bekerja sebagai salesman. Gnanalingam lulus dari universitas Malaya dan Harvard Business School. Setelah itu Gnanalingam bekerja sebagai salesman di British American Tobacco Group. Walaupun menjadi salesman, itulah jalan Gnanalingam menuju sukses. Akhirnya pada umur 34, Gnanalingam diangkat menjadi marketing director. Gnanalingam bertahan di perusahaan tersebut sampai 19 tahun, dan akhirnya memutuskan untuk keluar dari membuat bisnis sendiri. Gnanalingam membuat G-Team Consultants dank lien pertamanya adalah Radio Television Malaysia (RTM).

 

Membangun RTM menjadi raja televisi Malaysia

Pada waktu itu, TV3 merupakan masih merajai televisi di Malaysia. Dan RTM akhirnya menghire G-Team di posisi marketing. RTM pada waktu langsung mempunyai 2 channel, yaitu radio dan televisi dan Gnanalingam membuat RTM digemari. Gebrakan pertama adalah membuat RTM menjadi tv broadcaster beberapa siaran piala dunia pada tahun 80an. APadahal pada saat itu masih belum televisi yang berani menayangkan piala dunia di Malaysia. Setelah itu Gnanalingam dan RTM juga dipercaya menjadi tim dari Sea Games tahun 1989. Dan pada akhirnya RTM membuat keuntungan RTM yang hanya 55 juta  ringgit menjadi 350 juta ringgit pada tahun 1996.

pelabuhan

Mulai berbisnis pelabuhan

Setelah sukses membuat RTM naik, akhirnya Gnanalingam beralih ke bisnis pelabuhan. Gnanalingam selalu berpikir bahwa jika membangun bisnis itu seperti F1.

“Jika saya mengganti ban mobil saya memerlukan waktu 1.5 jam, tetapi jika kamu terorganisir dan siap itu akan memerlukan waktu 6 detik” ujar Gnanalingam.

Itu ada benarnya, Gnanalingam selalu berpikir bahwa bisnis memang tidak untuk main-main. Dengan berawal dari salesman Gnanalingam mengerti bahwa semuanya tidak bisa dikerjakan sendiri, harus berkolaborasi. Bagaimana tim Gnanalingam membuat RTM menjadi televisi yang disegani. Dan sekarang Gnanalingam ingin membuat pelabuhan baru tetapi  langsung diminati.

Gnanalingam membuat pelabuhan Westports pada tahun 1994 yang sebelumnya adalah pelabuhan Kelang  Terminal. Wesports merupakan pelabuhan kapal kontainer yang ingin bongkar muat. Apa bedanya pelabuhan Wesports dengan pelabuhan lain? Di Westports Gnanalingam membuat bongkar muat secara cepat dibandingkan pelabuhan bongkar muat lain. Selain itu, Wesports juga menerapkan sistem teknologi sehingga lebih cepat dalam melakukan bongkar muat.

Nah Sobat Studentpreneur, itulah bagaimana Gnanalingam selalu menekankan kerjasama dan semangat dalam berbisnis. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Paul]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Pebisnis Ganteng Raup Milliaran Rupiah Dari Bisnisnya

Cara Berbisnis Ala Rasulullah yang Penuh Berkah

Bisnis Makanan Jepang Datangkan Rezeki Besar Bagi Pemuda 25 Tahun Ini

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Kisah Terkaya Malaysia: Salesman Juga Bisa Sukses
Author
Description
Salesman Adalah Pekerjaan yang Dianggap Rendah. Namun Kalau Itu Adalah Awal Dari Kekayaan 7,5 Trilliun Rupiah, Masih Anda Remehkan?