Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Kisah Meneer Belanda yang Sukses Memimpin 70 Perusahaan Televisi


Walaupun tak berbakat akting, pria asal Belanda ini sukses berbinis di dunia hiburan.

Joop van den Ende masuk dalam orang terkaya di Belanda, dia berada di posisi ke 7. Kekayaannya sekitar 13 triliun rupiah. Memang kalau dalam bentuk uang, dia mungkin kalah dengan orang terkaya di negara lain. Tetapi, dedikasi Joop sangat tinggi, dia berjasa dalam membangun teater dan film musikal di Belanda. Dia sekarang mempunyai perusahaan televisi sendiri bernama Stage Entertainment, salah satu perusahaan televisi terbesar di Belanda. Semenjak kecil passionnya kepada dunia teater sangat tinggi, walaupun tidak bisa menjadi aktor, tapi Joop sangat pintar dalam menjadi sutradara.

Lahir di Amsterdam, dia besar dikeluarga yang religius. Keluarganya adalah penganut katolik taat, bahkan beberpa anggota keluarganya menjadi pendeta. Karena itulah, Joop dibesarkan dan diajarkan untuk menjadi seorang tukang kayu. Tetapi siapa sangka, ketika diajarkan menjadi tukang kayu, dia mendapat peran untuk bermain teater sebagai tukang kayu.

 

Sangat mencintai teater

Dia pertama kali mendapatkan peran sebagai pemain teater pada umur 15 tahun. Ketika itu dia langsung jatuh cinta kepada dunia teater. Ketika sekolah, dia juga belajar bermain musik. Dia mempunyai grup musik sendiri, bahkan Joop hadir sebagai pemimpin grup kabaretnya tersebut. Kemudian dia mencoba memadukan antara teater dan musikal. Tetapi sekali lagi, dia ternyata tidak berbakat. Akhirnya dia sering berada dibalik layar.

 

Mulai berdagang untuk mempunyai teater sendiri

Berada di dunia teater sangat mengubah hidup dari Joop. Dia ingin mempunyai teater sendiri dan hidup dari dunia teater. Karena ingin hidup dari dunia teater, dia akhirnya mencoba untuk berdagang. Dengan modal dari keluarga, dia membuka toko sayuran kecil dan juga mengelola teater kecil. Dia juga sering berkeliling untuk pementasan teater. Disana dia mendapat keuntungan yang cukup besar, mulai dari keuntungan berjualan sayur dan mempunyai teater keliling.

 

Mempunyai bisnis teater pertama

Setelah mulai bermain teater di umur 15, 5 tahun kemudian, tepatnya tahun 1968 dia membuka bisnis teater bernama Spotlight.  Dari bisnis teater tersebut, dia juga berhasil membuka teater sendiri, dia juga mengorbitkan talenta-talenta lokal. Bahkan pada tahun 1969 dia juga mendapat tawaran menjadi produser televisi. Dia berhasil membawa teater musikal ke televisi.

joop-van-den-ende

Kemudian pada tahun 1983, dia membeli gedung teater yang cukup besar di daerah Amsterdam dan digunakannya untuk membuat serial televisi. Karir dari Joop sangat gemilang, dia sering berada di balik layar film-film televisi maupun film bioskop. Setelah itu, dia mulai membesarkan perusahaan teaternya, bernama Stage Entertainment. Sekarang bersama Stage Entertainment, perusahaannya tersebut membawahi sekitar 70 perusahaan televisi di seluruh dunia. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Avrotos]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Orang Terkaya di Arab Saudi Memilih Hidup Miskin di Akhir Hayatnya

5 Cara Berpikir Negatif Untuk Terus Maju

Empat Anak Muda Surabaya Ubah Sampah Jadi Barang Mewah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Kisah Meneer Belanda yang Sukses Memimpin 70 Perusahaan Televisi
Author
Description
Walaupun tak berbakat akting, pria asal Belanda ini sukses berbinis di dunia hiburan.