Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Kebiasaan Buruk yang Buat Kamu Jadi Tidak Produktif


Pada dasarnya, setiap orang tentu memiliki kebiasaan buruk yang melekat pada diri masing-masing. Mulai dari menggigit kuku, mengecap dengan suara cukup keras, ataupun berbicara tanpa terlebih dulu memikirkan akibat dari apa yang kita ucapkan. Hal-hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang sulit untuk dihindari. Padahal, kebiasaan seseorang dapat berpengaruh terhadap produktivitas dirinya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Yuk simak tips produktivitas mengenai kebiasaan buruk yang ternyata bisa membuatmu menjadi tidak produktif saat bekerja Sobat Studentpreneur.

 

Tergesa-gesa di Pagi Hari

Sering kali kamu tergesa-gesa di pagi hari dengan alasan takut terlambat tiba di kantor. Padahal, ada banyak hal yang bisa kamu kerjakan jika kamu mau untuk bangun tidur lebih awal. Misalnya, menyediakan waktu untuk berolahraga atau membuat jadwal kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan di hari itu. Tergesa-gesa di pagi hari memang bisa meminimalisir keterlambatan tiba di kantor, akan tetapi hal ini justru bisa membuatmu jadi tidak produktif sebab menjalani hari tanpa tahu apa yang harus dikerjakan.

 

Melewatkan Makan Pagi

Secara medis, tubuh kita membutuhkan energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Melewatkan makan pagi justru akan membuatmu lemas dan tidak berenergi, sebab tubuhmu kekurangan asupan gizi sehingga dapat menurunkan produktivitasmu selama di kantor. Sebaiknya memilih menu makan pagi dengan gizi yang seimbang seperti, oatmeal, pisang, alpukat dan lainnya. Salah satu tips produktivitas paling penting adalah jangan pernah melewatkan sarapan penuh gizi.

 

Mengecek Notifikasi Media Sosial

Memiliki akun di beberapa media sosial bukanlah hal tabu saat ini. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya, tentu minimal kamu memiliki satu akun di dalamnya. Sayangnya, mengecek notifikasi media sosial merupakan salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari sebab hal ini dapat membuatmu menjadi tidak produktif. Media sosial dapat dengan mudah mencuri perhatian dan konsentrasi sehingga setelah mengecek news feed media sosial, maka kamu akan sulit untuk kembali memusatkan pikiran pada pekerjaan yang harus diselesaikan.

 

Membawa Handphone Saat Bekerja

Handphone menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern, tak heran jika keberadaannya cukup berpengaruh terhadap kinerja seseorang. Padahal, membiarkan handphone berada di dekat kita saat bekerja justru bisa dengan mudah mengganggu konsentrasi terlebih saat ada pesan atau panggilan. Penelitian menunjukkan jika seseorang yang bekerja dengan handphone di dekatnya tiga kali berisiko melakukan kesalahan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak.

 

Menyetujui Semua Agenda Pertemuan

Dalam bisnis, pertemuan adalah salah satu sarana penting untuk berkomunikasi dengan klien atau pun rekan bisnis. Namun demikian, menyetujui semua agenda pertemuan yang ada adalah kebiasaan buruk yang membuatmu jadi tidak produktif. Hal ini dikarenakan, tidak semua pertemuan adalah penting. Untuk itu, kamu harus bisa bersikap selektif dan profesional dalam memilih pertemuan mana yang harus disetujui. Memilih meeting mana yang harus didatangi merupakan salah satu tips produktivitas paling penting.

 

Mengerjakan Segala Hal Sekaligus

multitasking

Photo Credit: David

Mungkin kamu memang dituntut untuk bekerja secara cepat dan tepat. Namun, mengerjakan segala hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan justru akan membuatmu jadi tidak produktif. Menulis sambil membaca, mendengarkan sambil menulis, atau bahkan melakukan ketiganya sekaligus justru membuatmu rentan melakukan kesalahan. Sangat disarankan agar kamu fokus pada satu hal terlebih dulu hingga selesai barulah mengerjakan hal lainnya.

 

Sudah tahu, kan, kebiasaan buruk apa saja yang bisa membuatmu menjadi tidak produktif? Mulai sekarang cobalah untuk menerapkan hal itu untuk menjaga produktvitasmu dalam bekerja. Setelah mempraktekkan tips produktivitas dan menghindar kebiasaan buruk di atas, kamu bisa mulai juga mempelajari konsep lean startup agar bisnis dan pekerjaan kamu bisa meningkat pesat perkembangannya Sobat Studentpreneur.

Inas Twinda

Inas adalah social media manager di Picodio, sebuah startup digital agency di Surabaya. Dia sangat mencintai dunia startup!

Facebook Twitter 




  • Fajriyah Ainun

    exactly right. bener bgt