Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Kalahkan Samsung, Sekarang Xiaomi Jadi Raja Smartphone Tiongkok


Berhasil mengalahkan Samsung, kini Xiaomi berhasil menguasai pasar smartphone di Tiongkok.

Samsung yang selama bertahun-tahun merajai pasar smartphone Tiongkok, pada tahun 2014 kemarin harus legawa ketika tahtanya harus dicuri oleh XIaomi. Xiaomi adalah smartphone produksi tiongkok sendiri, dan maka dari itu Tiongkok harus berbangga produk lokal berjaya di kampung halaman sendiri. Data yang didapat dari IDC Asia (International Data Corporation) ini menyebutkan bahwa Xiaomi merebut sekitar 12.5% market share smartphone di Tiongkok, mengalahkan Samsung dengan 12.1% market share.

Lalu kenapa menyita perhatian? Ternyata kenaikan penjualan Xiaomi pada tahun 2014 mencapai 186%, hampir 3 kali lipat. Dan penjualan smartphone Samsung di Tiongkok turun 22% di tahun 2014. Sekedar review pada tahun 2013 lalu, Samsung menjadi raja smartphone di Tiongkok. Market share Samsung mencapai 18.7% paling banyak diantara smartphone lain.

 

 

Xiaomi Masih Terdepan

Diperingkat 3 ada Lenovo, pabrikan asal Tiongkok dengan market share sebesar 11.2%. Lenovo termasuk konsisten di pasar smartphone Tiongkok, tidak naik secara signifikan dan juga tidak turun. Ini bukan berarti Lenovo buruk, tetapi masih bisa bersaing dengan smartphone lain. Begitu juga dengan Huawei, walaupun penjualan di luar Tiongkok tidak begitu baik, tetapi Huawei menguasai sekitar 9.8% market share.

Yang menarik disini adalah, masuknya Apple kedalam pasar smartphone Tiongkok. Seperti diketahui, ketika Apple harga jual sahamnya naik sampai 7000 triliun, itu dikarenakan Apple berhasil menjual iPhone ke Tiongkok. Di daftar yang dikeluarkan oleh IDC, Apple tidak masuk list karena penjualannya masih kecil dan masuk kategori “others”.

Tetapi siapa sangka, pada penjualan kuartal terakhir pada tahun 2014, Apple berada di posisi kedua dibawah Xiaomi dengan market share sebesar 12.3%. Ternyata masyarakat Tiongkok masih senang dengan brand Apple, iPhone 6 dan iPhone 6 plus sangat digandrungi di Tiongkok. Mungkin masyarakat Tiongkok sangat menunggu-nunggu Smartphone asal Amerika Serikat ini.

xiaomi

Melihat “perang” smartphone di Tiongkok membuat para produsen harus memutuar otak lebih dalam agar produknya tidak ditinggalkan oleh pelanggan. Xiaomi dengan smartphone murah sekarang berada digaris depan. Tetapi Xiaomi tidak sendirian, sekarang produsen seperti Lenovo dan Huawei juga bersama-sama meluncurkan smartphone murah.

 

Anda termasuk pengguna smartphone pabrikan Tiongkok? Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Roland]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Studentpreneur Founder Story: Dari Cinta Jadi Bisnis Besar

Dinasti Keluarga Pemilik Fiat, Ferrari, dan Klub Bola Juventus

Dikeluarkan Dari Sekolah Kedokteran, Pria Ini Jadi Desainer Fashion Terbaik Dunia

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Kalahkan Samsung, Sekarang Xiaomi Jadi Raja Smartphone Tiongkok
Author
Description
Berhasil mengalahkan Samsung, kini Xiaomi berhasil menguasai pasar smartphone di China.